Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Cara Mencegah Agar Kaki Tidak Bengkak Saat Hamil

Kategori Dunia: Kehamilan
[neuvoo_jobroll co=id lo=Jakarta kw=Marketing size=20]

Tips Cara Mencegah Kaki Bengkak Saat Hamil. Selain punggung mudah pegal dan lelah, keluhan lain yang dilontarkan bumil adalah kaki yang bengkak. Kaki yang bengkak membuat bumil jadi enggan banyak bergerak. Normalkah gejala ini?

“Sebenarnya ini biasa dialami bumil. Kaki bengkak disebabkan karena jalannya aliran darah pembuluh balik di kaki terhambat karena rahim yang semakin membesar,” ungkap dr Ardiansjah Dara, SpOG, dari MRCCC Siloam Hospital Semanggi, saat seminar kehamilan beberapa waktu lalu.

Selain karena terhambatnya aliran darah balik di kaki, bengkak ini juga disebabkan oleh adanya retensi air yang terjadi di bawah kulit kaki.

[neuvoo_jobroll]

Meskipun biasa terjadi saat hamil, ada baiknya untuk mencegah terjadinya pembengkakan. Dr Dara juga mengungkapkan cara-cara mudah untuk mencegah terjadinya pembengkakan di kaki, antara lain:

  1. Hindari terlalu banyak berdiri
    Jika pekerjaan Anda mengharuskan untuk banyak berdiri, maka selingi dengan jalan-jalan. Berjalan akan membantu menormalkan kembali kerja pembuluh darah. “Jika hanya berdiri statis, kaki akan menjadi kaku, dan semua cairan turun ke bagian kaki bawah dan menyebabkan bengkak,” jelasnya.

  2. Kurangi garam
    Terlalu banyak mengonsumsi garam atau makanan asin akan membuat kaki bumil jadi bengkak. Hal ini disebabkan karena sifat garam yang menyerap air. Konsumsi garam yang terlalu banyak akan membuat tubuh lebih banyak menyerap cairan ke dalam tubuh. Posisi kaki di bawah akan membuat semua cairan yang terserap turun ke telapak kaki.
  3. Angkat kaki
    Untuk mengurangi cairan yang menumpuk di kaki, bumil dianjurkan untuk tidur dengan posisi kaki yang lebih tinggi dari tubuh. Misalnya, dengan meletakkan kaki di atas tumpukan bantal. Anda bisa juga menyandarkan kaki di tembok, asalkan tidak terlalu tinggi agar kaki tidak lebih cepat pegal. Jika sedang duduk, sesekali angkat kaki dan letakkan di atas meja.
  4. Pilih alas kaki yang tepat
    Agar kaki lebih nyaman dan tak mudah pegal, Anda harus memilih alas kaki yang tepat. Selain berpengaruh pada kenyamanan, alas kaki yang tepat juga akan menghindarkan Anda dari kaki yang bengkak. Agar tak bengkak, hindari menggunakan high heels, alas kaki yang terlalu sempit, sendal jepit, atau sendal bertali. Sendal bertali akan menghambat jalannya peredaran darah di kaki.

loading...

Bacaan Terkait: