Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Benarkah Berkeringat itu Sehat? Mitos atau Fakta? Cek Kebenarannya Disini

Kategori Dunia: Kesehatan, Penyakit

Fakta dan Mitos Keringat – Manfaat dan Bahaya Keringat. Anda suka olahraga? baik olahraga yang sederhana seperti lari, jogging atau yang membutuhkan peralatan khusus seperti fitness? Maka Anda sudah familiar dengan tubuh yang berkeringat bahkan sampai berkeringat deras.

Selama ini banyak berkeringat dianggap sehat karena berarti tubuh mengeluarkan cairan yang dihasilkan dari aktivitas. Tapi benarkah berkeringat berlebihan itu berarti sehat? ternyata belum tentu Ladies.

Yuk cek mitos dan fakta seputar berkeringat serta manfaat dan bahayanya berikut ini :

Manfaat dan Fakta tentang Keringat

  1. Membersihkan pori-pori kulit
    Berkeringat memang berfungsi untuk detoks racun-racun yang ada di dalam tubuh. Berkeringat dapat menghilangkan racun dari pori-pori kulit. Racun-racun itu akan mengalir keluar dan pori-pori kulit pun juga menjadi bersih. Dalam proses ini, pori-pori akan terbuka dan Anda menjadi terhindarkan dari jerawat dan masalah kulit lainnya.
  2. Menstabilkan suhu tubuh
    Bila seusai berolahraga anda merasakan sedikit gerah dan mengeluarkan keringat, itu adalah hal yang wajar. Tidak lama setelah tubuh terasa gerah, suhu tubuh akan turun dan stabil dengan sendirinya. Berkeringat membantu mendinginkan panas tubuh Anda. Dengan berkeringat, suhu tubuh akan stabil dan baik untuk kesehatan.

Mitos dan Bahaya Keringat Berlebih

  1. Menderita Tiroid
    Telapak tangan Anda sering basah karena keringat? hati-hati, itu bisa saja tanda dari terkena penyakit tiroid. Terlalu banyak berkeringat juga dapat disebabkan oleh kerusakan kelenjar tiroid. Bila telapak tangan anda sering basah karena keringat, periksalah ke dokter agar tidak berakibat serius.
  2. Serangan jantung
    Jangan dikira bahwa yang bisa terkena serangan jantung hanya orang yang sudah berusia lanjut saja. Faktanya banyak orang yang berusia di bawah 40 tahun dan terkena serangan jantung. Ketika seseorang akan mengalami serangan jantung, dia akan banyak berkeringat. Kondisi ini disertai dengan nyeri otot dan mual.
  3. Menopouse
    Mungkin Anda belum merasakannya sekarang namun bila anda sudah menjelang usia 50 tahun, waspadai keringat berlebih pada tubuh anda. Berkeringat dan hot flashes (sensasi terbakar) adalah gejala umum menjelang menopause yang disebabkan gangguan hormonal.

Ternyata terlalu banyak keringat itu sehat adalah mitos. Sebenarnya keringat berlebih merupakan tanda untuk kita apakah kita sedang menderita suatu gejala penyakit.

Bila Anda sering berkeringat berlebih, sebaiknya periksakan ke dokter untuk mencegah kemungkinan buruk terjadi pada tubuh anda.

loading...

Bacaan Terkait: