Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

3 Hal yang Harus Anda Lakukan Saat Bangun Tidur

Kategori Dunia: Kesehatan

Powered by: id.neuvoo.com

3 Hal yang Harus Anda Lakukan Saat Bangun Tidur. Bangun tidur, tidur lagi…. Ya itulah salah satu lirik lagu khusus untuk orang-orang pemalas. 😀 . Tapi jika bangun tidur, ku terus mandi…. tidak lupa menggosok gigi.

Lirik lagu yang kedua tampaknya lebih cocok untuk Anda yang bangun kesiangan, dan panik karena Anda harus menghadapi rapat penting pada pagi hari. Akibatnya, Anda terhuyung-huyung ketika menyambar handuk dan memasuki kamar mandi. Sebab, pada saat itu tubuh dan kesadaran Anda belum “bangun” sepenuhnya.

Hal terpenting yang perlu Anda lakukan setelah bangun tidur sebenarnya adalah membawa kesadaran penuh secara perlahan pada tubuh Anda, demikian menurut Jack Wiener, psikoanalis bersertifikat dan penulis buku The Way of the 4th Toe: Into the Feeling Body.

Dengan demikian, Anda bisa menjaga diri agar tetap menjejak bumi dan membantu mengatasi tekanan fisik dan mental yang tanpa Anda sadari bisa menimbulkan ketegangan pada otot-otot.

Jika Anda bisa melepaskan ketegangan pada otot-otot, Anda lebih mampu mengatasi stres, dan secara emosional Anda lebih sadar dan “hidup”. Nah, hal ini sebenarnya bisa diawali dengan cara yang sederhana saat bangun tidur:

  1. Sebelum bangkit dari tempat tidur, regangkan jari-jari kaki Anda selama 15-30 detik. Biarkan ujung jari meruncing ke depan. Dengan cara ini, secara perlahan tubuh Anda mulai mengaktifkan otot-ototnya dan membawa kesadaran pada kaki. Kemudian, goyangkan jari-jari tangan, dan buat genggaman tangan.
    Dengan perlahan tutup dan buka genggaman Anda selama 15-30 detik. Menurut Weiner, gerakan ini memang tergolong ringan, namun bisa sangat membantu mengaktifkan tubuh dan kesadaran Anda, ketimbang jika Anda langsung melompat dari tempat tidur.
  2. Setelah bangun dan bersiap bangkit dari tempat tidur, letakkan telapak kaki Anda mendatar di atas lantai. Kemudian berdirilah selama beberapa saat, sadari bahwa Anda benar-benar telah menjejak lantai.
  3. Lakukan peregangan ringan pada otot-otot belakang paha (hamstring). Sebaiknya jangan langsung melakukan peregangan ke tubuh bagian atas, seperti pada leher dan pundak, agar tubuh lebih mampu menjejak di bumi. Semakin Anda membumi dan merasakan tubuh Anda, semakin Anda mampu membawa kesadaran penuh sepanjang hari.

Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, silakan baca dan pelajari Tips Kesehatan Tidur.

loading...

Bacaan Terkait: