Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

10 Jenis Makanan Penyebab Kentut

Kategori Dunia: Kesehatan

Powered by: id.neuvoo.com

10 Jenis Makanan Penyebab Kentut. Ada banyak hal yang menyebabkan kita mudah kentut, salah satunya adalah makanan. Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Mag for Women berikut ini.

Polong-polongan
Makanan pertama yang menyebabkan kentut adalah polong-polongan. Misalnya kedelai, kacang polong, atau buncis. Namun bukan berarti makanan tersebut perlu dihindari. Batasi saja konsumsinya agar kentut yang dihasilkan tidak terlalu berlebihan.

Brokoli

Selain menyebabkan kentut, makan brokoli juga terkadang membuat perut jadi kembung. Sama seperti polong-polongan, tidak perlu menghindari brokoli sepenuhnya karena makanan ini sebenarnya kaya akan nutrisi dan mineral.

Produk susu
Selain yogurt, segala macam produk susu biasanya meningkatkan kadar laktosa dalam tubuh. Akibatnya, perut kelebihan udara dan mengeluarkannya melalui kentut. Kondisi tersebut bisa bertambah parah jika seseorang menderita intoleransi laktosa.

Soda
Minuman berkarbonasi adalah penyebab kentut yang jarang disadari orang-orang. Berbeda dengan brokoli dan polong-polongan, menghindari minuman bersoda sangat dianjurkan karena hampir tidak ada manfaat dari mengonsumsi minuman ini.

Buah-buahan
Buah-buahan tetap perlu dikonsumsi setiap hari, meskipun makanan ini salah satu penyebab kentut berlebihan. Kentut berasal dari fruktosa yang dihasilkan tubuh karena mengonsumsi buah-buahan.

Makanan berserat
Serat punya fungsi untuk melancarkan pencernaan. Namun jika dikonsumsi berlebihan, ternyata makanan berlemak juga bisa menjadi penyebab kentut.

Jamur
Hampir sama seperti kasus makanan penyebab kentut lainnya, jamur punya sifat menghasilkan gula dan gas ketika dikonsumsi. Sehingga tubuh harus mengeluarkannya dalam bentuk kentut.

Pasta
Pecinta makanan Italia mungkin akan membenci kabar ini. Namun faktanya, pasta memang termasuk salah satu hidangan lezat yang justru memicu kondisi perut kembung dan kentut berlebihan.

Makanan gorengan
Selain soda, makanan yang digoreng kering perlu dihindari konsumsinya. Bukan cuma menambah kolesterol, konsumsi makanan gorengan juga membuat kentut keluar berlebihan.

Pemanis buatan
Hampir seluruh pemanis buatan sifatnya menyebabkan kentut jadi berlebihan. Jadi meski menghindari cokelat atau permen, perhatikan lagi komposisi dalam camilan yang dikonsumsi. Sebab pemanis buatan di dalamnya mungkin menjadi penyebab kentut.

Itulah berbagai makanan penyebab kentut. Beberapa di antaranya bisa dibatasi konsumsinya atau dihindari sepenuhnya.

loading...

Bacaan Terkait: