loading...
loading...
Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

5 Makanan Terbaik untuk Gigi Balita

Kategori Dunia: Ibu dan Anak
Loading...

5 Makanan Terbaik untuk Gigi Balita. Ketika si kecil atau balita dalam masa-masa pertumbuhan gigi, sebagai orang tua kita harus memberiperhatian ekstra untuk merawat gigi dan mulut anaknya.

Untuk itu, berikan makanan yang memiliki nutrisi bagi keseluruhan tubuh dan juga bermanfaat bagi kesehatan gigi anak, agar supaya balita tumbuh sehat, baik pertumbuhan tubuh maupun gigi.

Sebagai bahan pedoman kita semua untuk menjaga kesehatan pertumbuhan gigi balita, berikut Dunia Baca dot Com kutip dari laman detik seperti dilansir dari whattoexpect, 5 pilihan makanan yang baik untuk gigi balita.

  1. Air
    Air adalah bagian terpenting dari setiap makanan yang baik untuk kesehatan gigi. Tidak seperti jus atau susu, air tidak memiliki efek pembusukan karena tidak mengandung gula, sehingga baik untuk membilas partikel-partikel makanan yang terjebak antara gigi.

    Air juga mengandung fluoride, yaitu mineral yang memperkuat enamel gigi. Alih-alih memberikan jus atau minuman berasa lainnya, berikan air putih sebagai teman makan anak.

  2. Apel
    Langit-langit mulut dapat dibersihkan secara alami dengan cara mengunyah potongan apel. Apel dapat menjadi alternatif yang lebih sehat untuk makanan penutup daripada kue coklat.
    Makanan seperti apel dan wortel bersifat abrasif dan bertindak seperti sikat gigi mini yang memijat gusi dan membersihkan gigi.

    Selain itu, mengunyah apel dapat memproduksi air liur lebih banyak untuk menyapu bakteri penyebab gigi berlubang. Potonglah apel dalam ukuran kubus yang mudah dimakan oleh anak untuk penutup makan siangnya.

  3. Jeruk
    Vitamin C yang terdapat pada buah-buahan seperti jeruk, kiwi, pepaya, stroberi, dan mangga dapat membantu menjaga kesehatan gusi dan melindungi dari gingivitis. Buah-buahan tersebut juga rendah gula, sehingga meminimalkan kemungkinan pembusukan gigi yang seringkali disebabkan karena permen dan jajanan manis lainnya.
  4. Ubi jalar
    Sayuran berwarna-warni ini juga merupakan pilihan yang baik karena merupakan sumber vitamin A, yang membantu membentuk enamel gigi. Tambahkan ubi jalar dalam adonan pancake atau kue favorit anak Anda untuk mendapatkan manfaat sehat untuk gigi anak.

    Sumber lain vitamin A yang baik dikonsumsi oleh anak-anak adalah wortel atau brokoli yang dikukus.

  5. Keju
    Keju baik untuk gigi bukan hanya karena kandungan kalsiumnya yang tinggi, tetapi juga mengandung fosfat yang bekerja dengan kalsium untuk menyeimbangkan pH dalam mulut anak. Mulut dengan pH yang seimbang akan menjadi tempat yang kurang ramah bagi bakteri penyebab gigi berlubang.

    Kalsium dalam keju juga dapat membantu menjaga kekuatan enamel gigi. Keju umumnya disukai oleh kebanyakan anak, sehingga orang tua tidak akan menemui kesulitan untuk meminta anak memakannya. Tambahkan keju dalam roti untuk sarapan anak dan dapat juga pada jajanan kesukaannya di siang hari.

loading...

Loading...

Bacaan Terkait: