Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

5 Pertanyaan untuk Menentukan Karir yang Tepat

Kategori Dunia: Karir Pekerjaan

Powered by: id.neuvoo.com

5 Pertanyaan untuk Menentukan Karir yang Tepat. Memilih karir tentu bukan hal yang mudah, karena selain berkaitan dengan minat, karir juga harus dijalani sehari-hari oleh setiap orang. Namun jangan khawatir, menentukan karir bisa dimulai dengan mengenali diri Anda lebih dalam.

Lima pertanyaan ini bisa membantu Anda untuk mengenali diri lebih dalam dan mengetahui karir apa yang sebenarnya anda inginkan, seperti dilansir oleh Brazen Carrerist

#5. Di mana Anda ingin tinggal?

Sebenarnya pertanyaan ini tak begitu penting untuk beberapa jenis karir, namun sangat penting bagi beberapa lainnya terutama pada pekerjaan yang banyak berfokus pada satu kota. Misalkan jika Anda ingin menggeluti dunia entertainment, maka sebaiknya Anda memilih tempat seperti Jakarta. Berminat di bidang seni? beberapa kota seperti Yogyakarta dan Bali mungkin bisa memberikan apa yang Anda cari.

Perlu diperhatikan bahwa hal ini tak hanya berhubungan dengan tempat tinggal, melainkan juga dengan gaya hidup dan apa yang bisa Anda dapatkan dari kota tersebut nantinya.

#4. Gaya hidup seperti apa yang Anda inginkan?
Pekerjaan tentu berkaitan dengan gaji atau upah yang Anda dapatkan, dan ini sangat berkaitan dengan gaya hidup Anda sehari-hari. beberapa pekerjaan yang Anda inginkan dan sukai bisa jadi tak memberikan banyak pemasukan seperti yang Anda inginkan. Untuk itu, penting mengetahui gaya hidup seperti apa yang Anda inginkan dan mencari pekerjaan yang bisa memenuhinya.

Namun ini tak hanya berkaitan dengan upah. Beberapa pekerjaan mengharuskan Anda untuk berpindah-pindah tempat, selalu melakukan travelling ke seluruh belahan dunia, atau membuat Anda harus sering berhubungan dengan hal-hal sosial. Jika Anda sudah mengetahui gaya hidup yang Anda inginkan, akan lebih mudah untuk memilih pekerjaan yang Anda butuhkan.

#3. Lingkungan kerja seperti apa yang cocok untuk Anda?
Lingkungan kerja tentu penting bagi Anda untuk melakukan pekerjaan. Namun hal ini lebih berkaitan dengan diri Anda. Apakah Anda seorang introvert atau ekstrovert? Seorang introvert mungkin lebih senang dan bisa bekerja baik di lingkungan pekerjaan yang tenang, sementara ekstrovert tampaknya lebih bersemangat ketika berada di tempat kerja yang bising, ramai, dan terlihat sibuk.

Beberapa hal seperti berbicara di depan umum, bekerja secara tim, dan melakukan pembicaraan dengan klien juga termasuk beberapa hal yang harus Anda pertimbangan.

#2. Apa fokus Anda saat bekerja?
Merasa selalu termotivasi dan bersemangat untuk bekerja adalah salah satu aspek dari kepuasan dalam karir. Namun motivasi bisa berbeda-beda bagi setiap orang. Secara umum ada dua jenis motivasi, yaitu promotion-focused dan prevention-focused.

Orang dengan kecenderungan promotion-focused adalah mereka yang senang mengambil risiko, aktif, bekerja cepat, berpikir abstrak, kreatif, dan sangat berbakat menjadi wirausahawan atau pekerjaan yang berkaitan dengan kreativitas dan risiko yang tinggi. Sementara orang dengan kecenderungan prevention-focused adalah mereka yang senang menjaga keseimbangan dan keteraturan. Mereka lebih mahir berpikir analisis, membuat perencanaan, dan mempertimbangkan matang-matang sebelum mengambil risiko.

Jika Anda sudah menemukan kecenderungan Anda, maka Anda mulai bisa membayangkan pekerjaan seperti apa yang ingin Anda lakukan.

#1. Apa keahlian yang dimiliki, dan apa yang Anda minati?
Ya, Anda mungkin sudah sering mendengarkan hal seperti “ikuti minat Anda,” atau “ikuti impianmu.” Namun tak semua orang memiliki impian yang jelas, atau terkadang memiliki impian yang terlalu tinggi seperti menjadi sama seperti Shakespeare.

Masalahnya bukan pada ide untuk mengejar hal yang Anda minati, tetapi bahwa aspirasi Anda terlalu luas dan sulit untuk dilakukan. Pertama-tama, pikirkan impian Anda sebagai langkah permulaan. Misalkan jika Anda ingin menjadi seperti Shakespeare, maka bidang yang bisa Anda tekuni adalah menulis atau menjadi editor. Kemudian asah kemampuan Anda di bidang itu.

Anda bisa menjadi penulis fiksi, novelis, cerpenis, atau menjadi guru menulis. Kemampuan yang semakin terasah bisa membawa Anda ke jenjang karir yang lebih tinggi seperti editor sebuah penerbitan.

loading...

Bacaan Terkait: