Menu

Cara Melakukan Senam Kegel

Kategori Dunia: Pria, Wanita

Cara Melakukan Senam Kegel Pria dan Wanita. Senam Kegel sering juga dikenal sebagai senam seks yang memiliki tujuan untuk memperkuat otot-otot dasar panggul yaitu otot pubococcygeal.

Senam Kegel sangat penting untuk menguatkan pelvic floor muscles atau pubococcygeal (PC) muscle. Otot ini yang gunanya mengontrol keluarnya air seni. Menguatkan otot ini dapat membantu pada saat nanti melahirkan dan setelahnya, dan juga membantu menjaga bentuk otot vagina.

Otot panggul atau otot PC ( PuboCoccygeal Muscle ) merupakan otot yang melekat pada tulang-tulang panggul seperti ayunan dan berperan menggerakkan organ-organ dalam panggul yaitu rahim, kantong kemih, dan usus.

Bila Anda menahan dan melepaskan air seni, berarti Anda sedang menggerakkan otot panggul. Cara lain untuk mengetahui otot panggul adalah dengan memasukkan jari Anda yang bersih ke dalam vagina, lalu menekannya.

Teknik Senam Kegel Pria dan Wanita

Dalam perkembangannya selanjutnya senam ini selain dilakukan oleh wanita juga dilakukan oleh para pria. Pada pria kerja otot ini lebih mudah diamati dari luar dibanding wanita.

Hal ini dapat dilihat dengan gerakan penis “naik-turun” dalam keadaan ereksi. Pria yang terlatih akan mendapatkan orgasme yang lebih intens, dapat mencegah ejakulasi dini dan memperpendek waktu untuk siap melakukan hubungan seks ulang.

Pada wanita kerja otot pubococcygeal dapat dirasakan berupa denyutan pada dinding vagina. Bila otot ini terlatih dengan kuat, kontraksi otot vagina dapat dengan sengaja dilakukan saat berhubungan intim tanpa menunggu orgasme terlebih dahulu.

Wanita dengan otot pubococcygeal terlatih lebih mudah mengalami perangsangan seksual (tidak frigid), lebih cepat “basah” untuk mengalami orgasme yang sering dan memuaskan bahkan dapat mencapai orgasme hanya pada rangsangan pada G-Spot – nya.

Teknik senam Kegel yang paling sederhana dan mudah dilakukan adalah dengan seolah-olah menahan kencing (pada wanita dan pria).

  1. Kencangkan atau kontraksikan otot seperti menahan kencing, pertahankan selama 5 detik, kemudian relaksasikan (kendurkan).
  2. Ulangi lagi latihan tersebut setidaknya lima kali berturut-turut.
  3. Secara bertahap tingkatkan lama menahan kencing 15-20 detik, lakukanlah secara serial setidaknya 6-12 kali tiap latihan.

Latihan bisa dilakukan di kursi kerja, sambil duduk, saat mengendarai mobil bahkan saat anda berada di kamar kecil asal ada kemauan yang keras. Hasilnya kelak dapat memberikan kesenangan bukan hanya kepada pasangan melainkan juga bagi keduanya

Manfaat Senam Kegel

  1. Meningkatkan kepuasan seksual pada saat berhubungan seks karena lebih kuatnya daya cengkeram vagina
  2. Membantu dalam proses kehamilan yaitu memudahkan kelahiran bayi tanpa banyak merobek jalan lahir
  3. Mencegah terjadinya ambein atau wasir
  4. Mencegah terjadinya ‘ngompol kecil’ saat bersin dan batuk

Pembaca, itulah beberapa cara melakukan senam kegel untuk pria dan wanita serta berbagai manfaat senam kegel. Semoga sedikit artikel yang Dunia Baca dot Com share ini dapat bermanfaat bagi para pembaca semua. Untuk mendapatkan bacaan terbaru, silakan ikuti kami di Twitter dan Facebook. Terima kasih.

Bacaan Terpopuler