Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Awas! Gangguan Apnea Tidur Tingkatkan Risiko Kematian Ibu Hamil

Kategori Dunia: Kehamilan, Penyakit

Gangguan Apnea Tidur Tingkatkan Risiko Kematian Ibu Hamil. Apnea tidur adalah salah satu jenis masalah kesehatan yang membuat seseorang susah bernapas saat tidur. Orang yang memiliki apnea tidur kesulitan bernapas dan napasnya sering terhenti selama beberapa kali saat tidur.

Apnea tidur untuk orang biasa saja sudah merupakan masalah kesehatan yang bisa membahayakan, apalagi untuk ibu hamil.

Penelitian mengungkap bahwa ibu hamil yang memiliki apnea tidur berisiko lebih tinggi untuk meninggal di rumah sakit. Dibandingkan ibu hamil yang tak memiliki apnea tidur, risiko ibu hamil meningkat hingga lima kali lipat.

Selain itu, peneliti di University of South Florida juga menemukan bahwa apnea tidur berkaitan dengan kondisi kesehatan yang serius dan bisa membahayakan kesehatan ibu hamil serta janin yang dikandungnya. Beberapa masalah yang bisa terjadi antara lain pembengkakan jantung, penggumpalan darah pada paru-paru, dan tekanan darah tinggi yang bisa memicu eclampsia atau pre-eclampsia.

Hasil ini didapatkan peneliti setelah menganalisis data dari 55 juta wanita hamil antara tahun 1998 hingga 2009 di rumah sakit Amerika Serikat, seperti dilansir oleh Healthy Living (07/05). Peneliti mengungkap bahwa peningkatan risiko ini disebabkan oleh stres yang dialami ibu hamil akibat gangguan apnea tidur.

Hasil ini mengejutkan peneliti sendiri. Bahkan ketua peneliti Dr Judette Louis mengaku terkejut dengan tingginya risiko kematian yang dimiliki pasien apnea tidur saat hamil. Sebelumnya peneliti memperkirakan bahwa peningkatan risiko kematian pada ibu hamil disebabkan obesitas, namun ternyata apnea tidur pun menjadi salah satu faktor yang meningkatkan risiko kematian ibu hamil.

“Penelitian kami mengungkap bahwa apnea tidur juga mempengaruhi risiko kematian, baik wanita itu mengalami obesitas maupun tidak,”ungkap Louis.

Jika Anda memiliki gangguan apnea tidur, tak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter sebelum hamil untuk mewaspadai adanya risiko masalah kesehatan yang meningkat. Lebih berhati-hati dengan kesehatan Anda dan janin agar kehamilan dan persalinan berjalan lancar.

loading...

Bacaan Terkait: