Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

10 Kebiasaan yang Dapat Memperkuat Rasa Optimisme

Kategori Dunia: Karir Pekerjaan, Motivasi

10 Kebiasaan yang Memperkuat Rasa Optimis Anda. Percaya diri adalah satu sifat yang wajib dimiliki oleh semua orang. Percaya diri muncul karena kuatnya optimisme dan keyakinan pada diri sendiri akan kemampuan dan kualitas diri.

Optimisme dan pikiran yang positif akan membawa banyak pengaruh baik bagi diri dan kehidupan. Salah satu contohnya adalah menyelesaikan masalah. Bila keyakinan dan optimisme tinggi maka Anda tidak akan merasa ragu dan mudah menyerah. Masalah sebesar apapun akan terselesaikan bila percaya bahwa Anda mampu untuk menyelesaikannya. Besarnya manfaat optimisme membuat rasa optimis ini harus terus dipupuk dan dijaga.

Menjaga optimisme pada diri bukanlah hal sulit. Kunci utamanya adalah ada pada sugesti positif dan yakin. Berikut beberapa tips mengenai hal-hal yang bisa menambah dan menguatkan optimisme Anda untuk menjalani kehidupan dan menyelesaikan berbagai persoalan.

--
  1. Berpikir positif
    You are what you think. Quote ini menunjukkan bahwa diri kita yang terlihat adalah diri kita yang kita pikirkan. Mulailah berpikir positif setiap saat. Manfaat nyata dari berpikir positif adalah membuat kehidupan lebih mudah. Berpikir positif contohnya adalah melihat suatu problem tidak hanya dari sisi problemnya tapi juga dari sisi positifnya. Dengan Anda memandangnya dari sudut yang positif, maka Anda tidak akan merasa terus menerus terbebani dan merasa bahwa problem itu tidak akan terselesaikan. Berpikir positif akan menambah optimisme karena Anda yakin dapat menjalani apapun yang terjadi dalam kehidupan Anda.
  2. Selalu Bersyukur
    Bersyukur, hal sederhana yang manusia sering lupa untuk melakukannya. Bersyukur dalam hal sekecil apapun akan memberi Anda kekuatan dan menambah optimisme. Hal ini karena tahu bahwa Anda mendapatkan banyak berkah dalam hidup. Semakin rutin Anda bersyukur dan mensyukuri setiap nikmat Tuhan yang diberikan kepada Anda, semakin Anda mendapatkan optimisme yang tinggi pula.
  3. Yakin punya masa depan lebih baik
    Masa lalu adalah kenangan yang tersimpan dalam benak setiap orang. Tidak selalu menyenangkan, anda pasti memiliki masa lalu yang kurang baik atau menyedihkan. Masa lalu yang negatif tidak perlu diingat-ingat setiap hari dan lebih baik jadikan motivasi bahwa Anda bisa menjadi lebih baik pada masa sekarang. Masa lalu yang buruk bukan berarti masa depan Anda juga akan buruk. Yakinkan diri bahwa Anda berhak dan BISA memiliki masa depan yang jauh lebih baik dari masa lalu. Optimisme ini akan membuat hari-hari lebih positif karena tidak terbebani dengan sesuatu dari masa lalu.

  4. Memaafkan
    Manusia adalah tempatnya berbuat salah. Baik anda ataupun orang lain pasti pernah membuat salah. Menerima atau meminta maaf adalah cara untuk menciptakan kedamaian dan mengurangi beban pikiran. Dengan memaafkan, Anda menciptakan ketenangan bagi diri sendiri. Pribadi yang tenang dan tidak banyak beban akan memiliki optimisme yang tinggi untuk melangkah ke depan.
  5. Berhenti menyalahkan orang lain
    Manusiawi bila anda tidak mau disalahkan bahkan cenderung mencari pembenaran. Bagi sebagian orang, sangat mudah untuk menyalahkan orang lain, padahal bisa saja yang salah adalah dirinya sendiri. Bagian tersulit dari membenahi optimisme adalah introspeksi diri sendiri. Mulailah melihat pada diri sendiri dulu sebelum menyalahkan orang lain agar tidak menimbulkan konflik dan memicu turunnya optimisme karena terbebani dengan permasalahan dengan orang lain.

  6. Hilangkan Iri hati
    Si A punya pekerjaan bagus? Si B gajinya tinggi? iri hati adalah salah satu penyakit hati yang harus segera Anda kendalikan dan anda hilangkan dari diri anda. Ketika Anda merasa iri pada orang lain, kita hanya akan menyakiti diri sendiri karena rasa iri akan membebani pikiran karena kita ingin selalu di atas mereka. Tekan dan hilangkan rasa iri dan mulailah menyalurkannya dengan hal positif. Salurkan energi untuk berbuat lebih baik daripada bersikap iri. Dengan berbuat baik, optimisme pun akan bertambah.
  7. Berbagi kisah
    Anda suka curhat? ternyata curhat atau curahan hati merupakan salah satu pemompa optimisme. Berbagi cerita dengan sahabat atau orang terdekat tidak melulu mengenai permasalahan namun juga bisa tentang motivasi, pengalaman dan harapan-harapan ke depan. Saat kita berbagi cerita, kita juga membagikan sesuatu pada orang lain. Dengan berbagi cerita, rasa optimisme bahwa Anda memiliki banyak hal positif dalam diri anda akan membuat hari-hari anda lebih cerah dan menyenangkan.
  8. Jadi pendengar yang baik
    We have one mouth to talk and two ear to listen. Ungkapan ini bermakna bahwa selain berbicara yang baik, jadilah pendengar yang baik pula. Menjadi pendengar dengan baik berarti anda menghargai orang yang berbicara dan membuat diri Anda dapat menyerap apa yang didengarkan dengan seksama. Mendengarkan berarti Anda mendapat lebih banyak pengetahuan. Pengetahuan dan keyakinan adalah bekal untuk memancarkan energi permasalahan nya dan menambah optimisme bahwa Anda memiliki modal yang cukup untuk menjalani hari.
  9. Banyak Tersenyum
    Tersenyum adalah hal sederhana yang bisa Anda lakukan kapanpun, contohnya ketika bertemu dengan orang yang Anda kenal. Ketika tersenyum, orang lain juga akan ikut tersenyum. Aura positif dari senyuman akan membuat hari Anda lebih bahagia, Sebaliknya jika Anda cemberut, maka tidak akan ada orang yang memberi senyumnya pada Anda dan Anda akan mendapatkan aura negatif yang mengurangi optimisme.
  10. Olahraga dan konsumsi makanan bergizi
    Rutin berolahraga ternyata membawa banyak manfaat lho ladies. Selain tubuh yang bugar, pikiran juga lebih terbuka karena dengan berolahraga terlebih pada pagi hari akan membuat pikiran fresh. Tubuh yang bugar merupakan kunci hidup sehat. Dalam tubuh yang sehat akan mendorong pemikiran seseorang menjadi lebih jernih dan ceria.

    Selain berolahraga, menjaga kesehatan dengan makan makanan yang sehat dan bergizi akan menjaga badan Anda untuk tetap fit dan prima. Tubuh yang sehat akan menambah optimisme karena pikiran jernih dan tubuh kuat akan membuat yakin bahwa Anda bisa menempuh hari-hari berat sekalipun.

Sepuluh tips mudah untuk menambah optimisme pada diri ini bisa Anda terapkan mulai dari hari ini.

Optimisme tinggi, percaya diri dan yakin akan kemampuan diri akan membuat Anda siap untuk menghadapi segala hal yang terjadi dalam hidup Anda dengan berpikir positif dan tindakan yang tepat.

loading...

Bacaan Terkait: