Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Bahaya Kekurangan Yodium saat Hamil

Kategori Dunia: Kehamilan

Bahaya Kekurangan Yodium saat Hamil. Anak-anak yang kekurangan yodium saat dalam kandungan diketahui memiliki kemampuan bahasa yang lebih buruk, terutama dalam hal mengeja kata, ungkap penelitian terbaru.

Meski begitu, kekurangan yodium tak berpengaruh pada kemampuan anak dalam bidang matematika.

Yodium yang didapatkan dari makanan memiliki peran penting dalam perkembangan otak. kekurangan sedikit saja yodium bisa berpengaruh terhadap perkembangan otak janin.

Penelitian ini dilakukan pada 228 anak yang lahir di The Royal Hobart Hospital, Tasmania, pada tahun 1999 hingga 2001. Mereka diminta melakukan tes, setelah sebelumnya peneliti mencari tahu tingkat yodium yang dikonsumsi oleh ibu selama hamil.

Hasilnya menunjukkan bahwa kekurangan yodium saat kehamilan berkaitan dengan kurangnya kemampuan anak dalam bidang bahasa. Efek ini berlanjut hingga anak berusia sembilan tahun. Meski begitu, peneliti tak menemukan efek kurangnya yodium pada kemampuan matematika dan berhitung anak.

“Penelitian kami menemukan bahwa efek kurangnya yodium saat kehamilan bisa berimbas pada anak hingga beberapa tahu setelah mereka dilahirkan. Bahkan mengonsumsi suplemen tak bisa membalikkan keadaan ini. Untungnya hal ini bisa dicegah,” ungkap Dr Kristen Hynes, seperti dilansir oleh Daily Mail (01/05).

Hynes menyarankan agar wanita hamil memenuhi kebutuhan yodium setiap hari. Mereka bisa mengonsumsi makanan kaya yodium, seperti salmon, keju cheddar, es krim, telur, daging sapi, daging domba, apel, jeruk, anggur, atau stroberi.

loading...

Bacaan Terkait: