Bacaan Doa Shalat Tahajud  | Dunia Baca dot Com

You are here:

Bacaan Doa Shalat Tahajud

Capai Sukses  

Keutamaan Solat TahajudBacaan Doa Sholat Tahajud Lengkap Bahasa Arab Latin dan Artinya. Shalat tahajud merupakan salah satu shalat sunnah yang sangat dianjurkan untuk kita laksanakan. Pasalnya, banyak manfaat atau hikmah dibalik shalat tahajud, baik manfaat di dunia maupun di akhirat.

Adapun waktu pelaksanaan shalat tahajjud adalah mulai setelah isya’ sampai sepertiga akhir malam. Ulama membagi waktu tahajjud menjadi tiga, yaitu:

  1. Sepertiga malam pertama. Dari jam 19.00 sampai jam 22.00
  2. Sepertiga malam kedua. Dari jam 22.00 sampai 01.00
  3. Sepertiga malam ketiga. Dari jam 01.00 sampai masuknya waktu subuh.

Menurut sebagian ahli tafsir dan cendikiawan muslim Shalat Tahajud adalah satu – satunya shalat yang diwajibkan kepada Nabi SAW sebelum akhirnya disunnahkan setelah turunnya perintah shalat wajib lima waktu.

Pesan Sponsor

Adapun niat sholat tahajjud adalah sebagai berikut :

أُصَلِّي سُنّةَ التَهَجُدِ رَكْعَتَيْنِ ِللَهِ تَعَاليَ

Aku niat shalat sunnah tahajjud dua raka’at karena Allah ta’ala.

Untuk tata cara dan bacaan dalam melaksanakan shalat tahajjud, shalat tahajjud tidak jauh berbeda dengan shalat sunnah yang lain, diantaranya adalah sebagaimana berikut:

  1. Setelah takbirotul ihram (takbir pertama), baca surat Al Fatihah dan setelah itu disunnahkan membaca surat Al Kafirun (Qul Ya Ayyuhal Kafirun.. dst)
  2. Raka’at kedua membaca Al Fatihah dan surat Al Ikhlas (Qul Huwa-Allahu Ahad.. dst)
  3. Waktu ruku’ membaca Subhana Rabbiyal Adzimi Wabihamdih 3x.
  4. Waktu sujud membaca Subhana Rabbiyal A’la Wabihamdih 3x.
  5. Setelah tahiyyat dan salam membaca do’a di bawah.

Bacaan do’a atau wirid setelah shalat tahajjud Bahasa Arab

بِسْمِ اللهِ الرَحْمن ِالرَحيم اَلَلهُم لكَ الحَمْدُ أنتَ قَيِّمُ السَمَواتِ وَالأرِض ومَنْ ِفيهِنَ ولَكَ الحَمْدُ أَنْتَ نُورُ السَمَواتِ وَالأرِض ومَن فَيهنَ ولَكَ الحمدُ أنت الحقُ وَوَعْدُكَ الحقُ ولِقاءُكَ حَقٌ وقَولُكَ حَقٌ والجنةُ حقٌ والنارُ حَقٌ والنَبَيونَ حقٌ

ومحمدٌ صلي الله عليه وسلم حَقٌ والسَاعَةُ حَقٌ اللهم لَكَ أَسْلَمْتُ وَبِكَ أَمَنْتُ وَعَليكَ تَوَكَلتُ وَإلَيْكَ أَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَلَكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْليِ مَا قَدَّمْتُ وما أَخَّرْتُ وما أَسْرَرْتُ وَما أَعْلَنْتُ وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُبِهِ مِنيِ أَنْتَ الُمقَدِّمُ

وَأَنْتَ الُمؤَخِّرُ لَاإلَهَ إلا أَنْتَ وَلاَ حَوْلَ وَلا قُوّةَ إلا بالله

Doa Shalat TAhajjud dalam Huruf Latin

Allahumma lakal hamdu Anta nuurussamaawaati wal ardhi wa man fiihinna. Walakal hamdu Anta Qoyyimussamaawaati wal ardhi wa man fihinna. Walakal hamdu Anta robbussamaawaati wal ardhi wa man fiihinna Walakal hamdu Anta mulkussamaawaati wal ardhi wa man fiihinna Walakal hamdu Anta mulikussamaawaati wal ardhi Walakal hamdu, Antal haqqu wa wa’dukal haqqu, wa qoulukal haqqu, wa liqoo ukal haqqu. Waljannatu haqqun wannaaru haqqun Wannabiyyuuna haqqun, wa Muhammadun haqqun, wassaa ‘atu aqqun. Allahumma laka aslamtu. Wa ‘alaika tawakkaltu. Wabika aamantu. Wa ilaika aanabtu. Wabika Khooshomtu. Wa ilaika haakamtu. Faghfirliiy maa qoddamtu wa maa akhkhortu. Wa maa asrortu wa maa a’ lantu. Antal muqoddimu wa Antal mu akhkhiru. Laa ilaa ha illaa anta Anta ilaahii Laa ilaaha illaa Anta

Artinya:

“Ya, Allah! Bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau yang mengurusi langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau Tuhan yang menguasai langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji dan bagi-Mu kerajaan langit dan bumi serta seisi-nya.

Bagi-Mu segala puji, Engkau benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, bertemu dengan-Mu benar, Surga adalah benar (ada), Neraka adalah benar (ada), (terutusnya) para nabi adalah benar, (terutusnya) Muhammad adalah benar (dari- Mu), peristiwa hari kiamat adalah benar.

Ya Allah, kepada-Mu aku pasrah, kepada-Mu aku bertawakal, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku kembali (bertaubat), dengan pertolongan-Mu aku berdebat (kepada orang-orang kafir), kepada-Mu (dan dengan ajaran-Mu) aku menjatuhkan hukum. Oleh karena itu, ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang akan datang.

Engkaulah yang mendahulukan dan mengakhirkan, tiada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau”.

Perlu di ingat lagi, bahwa shalat Tahajjud adalah sholat sunnah yang dilakukan malam hari setelah bangun tidur / tidur terlebih dahulu walaupun hanya sebentar, karena arti dari kata Tahajjud itu sendiri adalah bangun dimalam hari.

Salat tahajud / sholat tahajjud adalah salah satu dari sekian banyak sholat sunnah utama yang diutamakan serta memiliki nilai yang sangat tinggi di sisi Allah subhanahu wata’ala (insya Allah). hukum shalat dan atau perintah shalat tahajjud sebagaimana dijelaskan dalam Al quran surah Al Isra ayat 79 yang kurang lebih dalam bahasa indonesianya adalah :

“Dan pada Sebagaian malam hari, hendaklah engkau shalat Tahajud / laksanakanlah sholat tahajjud sebagai tambahan ibadah bagi engkau. mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji”

Pembaca, itulah sedikit ulasan tentang pengertian shalat tahajud, tata cara sholat tahajjud serta doa shalat tahajud lengkap bahasa arab dan latin serta artinya. Semoga bermanfaat bagi para pembaca semua. Selamat menunaikan ibadah shalat tahajjud.

Posted by         0 Responses
   

Tidak ingin ketinggalan Informasi?

Setiap ada artikel baru, langsung di informasikan ke emal. Daftarkan E-mail Anda sekarang juga. GRATIS...!!!

*Agar tidak masuk spam, tambahkan e-mail eternyata [et] gmail [dot] com di address book email Anda.

 

No Comment to “Bacaan Doa Shalat Tahajud”

  1. No Comment yet. Be the first to comment...
NOTE:
* Komentar yang menyertakan NOMOR HP, akan dihapus oleh Admin.

Apr
1
2013
 

Kategori Bacaan