loading...
loading...
Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Cara Membuat Bakso

Kategori Dunia: Kuliner
Loading...

Cara Membuat Bakso. Baso atau Bakso merupakan salah satu makanan yang banyak di gemari oleh masyarakat kita. Secara umum, bakso dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga baso atau bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang. Cara membuat bakso terbilang sangat mudah (Kata Tukang Baks:D 😀 :D). Bagi Anda yang ingin tahu cara membuat bakso sendiri, silakan simak tips cara membuat bakso di bawah ini.

Sebelum belajar cara membuat bakso sapi, ikan daging maupun bakso malang , marilah kita pelajari terlebih dahulu asal usul bakso. Dalam wikipedia eksiklopedia bebas dijelaskan; Bakso berasal dari kata Bak-So (Bahasa Hokkien) yang secara harfiah berarti ‘daging babi giling’. Tapi, karena mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim, maka bakso lebih umum terbuat dari daging halal seperti daging sapi, ikan, atau ayam.

Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM pernah menganggap Bakso adalah makanan yang kurang aman. Hal ini dikarenakan dalam proses pembuatannya, ada bakso yang dicampur dengan boraks atau bleng untuk membuat tepung menjadi lebih kenyal mirip daging serta lebih awet. BPOM mengingatkan bahwa mengonsumsi makanan berkadar boraks tinggi selama kurun 5–10 tahun dapat meningkatkan risiko kanker hati. Maka bakso yang dijual di berbagai pasar tradisional dan pasar swalayan diwajibkan bebas boraks.

Jika Anda tahu cara membuat bakso, maka hal ini lebih baik dan aman untuk Anda sekeluarga, karna sudah pasti bebas dari boraks. Bagaimana caranya? Tenang saja, disini akan di share cara membuat bakso sendiri seperti membuat bakso ikan, cara membuat bakso daging dan lain sebagainya.

Bakso memiliki beragam variasi, antara lain :

  • Bakso urat: bakso yang diisi irisan urat atau tendon dan daging tetelan kasar
  • Bakso bola tenis atau bakso telur: bakso berukuran bola tenis berisi telur ayam rebus
  • Bakso gepeng: bakso berbentuk pipih
  • Bakso ikan: bakso berbahan daging ikan
  • Bakso udang: bakso berbahan dari udang
  • Bakso Malang: hidangan bakso dari kota Malang , Jawa Timur; lengkap dengan mi kuning, tahu, siomay, dan pangsit goreng
  • Bakso keju: bakso resep baru berisi keju
  • Bakso Bakar: bakso yang diolesi bumbu khusus dan dibakar langsung (tanpa arang) dan disediakan bersama potongan ketupat dan kuah kaldu yang hangat dan bumbu kacang. Biasanya bumbu oles sebelum dibakar merupakan salah satu yang menentukan enak atau tidaknya bakso bakar.

Cara Membuat Bakso

Bahan :

  1. 1 kg daging sapi (bagian paha belakang)
  2. 1 butir putih telur
  3. 1 ons es serut
  4. 100 gr tepung sagu
  5. 1 1/2 sdt garam
  6. 1 sdt lada bubuk
  7. 8 buah bawang putih dihaluskan
  8. 1/2 sdt Penza (membuat kenyal)

Cara membuatnya:

  1. Campur jadi satu es dengan putih telur, garam,lada, bawang putih halus dan penza, campur rata.
  2. Campur kedalam daging aduk-aduk sambil ditambahkan tepung sagu, lakukan hingga daging benar-benar kalis.
  3. Bulatkan daging dengan cara : ambil daging dan letakkan dalam genggaman tangan kemudian tekan genggaman tangan hingga keluar daging dari sela ibu jari, ambil dengan sendok, masukkan ke dalam rebusan air , masak hingga bakso matang, lakukan hingga selesai.

Cara Membuat Bakso Sapi Kuah

Bahan:

  1. Daging sapi giling 1/2 kg
  2. Bawang putih 3 bh dihaluskan.
  3. Tepung Sagu 50 gram
  4. Garam secukupnya. (1 sdt)
  5. Putih telur 1 bh

Sediakan:

  1. Air panas/ mendidih 1 baskom
  2. Air dingin/air es 1 baskom

Cara Membuatnya:
Campur semua bahan sampai teraduk rata dan tidak melekat. dengan menggunakan tangan dan sendok. Basahkan tangan dengan air, ambil campuran daging dengan tangan dan genggam dan keluarkan pencet ambil bulatan bakso dengan sendok dan celupkan ke air panas sampai mengapung lalu pindahkan ke air es selama 5 menit. Lakukan sampai semuanya selesai.

KUAH KALDU:
Siapkan kuah kaldu sapi tambahkan bumbu garam, merica, dan gula. Setelah didih masukan bakso sapi tadi dan masak sebentar daja.

Sajikan: siapkan mangkok isi dengan bakmi atau bihun yang sudah direbus, tuangi kuah kaldu dan baksonya taburi seledri dan bawang merah goreng.

Hhhmmmm bagaimana? Gampang kan cara membuat bakso sendiri? Selamat mencoba ya…????

Sumber: WikiPedia and Mangke Company

loading...

Loading...

Bacaan Terkait: