Daftar Obyek Wisata Daerah Bogor Jawa Barat  | Dunia Baca dot Com

You are here:

Daftar Obyek Wisata Daerah Bogor Jawa Barat

Capai Sukses

Tempat Wisata di Bogor – Bogor memiliki banyak objek wisata yang tidak kalah menarik dari obyek-obyek wisata yang ada di kota besar indonesia. Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan bersama sanak family dan teman-teman, cobalah kunjungi beberapa tempat wisata di bogor. Sebenarnya banyak sekali daftar obyek wisata daerah bogor, mulai dari wisata alam, wisata sejarah dan laian sebagainya. Dan duniabaca.com tidak dapat memberikan daftar lengkap obyek wisata di bogor. Jadi, mohon maklum adanya. Dan mudah-mudahan dari beberapa tempat wisata yang ada di daerah bogor di bawah ini, dapat membantu Anda yang memang sedang mencari informasi obyek wisata tersebut.

Daftar Isi : TEMPAT WISATA ALAM di BOGOR

Obyek Wisata Kebon Raya Bogor

[Kembali ke daftar isi]
Kebun Raya Bogor (KRB) merupakan tempat yang cocok untuk memenuhi kebutuhan pendidikan dan rekreasi sekaligus dalam satu tempat. Di sana juga terdapat perpustakaan, museum hewan, koleksi taman Anggrek, Istana Presiden dan pusat riset dan pengembangan biologi, serta ribuan koleksi spesies tanaman tropis yang dikelompokan sesuai dengan jenisnya, misalnya keluarga palem, bamboo, atau jahe yang jumlahnya sekitar 60 jenis dan juga pohon-pohon tua.

Pesan Sponsor

Bukan cuma tumbuhan besar saja yang ada di KRB, tetapi pepohonan yang kecil dan sedang dengan bunga-bunga indah pun ada. Di sana juga terdapat bunga Arnoldy rafllesia yang kesohor dengan sebutan bunga bangkai, ada juga bunga fragnant frangipani yang akarnya selalu keluar dari tanah serta bunga lily jawa yang sudah langka. Yang tak kalah menarik adalah adanya pohon besar yang sudah tua dijadikan rumah Kelelawar bergelantungan. Kita juga dapat melihat Bajing berloncatan dari satu pohon ke pohon lainnya.

Sementara itu, di sekitar Istana Bogor, pengunjung dapat merasakan keteduhan dari deretan pohon Kenari yang rindang, karena memang tadinya, kebun raya merupakan bagian dari halaman istana. Meski sekarang ke dua tempat tersebut dipisahkan, namun pengunjung masih tetap dapat melihat Istana Bogor.
Di dekat jalan Astrid terdapat pula tanaman warna hitam, merah dan kuning yang sengaja ditanam untuk mengesankan warna bendera Belgia, sebagai penghormatan terhadap Ratu Astrid yang datang untuk meresmikan bagian taman yang tertunda pada tahun 1928.

Kemudian, tak jauh dari danau ada dua patung yang merupakan duplikat dari patung yang ada di Kopenhagen dan Stokholm, yakni Patung Putri Duyung dan Patung Tangan Tuhan, serta monumen Lady Raffles, istri Gubernur Jenderal Sir Stamford Raffles yang bernama asli Olivia Raffles yang dikenal sebagai Ibu Negara Jawa.

Pohon tertua di KRB adalah pohon Leci dari Cina. Ditanam dekat danau KRB pada tahun 1823 dan tetap disana hingga sekarang. Ada juga pohon Raja dari Kalimantan dan disebut seperti itu karena raja di Kalimantan suka mengoleksi tanaman tersebut untuk menarik lebah yang diambil madunya. KRB berjarak lebih kurang 63 km dari Jakarta. Pengunjung dari Jakarta dapat menggunakan bus menuju Terminal Baranangsiang atau kereta ke Stasiun Bogor. Namun bagi Anda yang mengendarai mobil pribadi dapat melalui jalan Tol Jagorawi menuju Kota Bogor, begitu keluar pintu tol Bogor, melewati terminal baranangsiang, lalu ke arah jalan raya Pajajaran.

Obyek Wisata Taman Safari Indonesia

[Kembali ke daftar isi]
Taman Safari Indonesia (TSI) belokasi di Desa Cibeureum Kecamatan Cisarua, merupakan wahana rekreasi yang cukup menarik untuk dikunjungi. Banyak obyek menarik yang terdapat di kawasan yang banyak mengkoleksi beragam jenis binatang ini, di antaranya, safari park, taman burung, animal education show, prmates & reptiles, babby zoo, kincir raksasa, gajah dan kuda tunggang, safari trek, caravan & hotel dan wild-wild west.

Untuk wahana yang disebut terakhir ini, merupakan wahana yang menarik untuk di saksikan. Pertunjukannya dilakukan di dalam arena yang disetting ala koboi, dengan atraksi koboi yang memukau. Pertunjukan ini dapat disaksikan secara gratis setiap hari, selama lebih kurang 15 menit. Selain wahana tersebut, ada lagi wahana menarik lainnya, seperti di baby zoo, di wahana ini Anda bisa berfoto bersama dengan harimau putih, macan tutul, orang utan dan lain-lain.

Baru-baru ini TSI meluncurkan wahana dan program baru, yaitu Elephant Adventure. Program tersebut mengajak para pengunjung dengan menunggang di atas punggung gajah mengelilingi kawasan TSI selama hampir satu jam dengan tarif perorang hanya 50 ribu sekali jalan. Setiap ekor gajah didampingi oleh pawangnya dan bisa ditumpangi empat orang dewasa.

Gajah tersebut akan melewati jalan yang berumput, dan melewati arus air sehingga pengunjung benar-benar bisa menikmati panorama alam yang ada di TSI

Obyek Wisata Alam Sentul City

[Kembali ke daftar isi]
Sentul City yang berlokasi di daerah Sentul Bogor ini merupakan sebuah kawasan yang memiliki panorama alam pegunungan dan suasana yang tenang jauh dari kebisingan Kota Jakarta. Untuk menuju ke sana, waktu yang bisa ditempuh lebih kurang satu jam dari Jakarta, melalui jalan Tol Jagorawi, lalu keluar di Pintu Tol Sentul Selatan.

Sentul City selain sebagai kawasan perumahan, juga sebagai tempat berlibur dan berekreasi. Berbagai aktivitas liburan dan rekreasi tersedia lengkap di sana, Anda pun bisa menggelar kegiatan meeting bersama rekan kerja. Beberapa sarana wisata yang tersedia di antaranya:

Taman Budaya
Di tempat ini Anda bisa melakukan ber-bagai aktifitas rekreasi seperti family gathering, kemping, acara ulang, arisan, reuni dan sebagainya. Semuanya bisa Anda lakukan dalam area yang luas dan berlatar belakang panorama pegunungan. Selain rekreasi, Anda juga bisa melaksanakan kegiatan meeting, seminar, workshop atau raker. Tersedia ruangan yang sudah dilengkapi peralatan pendukung dan pendingin ruangan.

Bush Trek
Bush Trek merupakan wahana petualangan yang dilakukan untuk memberikan pengalaman baru dan melatih mental serta kemandirian bagi yang melakukannya. Anda akan berjalan menyusuri semak-semak, hutan, kubangan air dan rintangan-rintangan lainnya. Tidak itu saja, Anda juga dituntut untuk menggunakan intuisi dalam mengikuti games yang sudah dipersiapkan oleh instruktur. Selain diperuntukkan untuk anak-anak diatas 10 tahun, Bush Trek juga bisa diikuti oleh orang dewasa.

Ekowisata
Bagi yang suka traveling, sepatutnya Anda mencoba petualangan seru yang ditawarkan Sentul City ini. Kenapa? karena Ekowisata ini merupakan salah satu program yang dibuat oleh pengelola untuk melatih fisik dan mental serta untuk menambah pengalaman dalam menikmati kekayaan alam. Anda akan berjalan kaki menyusuri perkampungan, sawah, hutan pinus sampai ke air terjun Gunung Pancar yang memiliki panorama menakjubkan. Dalam perjalanan Anda akan menemui berbagai aktivitas penduduk di sekitar perkampungan dan para petani yang sedang bekerja di sawah. Jika mau, Anda pun bisa ikut bergabung sebentar, mengobrol atau ikut merasakan aktivitas mereka. Sungguh pengalaman berharga yang belum tentu Anda dapatkan di tempat lain.

Untuk menuju ke air terjun, Anda akan melewati hamparan sawah dengan melalui jalan setapak yang berkelok-kelok. Setelah berjalan lebih kurang satu jam, Anda pun akan sampai ke air terjun yang airnya begitu jernih. Percikan air yang jatuh seakan mengajak Anda untuk turun menginjakkan kaki di genangan airnya. Wouww…. airnya terasa dingin sekali.

Sentul Wonderland & Alam Fantasia
Program ini dirancang buat anak-anak, gunanya untuk melatih dan mengembangkan keberanian, kecepatan, ketepatan dan ketelitian. Berbagai aktivitas outbound yang bisa mereka lakukan seperti kolam pasir, halang rintang, papan goyang, titian tali, titian awi, menara rafling, rumah rimba, flying fox, rumah panggung, jembatan tali, individual challenge, spider net, ayunan tarzan, papan luncur, jebakan tali, dan bukit trek.

Soal keamanan, Anda tak perlu khawatir, karena instruktur yang dipersiapkan untuk semua aktivitas tersebut sudah terlatih dan berpengalaman. Di tempat ini juga anak-anak bisa bermalam dengan menggunakan tenda di area camping ground sambil menikmati api unggun. Selain Sentul Wonderland, ada lagi wahana wisata untuk anak-anak, yaitu Alam Fantasia. Merupakan sarana rekreasi dengan aneka permainan menarik dan menghibur, seperti bumper car, gokart, slip car, airplane, ferris wheel, aladdin, convoy car, sky cycle, battery car, fancy train, dan trampolin. Di wahana wisata ini anak-anak bebas bermain sesuai dengan keinginannya, atau Anda juga bisa menggelar acara gathering, pentas seni atau ulang tahun di panggung fantasi yang sudah dipersiapkan.

Guest House
Rekreasi Anda terasa belum lengkap jika tidak menginap di Sentul City. Setelah puas seharian berekreasi bersama keluarga, Anda bisa beristirahat sambil bermalam di guest house yang disediakan oleh pengelola. Berbagai pilihan tipe guest house bisa Anda pilih, mulai dari 2 kamar sampai 5 kamar. Tarif sewa yang dipatok pun cukup terjangkau, untuk 2 kamar hanya Rp 250.000 per malam dan untuk 5 kamar tarifnya Rp 750.000 per malam (weekday). Fasilitas yang tersedia dalam guest house di antaranya ruang keluarga, ruang makan, ruang tidur full AC, dan dapur dengan peralatan memasak.

Bagaimana, cukup lengkap bukan? di Sentul City semua aktivitas liburan Anda cukup dilakukan dalam satu tempat, mulai dari wisata petualangan, rekreasi sambil bermain sampai penginapan. Di samping itu masih ada lagi fasilitas pendukung lainnya, seperti kolam renang, restoran, mini parket dan pasar buah. Anda tertarik? makanya, jangan pikir panjang lagi, segera jadwalkan liburan Anda ke Sentul City, agar liburan Anda terasa lebih berkesan.

Obyek Wisata Taman Wisata Matahari Bogor

[Kembali ke daftar isi]
Taman Wisata Matahari berlokasi di Jalan Raya Puncak Bogor, kita dapat masuk ke Taman Wisata Matahari melalui dua jalan alternatif, yaitu melalui jalan masuk menuju kawasan wisata Curug Cilember dan melalui samping Rumah Makan Jago Rasa yang berada di sebelah kiri dari arah Ciawi menuju Puncak. Tempat wisata Matahari dengan luas sekitar 30 hektar menawarkan suasana wisata pegunungan yang meyegarkan dengan menyediakan fasilitas wisata untuk keluarga yang dapat dikatakan lengkap, mulai dari Villa, Kolam Renang, Wisata Air, ATV, Flying Fox, Taman Bermain Anak-Anak, dsb.

Taman Wisata Matahari menyediakan fasilitas wisata mulai dari; Villa, Kolam Renang, Wisata Air, Paddle Boat, Mini Boat, Bumper Boat, Mobil dan Motor Safari, ATV Off Road, Arena Bermain anak, komidi putar, Wisata Sungai, Paket Outbond, Flying Fox dan Belanja di Super Bazzar.

Semua fasilitas ini dapat dinikmati dengan harga yang cukup terjangkau mulai dari Rp. 3000 untuk wisata air sampai dengan Rp. 15.000,- untuk Flying Fox. Beberapa arena wisata yang dapat dikatakan unik dan jarang terdapat di arena wisata lainnya antara lain: Flying Fox, ATV of f road, Becak-becak-an untuk anak-anak (ukuran kecil), Bumper Boat (Semacam Bombom car tapi di air).

Obyek Wisata Air Panas Tirta Sanita, Ciseeng – Bogor

[Kembali ke daftar isi]
Di Tirta Sanita ini kita bisa mandi air panas alami yang mengalir dari Gunung Kapur Ciseeng. Oleh sebab itulah air panas di sini sering disebut Air Panas Ciseeng.

Di sini kita bisa menyegarkan badan dengan mandi air panas belerang. Air panas ini bermanfaat untuk kesehatan, karena berguna untuk pengobatan berbagai macam penyakit, seperti penyakit kulit, tulang dan lain sebagainya. Sumber air panas Tirta Sanita ini telah diuji oleh TEMAC Thai Engineering Materials Analysis C. Ltd, yang menyatakan bahwa air panas tersebut bermanfaat untuk kesehatan manusia, terutama untuk pengobatan berbagai macam penyakit kulit.

Yang serunya, kita bisa mandi air panas di kamar mandi tersendiri, kalau kita malu mandi beramai-ramai di kolam. Kamar mandi ini bisa disewa dengan harga Rp 6.000 per orang (untuk kamar standar berukuran 2 x 2 meter) dan Rp 10.000 per orang (untuk kamar VIP dengan ukuran 4 x 4 meter).

Selain mandi air panas, di tempat ini kita juga bisa menikmati pemandangan yang indah, karena disekitarnya terhampar panorama gunung dengan udaranya yang segar. Para pengunjung dapat naik ke atas pegunungan utnuk melihat pemandangan alam sekitarnya. Dan dari arah kejauhan pegunungan terlihat seperti salju, daerah sekitar tersebut juga dapat dimanfaatkan sebagai daerah perkemahan.

Untuk Anda yang ingin bermalam, Tirta Sanita menyediakan pesanggrahan untuk bermalam, atau jika Anda ingin beristirahat tanpa menginap tersedia juga pesanggrahan yang bisa disewa dengan tarif berkisar antara Rp 95.000 – Rp 115.000 per 6 jam. Sedangkan untuk menginap tarifnya mulai dari Rp 125.000 – Rp 165.000,-

Sekitar bulan Agustus 2007 akan dibuka program OUTBOUND (Permainan Alam). Program tersebut diperuntukkan bagi semua kalangan mulai dari anak-anak dan orang dewasa, baik perorangan, rombongan siswa sekolah sampai pada karyawan suatu perusahaan. Program training yang dipandu oleh psikolog/team terlatih sangan diminati banyak perusahaan untuk memfokuskan karyawannya pada pengembangan karakter dan kepribadian dalam bingkai visi dan misi perusahaan/institusi sehingga akan terpatri rasa loyalitas, kerjasama. motivasi untuk berprestasi yang pada akhirnya akan terbentuk “the winning team” yang solid dan tangguh.

Jadi selain berwisata yang menyenangkan, mandi yang bermanfaat pengobatan serta permainan alam bisa Anda peroleh di sini. Bukan cuma itu, jika Anda datang pada hari libur, Taman Tirta Sanita menggelar panggung hiburan dengan menampilkan artis dangdut. Nah, tunggu apa lagi? Anda bisa bergembira bersama keluarga sambil menikmati goyang dangdut.

Akses menuju Tirta Sanita
Dari arah Bogor – Jampang – perempatan Ciseeng lalu ambil jalan lurus ke arah Gunung Kapur, tapi jika dari arah Jakarta sebaiknya melalui Tol Pondok Indah-Serpong, melewati Muncul/Puspitek sampai perempatan pasar Prungpung ambil jalan lurus lebih kurang 4 kilometer menuju ke Lokasi yang berada di sebelah kiri jalan. Tapi jika tidak lewat jalan Tol, rutenya Lebak Bulus – Pondok Cabe – Parung – Ciseeng.

Obyek Wisata Alam Curug Cilember, Cisarua – Bogor

[Kembali ke daftar isi]
Curug Cilember berlokasi di daerah Bogor. Tepatnya berada di Desa Jogjogan Keca-matan Cisarua, 20 Km dari Bogor. Bila me-ngendarai mobil dari Jakarta bisa ditempuh dalam waktu 1,5 jam.

Banyak yang belum mengetahui keberadaan dan keindahan dari Curug Cilember ini. Padahal Curug Cilember mempunyai daya tarik tersendiri, dengan kesejukan alamnya yang terasa segar dan alami. Begitu mendekati area wana wisata Curug Cilember, Anda sudah bisa merasakan nuansa kesejukan dan kesegaran, diiringi gemericik air laksana musik nan merdu, ditambah pula dengan panorama alam yang begitu indah.

Keramahan alam, dengan bunga Anggrek yang begitu mempesona baik yang alami maupun hasil silang turut menyambut kedatangan Anda setiba disini. Anda dapat menyaksikan kecantikan 12 spesies satwa kupu-kupu di taman bunga. Satwa ini terpelihara dan terjaga dengan baik.

Disini terdapat pula Laboratorium penangkaran kupu-kupu yang akan melengkapi pengetahuan Anda tentang satwa kupu-kupu dari berbagai jenis. Selain itu, kami menyediakan Camping Ground, untuk Anda yang ingin beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan ke obyek utama Curug Cilember.

Bagi Anda yang ingin bermalam disini, tersedia fasilitas penginapan yang berada diantara pohon-pohon pinus yang rindang. Salah satu obyek yang menarik disini adalah terdapatnya tujuh (7) curug berurutan dengan airnya yang jernih, segar mengalir sampai ke sungai Cilember, Cisarua. Semuanya dapat kita nikmati dengan berjalan mendaki di sela-sela pohon Pinus. Untuk sampai ke Curug yang ke tujuh waktu yang ditempuh lebih kurang 3 jam berjalan kaki.

Bagi Anda yang mempunyai hobi hiking maupun tracking, setelah melewati ke tujuh curug tadi Anda dapat melanjutkan petualangan dengan mendaki hutan pinus. Anda dapat menyaksikan keindahan hutan pinus yang sangat alami. Sungguh pengalaman indah yang tak terlupakan. Ajaklah keluarga Anda untuk menyaksikan keindahan Curug Cilember.

Obyek Wisata WArso Farm / Kebon Durian Warso Bogor

[Kembali ke daftar isi]
Bila Anda pencinta buah durian dan ingin mendapatkan durian yang berkualitas tinggi, datang saja ke kebun durian Warso Farm. Kebun yang mulai dirintis sejak 7 tahun lalu ini mengkoleksi 7 jenis durian, yaitu monthong, petruk, tembaga, sunan, lai, aspar dan simas.

Total pohon yang ditanam sudah mencapai empat ratus pohon dan yang paling banyak dari jenis monthong. Adalah seorang pensiunan anggota Korps Palat TNI AD yang bernama Soewarso Pawaka yang menjadi pemilik kebun durian yang luasnya mencapai 8,5 hektar ini. Selain kebun durian juga terdapat tanaman lain dan persawahan.

Pengunjung dapat menikmati durian yang berkualitas tinggi, juga dapat melihat pohon duriannya langsung, bahkan bisa juga memetiknya, serta melihat pemandangan yang indah disekitar kebun tersebut. Tersedia pula bibit durian berkualitas yang bisa dibeli.

Kebun yang menjadi salah satu tujuan agrowisata di Kabupaten Bogor ini sering dikunjungi oleh wisatawan dari Jakarta, Bandung dan daerah lainnya. Letaknya berada di Desa Cihideung, Keca-matan Cipelang. Untuk menuju ke tempat ini bisa melalui jalan alternatif Bogor-Caringin dan dapat ditempuh dari bogor dalam waktu kurang dari satu jam.

Obyek Wisata Petualangan Gunung Salak Bogor

[Kembali ke daftar isi]
Bagi masyarakat yang hobi dan suka alam bebas, Gunung salak merupakan salah satu tujuan mereka guna memenuhi kepuasan untuk bagaimana caranya menghargai dan mencintai alam. Gunung Salak mempunyai pemandangan dan pesona alam yang masih asri. Bila Anda ingin mencoba wisata petualangan dengan mendaki Gunung Salak, Anda dapat menggunakan beberapa jalur pendakian, salah satunya melalui Jalur Girijaya dan Jalur Kutajaya (Cimelati).

Gunung Salak sejak jaman dahulu sudah sering dikunjungi oleh para pejiarah, karena terdapat patung pemujaan di puncak gunung Salak. Selain itu terdapat juga makam Embah Gunung Salak yang sering dikunjungi para pejiarah. Sedangkan di kaki Gunung Salak banyak terdapat tempat-tempat keramat, salah satunya adalah makam keramat dan ada juga pura dengan sebutan Kuil Prabu Siliwangi.

Pendakian sebaiknya dilakukan pada musim kemarau, karena pada musim penghujan jalur menjadi becek seperti rawa dan licin sekali. Selain itu angin seringkali bertiup kencang. Sebenarnya gunung ini dapat didaki dari beberapa jalur, di antaranya jalur yang umum sering dipakai adalah jalur dari Wana Wisata Cangkuang Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi. Dari Cangkuang ini ada dua jalur yakni jalur lama yang menuju puncak Gunung Salak 1 dan jalur baru yang menuju Kawah Ratu. Jalur yang penuh dengan nuansa mistik untuk berziarah adalah jalur dari Wana Wisata Curug Pilung, Desa Giri Jaya, Kecamatan Cidahu, Desa Kutajaya / Cimelati.

Di sekitar pintu masuk Wana Wisata ini terdapat tempat-tempat yang nyaman untuk berkemah, juga banyak terdapat warung-warung makanan. Untuk menuju ke Kawah Ratu diperlukan waktu sekitar 3-5 jam perjalanan, sedangkan untuk menuju ke puncak Gunung Salak I diperlukan waktu sekitar 8 jam.

Dari bumi perkemahan menuju shelter I, jalur awalnya cukup curam, berupa batu-batuan yang ditata rapi. Kemudian akan memasuki kawasan hutan tropis yang lebat dengan pohon-pohon yang besar, sekitar 1/2 jam kemudian Anda akan melewati jalur yang bervariasi, datar, naik dan turun.

Menuju shelter II, jalur mulai lembab dan basah. Beberapa sungai kecil akan Anda lewati, namun bila musim kemarau sungai ini akan kering. Anda akan menyusuri jalur yang banyak ditumbuhi pohon-pohon pisang, namun jangan berharap menemukan buah pisang yang matang karena daerah ini banyak di huni monyet. Bila hari menjelang sore kita akan menyaksikan monyet-monyet bergelantungan di sarang mereka di sekitar jalur ini.

Di shelter II ini terdapat tempat yang cukup luas untuk mendirikan tenda, dengan pemandangan hutan tropis yang masih lebat, dan di dekat shelter II ini juga terdapat sungai. Menuju shelter III, Anda akan melewati jalan-jalan yang becek dan berlumpur. Bahkan di beberapa tempat, jalur berupa tanah licin yang curam, namun Anda masih agak tertolong adanya akar-akar pohon.

Untuk menuju shelter IV jalur semakin curam terutama di musim hujan licin sekali karena berupa tanah merah. Di beberapa tempat Anda akan melewati tempat-tempat becek yang kadang kedalamannya mencapai dengkul kaki. Anda akan melewati dua buah sungai yang jernih airnya, sebaiknya Anda mengambil air bersih disungai tersebut karena di sanalah sumber air bersih terakhir yang bisa dijumpai.

Shelter IV merupakan persimpangan jalan. Untuk menuju ke Kawah Ratu ambil jalan ke kiri, sedangkan untuk menuju ke puncak Gunung Salak ambil jalur ke kanan. Di shelter IV yang cukup luas ini Anda juga dapat mendirikan tenda.

Bagaimana, cukup seru bukan? nah buat Anda yang hobi wisata petualangan, tidak ada salahnya jika mencoba mendaki Gunung Salak, selain untuk memuaskan hati, Anda juga bisa merasakan keindahan alam yang tak ternilai harganya

Sumber : puncakview.com

Posted by         4 Responses
   

Tidak ingin ketinggalan Informasi?

Setiap ada artikel baru, langsung di informasikan ke emal. Daftarkan E-mail Anda sekarang juga. GRATIS...!!!

*Agar tidak masuk spam, tambahkan e-mail eternyata [et] gmail [dot] com di address book email Anda.

 

4 Comments to “Daftar Obyek Wisata Daerah Bogor Jawa Barat”

  1. Review says:

    Wuihh, banyak banget, ada wisata air panasnya juga toh, baru tau.

  2. Anti Virus says:

    waaaaa……kayaknya asiik juga tempat wisatanya ni, kapan ya bisa berwisata ke situ……. terima kasi atas artikelnya broow….. salam kenal.

  3. moyo rekno says:

    beuh, asyk juga tuh tp praturan untuk biaya camping, dll tu berlaku juga di tahun 2014 apa gak ??
    mkasih

Page 1 of 11
NOTE:
* Komentar yang menyertakan NOMOR HP, akan dihapus oleh Admin.

May
31
2011
 

Kategori Bacaan