Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Desain Rumah Mungil Type 45 Minimalis Modern

Kategori Dunia: Dunia Rumah Minimalist

Desain Rumah Type 45 Minimalis Modern. Rumah tipe 45 masih tergolong kategori rumah mungil seperti halnya rumah type 21 dan rumah type 36. Namun, rumah type 45 tentunya lebih luas jika dibandingkan dengan type rumah dibawahnya.

Secara umum, rumah type 45 terdiri dari 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, ruang tamu dan biasanya terdapat dapur didalam bangunan rumah mungil type 45 tersebut.

Seiring berjalannya waktu, rumah type 45 yang umumnya dibeli oleh pasangan muda ini kerap akan lebih sempit, ini dikarenakan semakin bertambahnya anggota keluarga, sehingga sangat memungkinkan kebutuhan ruang pun menjadi bertambah.

Jika sudah demikian, langkah yang sangat bijak dan harus dilakukan yaitu merencanakan Desain renovasi dan pengembangan rumah type 45 berdasarkan kebutuhan keluarga Anda.

Sebagai bahan referensi, berikut Dunia Baca dot Com berikan gambaran renovasi dan pengembangan desain rumah minimalis type 45 yang akan dijadikan rumah 2 1/2 lantai, dimana disini kami asumsikan anggota keluarga terdiri dari sepasang suami sitri yang memiliki 2 anak yang beranjak dewasa serta anggota keluarga yang tinggal bersamanya.

Desain Renovasi dan Pengembangan Rumah Type 45 (2 Lantai 1/2)

Lantai 1
Pengembangan rumah type 45 dilantai 1 ini hanya terdapat 1 buah kamar tidur sebagai kamar tidur utama (master bedroom) untuk suami sitri (ibu dan ayah). Kamar tidur utama ini berada dibagian rumah dan dilengkapi dengan kamar mandi didalam dan sebuah lemari tanam (wardrobe) disamping kamar mandi. Dan beriku adalah denah atau Layout untuk lantai 1

Dibagian tengah rumah terdapat sebuah taman (courtyard) berukuran 1,5 m x 2,5 m. Tidak terlalu besar, tapi cukup untuk meningkatkan rasa nyaman bagi anggota keluarga yang sedang bersantai diruang keluarga.

Adapun untuk ruang keluarga dan ruang makan dibuat menyatu tanpa sekat, dan diletakkan dibagian tengah rumah berhadapan dengan taman mungil (courtyard).

Sedangkan untuk ruang dapur diletakkan dibagian belakang sebelah kanan dari rumah. Seperti kebanyakan rencana pengembangan rumah diatas lahan berukuran mungil, maka untuk mendapatkan kesan lapang usahakan untuk meminimalkan adanya sekat diantara ruang-ruang.

Sebuah ruang tangga sebagai akses untuk menuju lantai 2 ditempatkan disebelah kiri bangunan rumah. Untuk memanfaatkan ruang semaksimal dan seefisien mungkin, maka kamar mandi/toilet berukuran mungil 2,0 m x 1,5 m diletakkan dibawah ruang tangga.

Lantai 2
Dilantai 2 ini terdapat tiga buah kamar tidur. 1 buah kamar tidur dibagian belakang dilengkapi dengan kamar mandi didalam.

Dibagian tengah ruangan terdapat sebuah voide. Voide ini mengarah ke courtyard dilantai 1. Dengan voide ini diharapkan sirkulasi udara dilantai 1 dan 2 akan terjaga baik. Disekitar voide diletakkan pantry mungil, cukup berguna jika living area dilantai 2 dimanfaatkan sebagai study room atau ruang belajar anak-anak.

Jika mereka ingin belajar sambil menikmati makanan ringan dan minuman, maka pantry mungil tersebut siap melayani mereka.

Anda juga bisa merencanakan adanya free space yang bisa dimanfaatkan sebagai living room dilantai 2 atau bisa juga dimanfaatkan sebagai tempat bersantai, atau dimanfaatkan sebagai ruang belajar atau computer station bagi anak-anak.

Pada bagian depan ruangan, terdapat 2 (dua) buah kamar tidur . Bisa dimanfaatkan oleh anak-anak dan keluarga yang kebetulan tinggal bersama.

Lantai 2 1/2 (Upper Floor)
Upper Floor atau lantai paling atas (Lantai 2 1/2) ini untuk area cuci dan jemuran. Pada upper floor ini juga banyak area bebas (free space) yang bisa dimanfaatkan untuk taman atap (roof garden), pergola atau mungkin gazebo.

Bayangkan meja, kursi dan payungan yang terbuat dari kayu, pergola kayu yang dilengkapi tanaman hias dan digantung ditiang-tiangnya sungguh menjadi tempat ideal untuk bersantai pada sore sampai dengan malam hari. Pada area roof garden ini juga bisa ditambahkan water pond atau air terjun/air mancur buatan (artificial water fountain) untuk menambah kesan indah dan artistik pada rumah.

Itulah gambaran renovasi dan pengembangan rumah type 45 minimalis modern, dimana desain rumah minimalis type 45 diatas merupakan rumah idaman Ibu Putri seperti yang dipaparkan pada laman architectaria. Semoga dapat menjadi referensi untuk kita dalam menciptakan Desain Rumah Minimalis

loading...

Bacaan Terkait: