loading...
Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Daftar Artis yang Operasi Ganti Kelamin dan Jadi Transgender

Kategori Dunia: Selebritis Profile

Daftar Artis yang Operasi Ganti Kelamin dan Jadi Transgender. Bukan hal yang mudah untuk menjadi transgender. Sebab, ketidaksamaan identitas gender terhadap jenis kelaminnya yang ditentukan membuat seseorang rela mengubah alat kelaminnya demi mendapat kenyamanan diri.

Hingga saat ini, sudah banyak orang yang melakukan operasi ganti kelamin meski harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Bukan hanya orang biasa, banyak selebritis yang memutuskan untuk menjadi transgender.

Tentunya kabar perubahan kelamin artis-artis tersebut telah menyita banyak perhatian masyarakat, terutama dari penggemar mereka. Namun, hal itu justru tidak menjadi penghalang bagi mereka untuk meraih jati diri yang sebenarnya.

Berikut artis-artis yang memutuskan untuk operasi kelamin, baik dari dalam maupun luar negeri.

Dorce Gamalama

Dorce Gamalama terlahir dengan nama Dedi Yuliardi Ashadi di Solok, Sumatra Barat, 21 Juli 1963. Dorce telah berkecimpung dalam profesinya sebagai komedian, pembawa acara, aktris dan musisi.

Saat menginjak usia remaja, Dorce mulai menyadari adanya kecenderungan tertarik pada pria. Hal ini juga dimanfaatkannya melalui penampilannya yang berdandan ala perempuan selama di atas panggung, dan mendapat nama panggilan Dorce Ashadi.

Dalam perjalanannya, Dorce semakin menikmati perannya sebagai seorang perempuan, sehingga dia kemudian memutuskan untuk operasi ganti kelamin di rumah sakit di Surabaya. Walaupun mendapat tantangan dari berbagai pihak, keinginan Dorce terus berjalan.

Sementara nama Gamalama, diperolehnya saat melakukan perjalanan ke Ternate bersama Benyamin Suaeb (Alm), yang mana dirinya melihat gunung Gamalama. Begitu pun setelah melaksanakan ibadah haji, Dorce menambahkan nama Halimatussadiyah.

Saat ini Dorce telah mengadopsi tiga anak, bernama Rizky, Fatimah dan Khadijah. Meski dirinya juga memiliki sejumlah panti asuhan, yang memiliki ribuan anak asuh.

Caitlyn Jenner

Caitlyn Jenner atau yang lebih dikenal sebagai William Bruce Jenner, merupakan seorang transgender asal Amerika ini memutuskan untuk operasi kelamin di usianya yang tidak muda. Kabar ini sempat mengejutkan dunia karena sebelumnya, Caitlyn adalah seorang olahragawan dan pernah menjalani hubungan asmara dengan Kris Kardashian.

Caitlyn sendiri sudah merasa memiliki kelainan gender sejak dia masih kecil. Dengan segala maksud dan tujuan, Caitlyn mengaku bahwa dirinya merupakan seorang wanita.

Akhirnya, Caitlyn mulai berpakaian seperti wanita selama bertahun-tahun dan melakukan terapi penggantian hormon. Namun hal itu justru berhenti ketika Caitlyn menjalani hubungan asmara dengan Kris di awal tahun 1990.

Namun, pada Juni 2015, Caitlyn memperkenalkan nama dan penampilan barunya yang lebih feminin. Dilansir dari Hollywood Life, transgender berusia 65 tahun ini telah menjalani berbagai prosedur operasi plastik dan perawatan kecantikan yang menelan biaya tak kurang dari US$ 500 ribu (sekitar Rp 6,7 triliun).

Solena Chaniago

Solena, penata rambut sekaligus artis ini terlahir sebagai seorang pria. Namun saat berusia 11 tahun, Solena sudah merasa tidak nyaman karena tidak memiliki rasa maskulin dalam dirinya.

Setelah kuliah Solena secara terang-terangan mengenalkan kekasihnya yang berkelamin pria kepada orang tuanya. Dari situlah kedua orang tua Solena menyadari bahwa anaknya memang memiliki rasa suka terhadap lawan jenis.

Dia kemudian di nikahkan paksa selama satu tahun yang dia jalani dengan rasa tersiksa. Karena sering keluar masuk UGD akibat depresi, Solena akhirnya bercerai dengan istrinya dan pergi ke Amerika.

Dengan seluruh keberanian dirinya, Solena menjalani operasi ganti kelamin di Thailand. Hingga kini, Solena sudah menjadi wanita cantik yang lebih percaya diri dengan identitas barunya.

Alexis Arquette

Alexis yang terlahir dengan nama Robert Arquette merupakan daftar artis transgender berikutnya. Pria kelahiran Los Angeles, 28 Juli 1969 adalah seorang artis, musisi, dan artis kabaret.

Sejak usia 12 tahun, Alexis sudah mulai berakting sebagai anak kecil yang melakukan perjalanan dengan semua wanita dan lainnya. Pada tahun 1986, Alexis memulai debutnya di layar lebar dengan remaja ambivalen seksual Max Whiteman (Evan Richards) di Batte Midler.

Hingga 20 tahun kemudian, Alexis memutuskan untuk bertransisi menjadi wanita. Perjalanan hidupnya pun didokumentasikan dalam film yang berjudul Alexis Arquette: She’s My Brother, yang memulai debutnya pada 2007.

loading...

Bacaan Terkait: