Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Definisi Hubungan Internasional Menurut Para Ahli

Kategori Dunia: Contoh Makalah, Pendidikan
[neuvoo_jobroll co=id lo=Jakarta kw=Marketing size=20]

Pengertian Hubungan Internasional menurut Para Ahli. Hubungan internasional merupakan hubungan antarbangsa atau interaksi manusia antarbangsa baik secara individu maupun kelompok, dilakukan baik secara langsung maupun secara tidak langsung dan dapat berupa persahabatan, persengketaan, permusuhan ataupun peperangan.

Selain itu, hubungan internasional juga merupakan hubungan yang dilakukan oleh bangasa-bangsa atau negara-negara, atau merupakan sebuah atau suatu hubungan yang bersifat global yang meliputi semua hubungan yang terjadi yang melewati dan melampaui suatu batas-batas kenegaraan.

Berikut adalah beberapa definisi atau pengertian hubungan internasional menurut para ahli, diantaranya :

[neuvoo_jobroll]
  1. Hubungan Internasional menurut J.C. Johari
    Hubungan internasional merupakan sebuah studi tentang interaksi yang berlansung diantara negara-negara berdaulat disamping itu juga studi tentang pelaku-pelaku non negara (non states actors) yang prilakunya memiliki dampak terhadap tugas-tugas Negara.
  2. Hubungan International menurut Couloumbis dan Wolfe
    Hubungan internasional adalah studi yang sistematis mengenai fenomena-fenomena yang bisa diamati dan mencoba menemukan variabel-variabel dasar untuk menjelaskan prilaku serta mengungkapkan karakteristik-Karakteristik atau tipe-tipe hubungan antar unit-unit social
  3. Hubungan Internasional menurut Mochtar Mas’oed (1990)
    Hubungan internasional merupakan hubungan yang sangat kompleksitas karena didalamnya terdapat atau terlibat bangsa-bangsa yang masing-masing berdaulat sehingga memerlukan mekanisme yang lebih rumit dari pada hubungan antar kelompok.

Lingkup Kajian Hubungan Internasional

Hubungan internasional sangat berkaitan dengan interaksi yang terjadi di antara negara-negara. Kajian dalam studi hubungan internasional yang meliputi segala bentuk hubungan di antara berbagai negara-negara yang ada di dunia dan juga meliputi kajian mengenai lembaga-lembaga internasional seperti misalnya, International Red Cross (IRC), kepariwisataan, transportasi, komunikasi dan sebagainya.

Selain itu hubungan internasional juga mencakup masalah-masalah mengenai perang, konferensi-konferensi internasional, diplomasi, perdagangan internasional, pariwisata internasional, bantuan-bantuan luar negeri, dan semua ini merupakan aspek-aspek yang terdapat dalam kajian hubungan internasional.

Selain negara yang menjadi subjek hubungan internasional ada juga individu maupun kelompok-kelompok tertentu. Oleh karena itu hubungan internasional tidak hanya mencakup hubungan antar bangsa saja tetapi juga hubungan yang terjadi antar individu maupun kelompok di lingkungan internasional.

Hubungan internasional sebagai subjek studi dapat dipecah ke dalam studi-studi khusus seperti, studi politik internasional, hukum internasional, organisasi internasional, ekonomi internasional, pendidikan internasional, psikologi internasional, dan sosiologi hukum internasional.

Aktor dan Sistem Internasional

Secara garis besar, aktor-aktor yang turut berperan dalam hubungan internasional terdiri dari aktor negara, selain itu aktor lainnya adalah aktor non-negara yang terdiri dan termasuk pula di dalamnya societal (masyarakat) dan juga organisasi-organisasi dan badan-badan internasional lainnya.

Meskipun demikian, aktor negara adalah aktor hubungan internasional yang sangat dominan dalam hubungan internasional. Dalam melaksanakan hubungan internasional, aktor-aktor hubungan internasional tersebut memiliki tujuan-tujuan yang ingin mereka realisasikan dan dalam mewujudkannya mereka memerlukan sebuah power atau kekuasaan. Hubungan antara aktor negara dengan power adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan.

Sistem internasional sifatnya lebih kompleks, yang merupakan serangkaian interaksi yang terdiri dari negara-negara. Sebagai sebuah sistem, unsur-unsur dari negara-negara tersebut saling berinteraksi dan berkomunikasi sehingga terbentuk yang disebut dengan sistem internasional.

Di dalam lingkungan internasional terdapat banyak jenis-jenis pelaku seperti negara-negara yang jumlahnya sangat banyak. Oleh karena itu bisa dikatakan bahwa antara aktor-aktor hubungan internasional dengan sistem internasional adalah saling berkaitan baik itu bersifat Intergovermental Organization (IGO’s), NonGovermental Organization (NGO’s) dan aktor-aktor lainnya yang aktif dalam forum ataupun dalam melakukan kegiatan yang bersifat internasional.

Aktor-aktor yang termasuk dalam IGO’s antara lain seperti, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), North Atlantic Treaty Organization (NATO), dan sebagainya. Sedangkan yang termasuk kedalam NGO’s anatara lain adalah seperti, International Red Cross (IRC), Amnesty International

Selain aktor negara, terdapat juga aktor-aktor non- negara yang memiliki peranan penting dalam era globalisasi. Aktor-aktor non negara ini secara garis besar terdiri dari aktor individu dan aktor organisasional. Aktor aktor tersebut diantaranya :

  1. Individu.
  2. Multinational Corporation/ TNC (Transnational Corporations)
  3. Non Governmental Organization
  4. International Governmental Organization
  5. Ethno-Nationalist group. contoh : ANC di afrika, vietcong di Vietnam, RMS di Indonesia.
  6. Religious Movement
  7. Gerakan Terorisme

Pembaca, itulah pengertian hubungan internasional menurut para ahli yang dapat Dunia Baca dot Com share, sebagaimana dilansir dari laman Tugas Kuliah dan Sekolah. Dan dari beberapa pengertian tersebut dan juga mempelajari lingkup kajiannya serta aktor dan sistem internasional, maka dapat disimpulan bahwa :

Hubungan Internasional adalah ilmu yang mempelajari fenomena-fenomena internasional. Hubungan Internasional juga mempelajari mengenai perilaku aktor Negara maupun non Negara yang melintasi batas territorial sebuah Negara yang berperan dalam melakukan berbagai bentuk kedaulatan dan penggunaan kekuasaan guna untuk meraih kepentingan nasional negaranya, dan juga berupaya untuk mempertahankan perannya sebagai aktor utama dalam menjalankan sistem internasional.

Kemudian kajian studi hubungan Internasional sangat luas bukan hanya membahas mengenai politik saja namun juga membahas mengenai fenomena ekonomi, hukum sosial dan budaya. Dengan kata lain ilmu hubungan internasional merupakan ilmu sosial yang mempunyai cakupan yang sangat luas.

Semoga dari semua uraian tersebut diatas, kiranya para pembaca lebih tahu banyak tentang definisi hubungan internasional serta kajiannya. DEfinisi ini juga dapat Anda jadikan sebuah referensi tugas sekolah atau kuliah, seperti contoh makalah tentang hubungan internasional. Semoga bermanfaat.

loading...

Bacaan Terkait: