Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Bisnis Unik Dari Sabun

Kategori Dunia: Bisnis Online

Ide untuk berbisnis selalu hadir kapan saja dan dimana saja. Sebagian besar pebisnis juga menemukan ide bisnisnya dari perjalanan dan pengalaman yang ia dapatkan sejak lama, sebelum memulai untuk berbisnis. Dari sanalah, ide-ide unik untuk berbisnis muncul, termasuk bisnis unik yang menggunakan Sabun sebagai media dan produknya. Bisnis unik dari sabun ini tentunya bukan menjual sabun mandi seperti supermarket atau warung kecil, namun menjuals abun yang dikreasikan menjadi lebih cantik dan unik. Bisnis seperti ini bias jadi Contoh Usaha Rumahan baru yang tidak mainstream.

Sabun mandi yang berbentuk batang atau cair ternyata bias diracik kembali menjadi sesuatu yang lebih unik dan cantik. Fungsinya juga tidak hanya menjadi sabun untuk mandi, namun bias menjadi seperti hiasan dalam bentuk yang tidak lagi seperti sabun biasa. Di Indonesia, rupanya usaha ini sudah mulai dirintis oleh beberapa wanita kreatif yang berhasil menjadikan sabun mandi ini menjadi sesuatu hiasan cantik yang bernilai cukup tinggi.

Bahan sabun batang yang mudah dibentuk menjadi bentukl ainya adalah salah satu peluang yang memunculkan ide untuk berbisnis sabun. Sabun-sabun mandi yang terlihat biasa dan juga tidak berfungsi selain menjadi penunjang untuk mandi, dapat dibentuk menjadi bentuk apa saja yang lebih unik dan dengan keunikanya tersebut, orang akan lebih menyukai bentuk kreasinya tersebut dan nilaij ualnya tentu akan lebih tinggi dari sekedar sabun biasa.

Kreasi seperti apa saja yang dapat diciptakan dari sebuah sabun, berikut ini adalah ide bisnis yang berhasil diciptakan dari sabun, dikutip dari probisnis.net berikut ulasanya:

Bisnis Sabun Transparan

Bisnis sabuntransparan ini sepertinya masih jarang ditemui di tanah air, namun usaha seperti ini sepertinya memiliki prospek yang bagus. Seperti yang coba dipraktikan oleh probisnis[dot]net membuat sabun transparan dengan bentuk yang lucu, karena terinspirasi dengan mainan anak-anak yang elastic dan lucu dengan bentuk hewan, bunga dan bentuk boneka.

Anda yang ingin mencoba membuat bisnis ini, anda bias mencoba untuk membuatnya. Bisnis sabun transparan ini memerlukan praktek langsung. Berikut cara membuatnya:

Pertama larutkan Na OH (kaustik soda) sebanyak 10 gram dan dimasukan kedalam 25 ml air hingga menjadi hangat (45 derajat celcius). Kemudian panaskan minyak, campurkan larutan alkali dengan minyak. Gunakan panic stainless steel. Aduk hingga mengental. Proses tersebut dinamakan trace. Tambahkan alcohol sebanyak 50 ml dan aduk sampai rata. Setelahitu, tambahkan larutan gula (0,75 gr gula dengan 10 ml air) dan 45 ml TEA sembari terus di aduk.

Tambahkan gliserin sebanyak 36 ml dan panaskan selama 5 menit. Untuk pemberian warna tambahkan pewarna secukupnya. Terakhir masukan adonan tersebut dalam cetakan sabun. Diamkan untuk beberapa waktu. Bentuk sabun yang unik sesuai adonan akan anda dapatkan.

Anda bias menjualnya menjadi fungsi sabun yang sama seperti sabun lainya, namun bentuknya yang unik tentu menjadi pembeda dari sabun-sabun lainya. Berikan nama dan label yang menarik untuks emakin membuat produk sabun ini menarik. Anda juga bias memulai usaha ini di rumah dengan membuka program reseller.

Bisnis menjual Rangkaian Bunga Dari Sabun

Ternyata memang benar, bahwa sabun bias dikreasikan kedalam bentuk lainya yang lebih menarik dan juga unik. Seperti yang dilakukan oleh seorang ibu warga Makassar, Sulawesi Selatan yang bernama Camelia.

Ibu camellia berhasil menjadikan bahan sabun menjadi rangkaian hiasan bunga yang menarik dan memiliki nilai jual yang cukup tinggi.
Untuk bias mahir membuat kreasi rangkaianb unga dari sabun, ibu camellia mengaku tidak mudah untuk mempelajarinya. Dia membutuhkan beberapa bulan untuk bias merangkai bunga sabun ini, hingga akhirnya ibu Camelia berhasil merangkai bunga dari sabun. Ibu camellia yang seorang ibu rumah tangga membuat bisnis ini di sela-sela kesibukanya.

Setiap produksi, ibu camellia membuat satu pot yang terdiri dari beberapa bunga sabun yang dirangkainya selama 3 pekan. Rangkaian bunga itu akan disimpan di ruang tamu. Ruang tamu akan menjadi harum karena bunga sabun ini, jadi ruangan tamu anda akan lebih harum tanpa harus menggunakan pewangi ruangan.

Ibu camellia membuat 8 pot rangkaian bunga sabun saat menjelang hari raya lebaran. Hasil kreasinya ini mendapatkan respon postif dari masyarakat Makassar, terutama ibu- ibu. Setelah itu, barulah ibu camellia berencana untuk mulai memasarkan produk kreasinya ini dengan promosi mulut ke mulut, lewat sosial media dan juga mengikuti program UKM di tempatnya tinggal.

Harga jual untuk kreasi rangkaian bunga sabun ini dibanderol dengan harga Rp. 150 ribu. Sementara untuk rangkaian bunga yang berukuran kecil dibanderol sehargaRp. 50rb. Karena usaha ini baru dijalankanya, pendapatan perbulanya cukup lumanyan, mencapai 500rb/bln.Pendapatan yang lumayan bukan.

Bisnis yang akan bertahan, baik itu dalam skala kecil maupun skala besar adalah bisnis yang memiliki keunikan tersendiri. Seperti bisnis kreasi sabun diatas. Untuk memulainya memang memerlukan proses yang cukup panjang, namun ternyata memiliki prospek yang baik. Anda bias memilih alternative bisnis tersebut sebagai Usaha Sampingan yang cukup mudah dan berpeluang bagus. Semoga bermanfaat.

loading...

Bacaan Terkait: