Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Cara Merilekskan Pikiran Setelah Seminggu Bekerja

Kategori Dunia: Karir Pekerjaan, Kesehatan

Cara Merilekskan Pikiran Setelah Seminggu Bekerja. Meeting, deadline, dan seabrek pekerjaan tentu menyita pikiran dan tenaga Anda sepanjang pekan. Nah, di akhir pekan ini saatnya tubuh dan pikiran dimanjakan.

Berikut ini adalah 16 cara yang bisa Anda pilih untuk melepaskan stres dan menghabiskan akhir pekan Anda, dikutip dari Asia One.

1. Tarik napas panjang
Bernapas adalah hal yang penting dalam teknik relaksasi. Bila Anda pernah mengikuti kelas yoga, Anda akan tahu bahwa bernapas saja mampu menurunkan stres dan tekanan pada pikiran dan tubuh Anda.

2. Pijat
Bekerja setiap hari pasti berakibat pada otot yang tegang. Jangan ragu untuk melakukan massage atau pijat, terutama pada pundak. Memijat pundak terbukti dapat menurunkan stres, rasa pusing, bahkan mengubah mood Anda menjadi lebih baik dalam sekejap.

3. Cari udara segar
Bila Anda adalah pekerja kantoran yang menghabiskan waktu belasan jam di dalam ruangan, udara segar adalah satu hal yang sangat Anda butuhkan. Berjalan-jalanlah di taman, amati lingkungan sekitar, lupakan urusan pekerjaan Anda di kantor. Begitu Anda kembali ke kantor, pikiran Anda akan lebih segar dan dapat menjalankan pekerjaan tanpa stres.

4. Olahraga
Berkeringatlah! Jalani kegiatan atau olahraga yang Anda gemari bersama dengan orang yang Anda cintai. Ini adalah salah satu cara yang paling ampuh untuk mengusir stres.

5. Kunjungi tempat wisata alam

Keluarlah dari hiruk pikuk kehidupan kota. Bukan hanya udara segar, Anda juga akan mendapatkan situasi yang tenang dan pemandangan yang indah.

6. Seks
Berhubungan seks dengan istri/suami bukan hanya membuat Anda merasa nyaman. Sebuah penelitian menunjukkan seks juga memperbaiki mood dan mengurangi stres yang Anda alami.

7. ‘Nganggur’

Uang tak ada, pacar pun tak punya bukan alasan untuk sedih. Jangan khawatir, Anda masih punya cara melepaskan stres yang ampuh. Lakukan apa saja yang Anda ingin lakukan. It is your day! Jangan pikirkan pekerjaan, menontonlah TV atau DVD film favorit sepuasnya, bermain musik kesukaan, atau apa saja yang Anda mau.

8. Meditasi

Daftarkan diri Anda di kelas meditasi. Belajarlah untuk fokus pada inner-being diri Anda. Begitu Anda berhasil berada pada situasi yang paling tenang, Anda akan mampu melupakan semua stres yang Anda alami.

9. Baca novel
Pilih novel dari genre favorit Anda. Baca dan jangan letakkan sebelum selesai. Anda pun akan ‘terhisap’ ke dalam kehidupan cerita dalam novel dan melupakan pekerjaan yang sempat membuat Anda stres.

10. Bermain bersama keluarga

Bersama pasangan, anak, ataupun hewan peliharaan, bermain bersama mereka pasti dapat membuat Anda bahagia. Manfaatkan momen dan waktu yang berkualitas dengan mereka.

11. Matikan handphone

Terkadang ‘menghilang’ sejenak juga bagus. Matikan handphone dan segala alat komunikasi. Rasakan bagaimana hidup tanpa seorang pun ‘mengganggu’. Intinya adalah, akhir pekan ini hanya milik Anda.

12. Tidur
Bila Anda terlalu banyak lembur dan kurang tidur sepanjang pekan, manfaatkan akhir pekan Anda untuk ‘balas dendam’. Bukan berarti tidur sepanjang hari, namun setidaknya cukup me-recharge energi yang habis selama bekerja.

13. Karaoke
Stres dan ingin meluapkan isi hati? Ajak teman-teman atau keluarga untuk karaoke. Nyanyikan lagu yang mengungkapkan keluh kesah Anda. Berteriaklah! Niscaya Anda akan merasa lega dan dapat segar kembali.

14. Tonton film-film emosional

Cari film yang bisa menyentuh perasaan Anda. Hindari film genre drama atau sainfiksi yang membuat depresi, pilihlah film komedi atau drama komedi. Buat diri Anda menangis dan tertawa karena film tersebut. Setelah menonton, Anda akan merasa lega dan lupa akan stres yang sempat melanda.

15. Bermain game
Bermain game ternyata juga dapat meredakan stres dan membuat Anda melupakan ‘kehidupan nyata’. Bermainlah hingga Anda merasa tekanan Anda berkurang.

16. Habiskan waktu dengan teman

Walau hanya sekadar nongkrong, namun berkumpul bersama dengan sahabat tersayang adalah salah satu cara menghidupkan hidup. Tertawa bersama dan bersenang-senanglah di akhir pekan bersama mereka.

loading...

Bacaan Terkait: