Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Cara Mencegah Karang Gigi pada Anak

Kategori Dunia: Ibu dan Anak, Kesehatan

Tips Mencegah Karang Gigi pada Anak. Gigi seringkali terabaikan kesehatannya, pasa anak-anak maupun pada orang dewasa. Entah karena lupa, atau kesibukan sehari-hari. Tentu para orang tua tak ingin gigi si kecil juga terabaikan kan kesehatannya.

Oleh sebab itu, orang tua perlu memperhatikannya bahkan sejak si kecil masih bayi. Menurut keterangan di healthychildren.org, kesehatan gigi anak dapat mulai diperhatikan sejak si kecil masih berumur 1 bulan.

Pada saat bayi berusia 1-12 bulan, yang perlu Ladies lakukan adalah membersihkan gusinya dengan kain yang lembut untuk bayi. Jika gigi bayi sudah ada yang tumbuh, sikat giginya secara perlahan dengan sikat gigi.

Untuk bayi usia 12 bulan-1 tahun, biasakan untuk menyikat gigi-gigi kecilnya dengan sikat lembut dua kali sehari. Sebaiknya menyikat gigi itu dilakukan setelah makan dan sebelum tidur.

Si anak biasanya sudah boleh menggunakan pasta gigi anak-anak untuk anak di bawah dua tahun. Anda bisa menggunakan pasta gigi anak yang mengandung flouride jika dokter anak Anda mengijinkannya. Flouride inilah yang mencegah terbentuknya karang gigi.

Selain hal di atas, untuk anak usia balita, Anda perlu memeperhatikan kebiasaan yang Anda didik padanya. Misalnya, hindari menaruh botol susu atau makanan di tempat tidurnya. Sebaiknya berikan susu saat waktu makan saja, jika saat malam biasakan menyikat gigi sebelum tidur.

Biasakan pula untuk anak usia 1 tahun agar minum dari gelas (selain menyusui tentunya) agar sisa makanan dapat mengalir lancar ke dalam tenggorokan. Jangan pula membiasakan si anak sering makan permen, gula-gula, atau makanan manis yang lengket.

Selain itu, ajarkan pula pada si anak untuk membersihkan gigi dengan lidahnya.

loading...

Bacaan Terkait: