Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Daftar Film tentang Kisah Nyata yang Ternyata Bohong

Kategori Dunia: Film
[neuvoo_jobroll co=id lo=Jakarta kw=Marketing size=20]

Daftar Film tentang Kisah Nyata yang Ternyata Bohong. Label ‘film kisah nyata’ seringkali membuat banyak orang kepincut untuk menonton sebuah film. Apalagi jika film-film tersebut bercerita tentang perjuangan seseorang yang mengharukan dan penuh inspirasi. Namun, apakah benar film-film itu dibuat dengan fakta-fakta sesungguhnya? Jarang sekali ada yang menanyakan hal ini.

Sayangnya, tak semua film dengan label ‘kisah nyata’ benar-benar dibuat berdasarkan cerita asli yang dialami tokoh utama di dunia nyata. Beberapa film mengangkat tokoh atau kejadian asli, namun tetap saja menambahkan sentuhan ‘magis’ fiksi di sana-sini agar film terlihat lebih ciamik dan memukau penonton.

Berikut adalah beberapa film yang diklaim berdasarkan kisah nyata, namun sebenarnya juga memiliki setumpuk kebohongan di dalamnya.

[neuvoo_jobroll]

Film Kisah Nyata : A Beautiful Mind (2001)

Film A Beautiful Mind mengisahkan tentang John Forbes Nash, seorang jenius yang menghabiskan waktunya untuk pemerintah dan memiliki kelainan halusinasi yang membuatnya kesulitan menjalani kehidupan sehari-hari. Perjuangan yang harus dilakukan Nash karena pikirannya yang ‘indah’ serta keluarganya berhasil memukau penonton dan membuat mereka hanyut di dalamnya.

Namun yang sebenarnya ada banyak perbedaan antara kehidupan Nash yang asli dengan yang ada dalam film. Nash sebenarnya tidak mengalami halusinasi. Dia memang terkadang mendengar suara-suara aneh, namun tidak sampai berhalusinasi seperti yang ada dalam film. Selain itu, kesetiaan istri Nash dalam film juga tak sama dengan istri Nash di dunia nyata. Pasangan ini bercerai pada tahun 1963, hal yang tak disebut dalam film.
(Silakan Tonton : Film A Beautiful Mind (2001) Online Streaming Subtitle Indonesia)

Film Kisah Nyata : Braveheart (1995)

Meski diklaim berdasarkan kisah nyata, faktanya film ini menggunakan banyak ‘inovasi kreatif’ hingga level ekstrem. Ada banyak detail yang keliru dalam film ini dan tidak sesuai dengan cerita aslinya. Pertama, Primae Noctis sebenarnya tidak benar-benar ada di dunia nyata, dan pemakaian kilts belum ada hingga abad ke-13.

Selain itu, Isabelle of France sebenarnya tak pernah bertemu dengan William Wallace seperti yang terjadi dalam film. Meski penulis skenario Braveheart, Randall Wallace, mengaku menambahkan banyak hal agar film ini lebih menghibur, tampaknya dia justru membuat sendiri cerita yang sama sekali berbeda dengan cerita aslinya.
(Silakan Tonton : Film Braveheart (1995) Online Streaming Subtitle Indonesia)

Film Kisah Nyata : The Perfect Storm (2000)

Film ini berkisah tentang kelompok Andrea Gail yang harus berjuang menghadapi hujan badai. Film ini menggunakan nama-nama orang yang memang ada di dunia nyata, seperti Andrea Gail. Fakta bahwa Andrea Gail memang melaut dan tak pernah kembali memang benar, namun selain itu semuanya hanya fiksi.

Faktanya, film ini sebenarnya adalah kombinasi dari berbagai cerita berbeda yang ada dalam buku true Stories oleh Sebastion Junger. Semua yang terjadi pada para nelayan dalam film ini terjadi pada orang yang berbeda-beda. Dan seluruh kru Andrea Gail pada kapalnya hanyalah fiksi belaka.
(Silakan Tonton : Film The Perfect Storm (2000) Streaming Online Subtitle Indonesia)

Film Kisah Nyata : The Hurricane (1999)

The Hurricane adalah film yang menceritakan tentang Rubin Carter, seorang petinju yang dituduh melakukan pembunuhan tiga kali karena sistem yang rasis. Carter tetap dipenjara hingga 20 tahun kemudian, bukti kunci bahwa dia tak bersalah berhasil ditemukan dan dia pun dibebaskan.

Kenyataan yang sebenarnya, Carter tak benar-benar bersih dari tindakan kriminal seperti dalam film. Saat usia 14 tahun, Carter sudah ditanggap karena melakukan perampokan menggunakan senjata api. Fakta bahwa Carter tidak melakukan pembunuhan juga masih belum diketahui dengan jelas. Ini karena ada banyak bukti yang memberatkan Carter dan tak ada bukti bahwa Carter tidak bersalah dalam hal ini.
(Silakan Tonton : Film Streaming Online Subtitle Indonesia)

Film Kisah Nyata : Flight (2012)

Flight menceritakan Whip Whittaker, seorang pilot yang menerbangkan pesawat dan kemudian mengalami kecelakaan. Film ini diklaim berdasarkan kejadian nyata yang dialami Alaska Airlines Flight 261 pada tahun 2000. Meski begitu ada banyak perbedaan di antara kedua kisah tersebut, selain fakta bahwa kedua pesawat memang mengalami kecelakaan.

Pertama, tokoh Whittaker yang diperankan Denzel Washington sama sekali tak nyata dan hanya fiksi saja. Pada film ini, pilot mencoba menerbangkan pesawat untuk menyeimbangkannya. Meski tak sepenuhnya berhasil, namun hanya enam orang yang meninggal. Sementara pada faktanya, pilot gagal menyeimbangkan pesawat dan semua penumpang meninggal.
(Silakan Tonton : Film Online Streaming Subtitle Indonesia)

Film Kisah Nyata : The Strangers (2009)

Klaim bahwa film ini terinspirasi oleh kisah nyata tampaknya sangat berlebihan. The Stranger mengisahkan tentang pasangan muda yang diteror oleh sekelompok orang asing. Meski film ini diklaim berdasarkan kisah nyata, pada faktanya kejadian dalam film ini tak pernah terjadi, sama sekali.

Film ini terinspirasi oleh pengalaman sutradara pada masa kecilnya. Pada sebuah malam, ketika kedua orang tuanya tak ada, seseorang mengetuk di depan pintu rumahnya. Ketika pintu dibuka oleh saudarinya, orang tersebut mencari penduduk yang tidak tinggal di sana. Selanjutnya, penulis menyadari bahwa itu adalah cara yang digunakan oleh sekawanan perampok untuk mengetahui di mana rumah yang kosong untuk dirampok. Itu saja. Kisahnya sangat jauh berbeda dengan film ini.
(Silakan Tonton : Film Online Streaming Subtitle Indonesia)

Film Kisah Nyata : The Pursuit of Happyness (2006)

Siapa yang tak akan terharu melihat perjuangan Will Gardener dalam film Pursuit of Happyness? Lakon yang dibawakan Will Smith ini sukses membuat penonton terinspirasi dengan keteguhannya ketika bertahan di masa sulit bersama anaknya. Meski diklaim merupakan kisah nyata dari Will Gardener, sesungguhnya ada banyak sisi gelap yang tak diungkap dalam film ini.

Di dunia nyata, Will Gardener bukanlah pria yang baik. Dia tidak peduli pada keberadaan anaknya ketika sedang mencari kerja. Dia juga tak mempedulikan keadaan anaknya seperti yang ditunjukkan oleh Will Gardener dalam film. Selain itu, anak lelakinya sebenarnya tidak dilahirkan oleh istrinya melainkan oleh wanita simpanannya. Yang lebih buruk lagi, Gardener adalah pria yang suka melakukan kekerasan pada istrinya.
(Silakan Tonton : Film Online Streaming Subtitle Indonesia)

Pembaca, itulah beberapa film yang diklaim berdasarkan kisah nyata namun ternyata penuh dengan kebohongan dan kesalahan dalam detail-detail di dalamnya, seperti dilansir dari laman Merdeka. Lain kali jika melihat film berlabel ‘kisah nyata’, pertanyakan lagi seberapa banyak dosis fakta dan fiksi yang ada di dalamnya.

loading...

Bacaan Terkait: