Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Desain Rumah Minimalis Type 70

Kategori Dunia: Dunia Rumah Minimalist

Powered by: id.neuvoo.com

Desain Rumah Minimalis Type 70. Dewasa ini, rumah type 70 kian banyak di minati oleh kalangan menengah ke atas terutama kalangan pasangan muda yang baru menikah. Dengan kenyamanan dan keleluasaan desain yang elegan, minimalis dan modern menjadi daya tarik tersendiri bagi Anda yang sedang mencari hunian rumah baru.

Selain itu, rumah minimalis type 70 yang mayoritas hadir dengan gaya minimalis tropis ini harganya sangat terjangkau untuk kalangan menengah.

Biasanya, rumah type 70 di dalamnya terdapat dua kamar tidur yang dilengkapi kebutuhan ventilasi cukup baik, ruang tamu, dan ruang keluarga yang terhubung langsung.

Kelebihan rumah tipe 70 adalah plafon yang dibuat tinggi serta adanya bukaan depan di depan bangunan sehingga cahaya dari luar dapat masuk dengan leluasa ke bagian dalam area ruang tamu dan ruang keluarga.

“Rumah tipe 70 biasanya memiliki luas lahan sekitar 9×14 meter persegi. Untuk daerah perkotaan, hunian tipe ini sudah dirasa ideal.Kalaupun bangunannya di atas lahan yang tidak terlalu luas, bisa disiasati dengan penataan plafon, warna, dan furnitur,” kata arsitek Rizky Artando. Biasanya bangunan asli rumah tipe 70 dibuat dua jalur,yang artinya terdapat pintu yang langsung mengarah pada bagian ruang servis atau dapur.

“Kebanyakan pengembang membuat model rumah tipe 70 selalu dengan dua akses. Kelebihan dari adanya dua akses ini terkadang bisa memberikan kemudahan bagi penghuni rumah, tapi kekurangannya menjadikan area dalam rumah terlihat sempit,” kata Rizky. Rizky menyarankan, area pintu samping yang biasanya selalu terhubung langsung dengan bagian garasi, ada baiknya menggunakan pintu yang di atasnya diberi kaca.

Dengan adanya aksen kaca di atas pintu,area dapur jadi tidak terlihat sempit. Malah area tersebut bakal mendapatkan penerangan yang cukup. Pada rumah tipe 70, lebih baik kamar mandi tidak Anda buat mengapit dengan kamar sehingga cahaya dan udara dari luar bisa bebas keluarmasuk. Ini lebih baik dari segi tata letak dan untuk kesehatan penghuninya.

“Umumnya rumah tipe ini lebih pas jika dibuat dengan gaya minimalis tropis. Untuk membuatnya bisa dimulai dari permainan garis horizontal maupun vertikal atau permainan bidang yang simpel tanpa banyak ornamen. Sementara untuk warnanya, boleh menggunakan warna yang segar, seperti kuning doff dipadukan dengan warna cokelat yang sinkron serta batubatu alam,” ujar Rizky.

Penggunaan batu alam untuk bagian depan dapat memberikan kesan segar di rumah minimalis tropis dengan tipe 70.Permainan corak dan warna alami dari batu tidak akan membuat tampilannya kusam dan sangat cocok dipakai untuk dekorasi rumah pribadi Anda.

Bila Anda ingin mendekorasi bagian fasadnya, lebih baik tetap mengacu pada desain minimalis dan tropis, yaitu dengan memberikan sosoran atap yang dapat ditaruh pada tiap sisi depan. Lalu, Anda juga bisa memainkan plafon dan atap rumah untuk memperoleh penghawaan yang lebih.

“Aksentuasi bisa diberikan melalui penggunaan material beton untuk penyangga kanopi pada teras.Sementara pewarnaan dan material pelengkap yang lain dapat divariasikan sesuai keinginan,tapi tetap harus memiliki satu kesatuan,” ujar Rizky.

Di rumah bertipe sedang ini, ada baiknya Anda mengurangi permainan sekat di dalam ruangan. Pasalnya, sekat yang membentang di antara ruangan bisa menjadikan bagian dalam rumah terasa tidak lapang. Untuk itu, Anda bisa mengurangi penggunaannya. Misalkan dengan menghilangkan sekat antara ruang makan dan dapur.

Pengaplikasian furnitur juga harus Anda cermati dengan baik. Memilih dekorasi seperti kursi, meja, ataupun rak harus disesuaikan dengan tipe rumahnya.Untuk rumah tipe 70, ada baiknya Anda memilih furnitur yang simpel dan dengan ukuran kecil.

loading...

Bacaan Terkait: