Adab Dalam Hubungan Intim Suami Istri – Doa Sebelum, Ketika dan Sesudah Berhubungan Badan


Doa Hubungan Intim Suami IstriAdab bercinta suami istri dalam islam. Sebagai seorang muslim, sudah sewajarnya Anda yang sudah menjalani rumah tangga dan/atau akan menikah, mengetahui adab-adab dalam melakukan hubungan badan. Seperti pada artikel sebelumnya, islam telah mengajarkan kita waktu-waktu yang baik untk menggauli pasangan (suami istri).

Dan pada kesempatan ini, duniabaca.com sedikit berbagi seputar hubungan badan suami istri sesuai adab islam, yang meliputi: doa sebelum melakukan hubungan intim, doa ketika menggauli istri, serta doa setelah melakukan hubungan badan suami istri. Karena menggauli pasangan sesuai adab yang di anjurkan, kita tidak hanya mendapatkan kenikmatan sesaat belaka, akan tetapi juga mendapatkan pahala. Islam selalu menganjurkan dan bahkan memerintahkan untuk selalu berbuat baik dan bersikap romantis agar keharmonisan keluarga tetap terjaga. Allah berfirman :

Loading...

وَعَاشِرُوهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ فَإِنْ كَرِهْتُمُوهُنَّ فَعَسَى أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَيَجْعَلَ اللَّهُ فِيهِ خَيْرًا كَثِيرًا

Artinya : “Dan bergaullah dengan mereka (istri-istri kalian) secara baik. Kemudian bila kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak.” (QS An-Nisa : 19)

Dan termasuk adab dalam berhubungan suami istri (bersenggama) adalah sebagaimana yang disabdakan Rosulullah -sholallahu ‘alaihi wasallam- :

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِىَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ : أَمَا إِنَّ أَحَدَكُمْ إِذَا أَرَادَ أَنْ يَأْتِىَ أَهْلَهُ قَالَ بِسْمِ اللَّهِ اللَّهُمَّ جَنِّبْنِى الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا ثُمَّ رُزِقَ أَوْ قُضِىَ بَيْنَهُمَا وَلَدٌ لَمْ يَضُرَّهُ الشَّيْطَانُ

Artinya: “Ibnu Abbas berkata, Rasulullah -sholallahu ‘alaihi wasallam- bersabda: “Apabila seseorang membaca doa berikut ini sebelum menggauli isterinya: “bismillah allahumma jannibnis syaithan wa jannibis syaithan ma razaqtana” (Dengan menyebut nama Allah, ya Allah, jauhkanlah syetan dari saya, dan jauhkanlah ia dari apa yang akan Eukau rizkikan kepada kami (anak, keturunan), kemudian dari hubungan tersebut ditakdirkan menghasilkan seorang anak, maka ia tidak akan diganggu oleh setan selamanya” (HR. Bukhari dan Muslim)

Adapun doa sebelum bercinta (bersenggama) suami istri adalah sebagai berikut :

بِسْمِ اللَّهِ اللَّهُمَّ جَنِّبْنِى الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا

“BISMILLAH ALLAHUMMA JANNIBNIS SYAITHAN WA JANNIBIS SYAITHAN MA RAZAQTANA”

Artinya : “Dengan menyebut nama Allah, ya Allah, jauhkanlah syetan dari saya, dan jauhkanlah ia dari apa yang akan Engkau rizkikan kepada kami (anak, keturunan).”

Doa/Dzikir Saat Melakukan Hubungan Badan
Pada saat hubungan sedang berlangsung pun, masih dimungkinkan kita untuk berdzikir. Namun bukan di lisan melainkan di dalam hati saja. Dan untuk hal ini tidak ada lafadz tertentu yang harus diucapkan, sehingga bisa lafadz dzikir yang mana saja, asalkan di dalam hati.

Doa / Dzikir Setelah Hubungan Intim Suami Istri
Begitu selesai dari hubungan suami isteri, juga ada dzikir yang bisa diucapkan. Hukumnya jaiz atau boleh untuk dilakukan. Dasar pensyariatannya bahwa Rasulullah SAW selalu berdzikir dalam setiap kesempatan hidupnya, sebagaimana diriwayatkan dalam hadits Aisyah ra.

Itulah sedikit pengetahuan yang dapat kita pelajari mengenai adab hubungan (bersenggama) suami istri, dimana artikel ini duniabaca.com kutip dari berbagai sumber. Mudah-mudahan setelah mempelajarinya, kita selalu mengamalkan doa sebelum menggauli istri, doa ketika bercinta suami istri dan doa setelah berhubungan badan. Dan mudah-mudahan kita diberi keberkahan dalam menjalin rumah tangga, menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, warahmah. Amieen.

Loading...

loading...

13 thoughts on “Adab Dalam Hubungan Intim Suami Istri – Doa Sebelum, Ketika dan Sesudah Berhubungan Badan

  1. saya ingin menanyakan bagaimana cara berniat sesudah melakukan berhubungan suami istri.
    agar saya dapt bersuci,, dan bagaimana cara mandi ataupun niat mandi,

    1. Untuk niat mandi wajib atau mandi junub, hampir sama ketika kita berwudhu atau menghilangkan hadas kecil. jika di ucapkan dalam bahasa indonesia, kita sebelum mandi berniat untuk “Menghilangkan hadast besar, karena Allah Ta’ala”. Adapun seteluruh tubuh harus di basahi semua dari ujung rambut hingga ujung kaki. Dan apabila sehabis bercinta.

      Mungkin kurang lebihnya begitu, jika ada jawaban yang lebih lengkap, silakan share ajah disini. trims

  2. Baru tau aku tentang ini, thanks atas informasinya, nanti saya praktekin ah.. tapi sama siapa yah?? saya belum punya istri..

  3. mantab boss infonya, biasanya orang kalau sudah ‘pengen’ inginnya cepat cepat berhubungan tapi lupa berdoa.. dengan adanya artikel di atas, tentu sangat bermanfaat buat pasangan suami istri yang ingin bercinta.. hehe.. thank banget infonya,, salam sukses

  4. asaalamualaikum. Saya mau tanya, apakah setelah selesai melakukan hubungan intim dan belum mandi junub. di haramkan membaca doa?? Maksud saya ; surat pendek (do’a sebelum tidur / ayat2 qur’an lainya) terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *