Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Cara Mengurangi Rasa Sakit Saat Persalinan

Kategori Dunia: Persalinan

Cara Alami Mengurangi Rasa Sakit Saat Persalinan. Rasa sakit dan ketidaknyamanan selama proses persalinan menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi semua wanita. Padahal kekhawatiran tersebut justru dapat memperpanjang proses persalinan dan dapat membahayakan janin.

Ada beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan untuk membantu meringankan rasa sakit dan mempersingkat durasi persalinan. Ibu hamil yang akan melahirkan perlu mengetahui teknik-teknik sederhana yang dapat mengurangi kekhawatiran akan rasa sakit dan ketidaknyamanan saat melahirkan.

Seperti Dunia Baca dot Com lansir dari laman detikhealth, berikut 5 cara alami yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi rasa sakit selama persalinan, antara lain:

  1. Hidroterapi
    Hidroterapi dapat mendorong relaksasi selama persalinan dan mengurangi rasa sakit. Wanita hamil yang akan menghadapi persalinan disarankan untuk mandi selama 15 menit terlebih dahulu. Menurut penelitian hal ini dapat menurunkan intensitas nyeri dibandingkan dengan wanita yang tidak melakukan hidroterapi.

    Air mampu mengurangi rasa sakit dan meredakan kecemasan yang berhubungan dengan proses persalinan.

  2. Minyak atsiri
    Penggunaan minyak atsiri telah terbukti dapat meningkatkan suasana hati dan menenangkan wanita yang akan melahirkan dari kecemasan persalinan. Minyak atsiri memiliki kemampuan untuk menyembuhkan dan secara alami melepaskan ketegangan.

    Hiruplah minyak atsiri atau oleskan ke kulit disertai dengan pijatan lembut. Penggunaan minyak atsiri ini juga dapat membantu meningkatkan kontraksi, meringankan sensasi persalinan dan menciptakan suasana yang menenangkan.

  3. Pijatan
    Pijatan sangat efektif dalam merangsang tubuh melepaskan endorfin dan konduksi sensorik untuk menghambat penyebaran nyeri. Teknik ini dapat mengendurkan otot-otot yang tegang dan membantu menenangkan ibu melahirkan.

    Terapi sentuhan berupa pijatan lembut dapat memblokir impuls nyeri, meningkatkan sirkulasi darah dan merangsang sistem saraf. Hal ini sangat membantu mengurangi nyeri persalinan serta membantu bayi menuruni jalan lahir.

  4. Beralih posisi
    Mengubah posisi berbaring selama menunggu proses kelahiran dapat membantu ibu mengontrol rasa sakit, karena dapat mengurangi tekanan darah dan penyimpangan denyut jantung bayi. Sering mengubah posisi berbaring bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah dan membantu kelancaran persalinan.
  5. Relaksasi
    Relaksasi dapat digunakan untuk mengatasi ketegangan otot, misalnya dengan meditasi dan teknik pernapasan. Hal ini memberi efek menenangkan dan mengurangi ketidaknyamanan selama persalinan.

loading...

Bacaan Terkait: