Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Daftar Film Box Office yang Memakan Korban Jiwa bagi Penontonnya

Kategori Dunia: Film

Daftar Film Box Office yang Memakan Korban Jiwa bagi Penontonnya. Film merupakan bentuk seni yang diproduksi untuk menghibur pemirsa. Namun, sebuah film juga bisa menjadi sarana edukasi. Karena setiap film memuat pesan yang ditangkap penonton sebagai pelajaran moral, atau sebaliknya, justru menyesatkan penonton. (Baca juga: Daftar Film Terkutuk yang Menewaskan Para Pemainnya)

Tampaknya itulah yang terjadi pada film-film berikut. Meskipun tujuan pembuatannya untuk hiburan semata, beberapa penggemar film-film tersebut mengambil pesan yang salah dan menggunakannya sebagai inspirasi untuk melakukan pembunuhan. Menjadikan film-film tersebut sebagai sumber kontroversi dan dituding secara tak langsung menyebabkan terjadinya kasus pembunuhan.

Berikut adalah daftar Film yang secara tidak langsung memicu pembunuhan, seperti dilansir dari laman Merdeka yang dikutip dari situs Top 10 Films dan Mental Floss.

--

Film Fifty Shades of Grey (2015)

Film ini memang tergolong lebih ‘ringan’ jika dibandingkan film-film lainnya yang memicu pembunuhan. Tetapi praktik seks BDSM di dalamnya membuat beberapa orang terinspirasi untuk menirukan. Dan praktik awam ini akhirnya mendatangkan bencana berupa kematian.

Seorang remaja pria asal Filipina tak sengaja membunuh teman perempuannya karena dia mencoba menirukan adegan seks berbau kekerasan dalam film tersebut. Si gadis diikat, disayat pada beberapa bagian tubuh, dan dicambuk dengan ekor ikan pari hingga mengalami infeksi.

Dua tahun sebelumnya, seorang pria Swedia melakukan hal yang sama kepada kekasihnya. Namun yang satu ini terinspirasi oleh novel Fifty Shades of Grey. Kekasihnya dicambuk 123 kali hingga tewas.
Penasaran adengan filmnya, silakan tonton : Film Fifty Shades of Grey Online Streaming Subtitle Indonesia.

Film Oldboy

Oldboy adalah film neo-noir bernuansa thriller asal Korea Selatan yang disutradarai oleh Park Chan-wook. Film yang rilis tahun 2003 ini menceritakan pembalasan dendam seorang pria yang diculik selama 15 tahun.

Pada tahun 2007, mahasiswa AS, Cho Seung-Hui membunuh 32 mahasiswa Virginia Tech University, dalam peristiwa penembakan yang dikenal sebagai Virginia Tech Shooting. Sebelum melakukan aksi berdarahnya, pemuda ini dilaporkan sempat menonton film Oldboy yang bertema sama dengan kehidupannya dan merasa terkesan.

Silakan tonton : Film Oldboy Online Streaming Subtitle Indonesia

Film Scream

Scream adalah franchise film thriller yang rilis pada tahun 90-an dan melontarkan nama aktris Neve Campbell di Hollywood. Ceritanya berfokus pada pembunuhan berantai yang dilakukan oleh sosok misterius dengan topeng dan sebilah pisau sebagai senjata.

Film itu mendulang sukses dan dianggap salah satu film thriller terbaik sepanjang masa. Sayangnya, Scream juga menginspirasi kriminal melakukan kejahatan. Beberapa bulan setelah perilisannya, sejumlah kasus pembunuhan dengan pelaku yang mengenakan dandanan ala pembunuh dalam Scream masuk ke daftar polisi.

Setidaknya ada empat pembunuhan yang diklaim terinspirasi oleh Scream. Gina Castillo ditusuk hingga tewas oleh anak dan keponakannya. Ashley Murray (13) ditusuk berkali-kali oleh dua temannya. Alisson Cambier (15) dibunuh oleh seorang pria yang cintanya dia tolak. Dan ada pula seorang remaja Prancis yang membunuh seorang gadis karena ia mengaku terinspirasi oleh film Scream 3.

Silakan Tonton : Film Scream 1, 2, 3 dan 4 Online Streaming Gratis Subtitle Indonesia

Film Matrix

Siapa yang tidak tahu tentang Matrix? Seri film fiksi ilmiah berlatar futuristik yang dibintangi Keanu Reeves dan Carrie-Anne Moss. Film tersebut menceritakan kelompok minoritas, bertarung melawan sistem kompleks yang mengendalikan dunia Matrix.

Sama seperti Scream, tampaknya ada sejumlah orang yang mengkambinghitamkan film ini untuk mencari pembenaran atas pembunuhan yang mereka lakukan. Lee Boyd Malvo membunuh 10 orang di Washington DC. Vadim Mieseges dan Tonda Lynn Ansley membunuh atasan masing-masing. Keduanya berdalih kalau tindakan mereka merupakan wujud dari perlawanan terhadap sistem yang korup.

Silakan tonton : Film Matrix Online Streaming Subtitle Indonesia

Film Clockwork Orange (1971)

Film dengan setting distopia di mana masyarakat hidup dalam kriminalitas ini ditarik dari pasaran oleh sutradaranya sendiri, Stanley Kubrick karena begitu banyaknya kejahatan yang mencoba menirukan adegan dalam film ini.

Sejumlah pembunuhan dan tindak pemerkosaan oleh para pemuda yang mengaku sebagai penggemar film ini masuk dalam daftar kejahatan kepolisian Inggris.

Silakan tonton : Film A Clockwork Orange Streaming Gratis subtitle Indonesia

Film Natural Born Killers

Natural Born Killers adalah film tentang pasangan muda dengan masa kecil traumatis, Bonnie and Clyde yang menjadi pembunuh berantai.

Terlalu banyak tindak kejahatan yang diduga terinspirasi oleh film ini. Salah satunya adalah peristiwa pembantaian massal di Heath High School dan Columbine High School yang menewaskan 13 pelajar. (Baca juga: Daftar Film Horor Terbaru 2015 yang Paling di Nanti)

Pembaca, itulah daftar film terkenal yang memicu/memakan korban jiwa bagi penontonnya, yang tentunya mereka salah mengambil hikmah dari film tersebut. Tidak hanya film-film diatas saja yang dapat memicu kejahatan.

loading...

Bacaan Terkait: