Download Makalah Tentang Zakat | Dunia Baca dot Com

You are here:

Download Makalah Tentang Zakat

Capai Sukses

Makalah Zakat free download. Kewajiban zakat atas muslim adalah di antara kebaikan islam yang menonjol dan perhatianya terhadap urusan para pemeluknya, hal itu karena begitu banyak manfaat zakat dan betapa besar kebutuhan orang-orang fakir kepada zakat.

Diantara faedah-faedah zakat adalah: Mengokohkan ikatan-ikatan cinta antara kaya dan miskin, karena jiwa sesungguhnya diciptakan dengan kecenderungan mencintai orang yang berbuat baik kepadanya.

Dan diantara faedah-faedahnya adalah: Mensucikan jiwa dan menjauhkanya dari sifat kikir, sebagaimana yang ditunjukan al-qur’an:

Pesan Sponsor

” Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka” (QS: At-Taubah: 103).

Dan ancaman berat terhadap orang yang kikir, lalai dan tidak mengeluarkan zakat, Allah SWT berfirman:

” Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih, pada hari dipanaskan emas perak itu dalam neraka jahannam, lalu dibakar dengannya dahi mereka, lambung dan punggung mereka (lalu dikatakan) kepada mereka: Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah sekarang (akibat dari) apa yang kamu simpan itu.” (QS: At- Taubah: 34,35).

Setiap harta yang tidak dikeluarkan zakatnya maka ia adalah harta simpanan yang pemiliknya akan diazab pada hari kiamat, sebagaimana yang ditunjukan hadits sohih dari Nabi saw, bahwasanya ia bersabda:

” Tidaklah pemilik emas atau perak yang tidak menunaikan zakatnya, kecuali di hari kiamat akan di bentangkan baginya lempengan logam dari api, lalu dibakar denganya dahi, lambaung dan punggungnya, setiap kali lempengan itu dingin dipanaskan lagi pada hari yang hitunganya lima puluh ribu tahun, hingga Dia memutuskan perkara hamaba-hambanya, maka ia melihat jalanya, apakah ke surga atau ke neraka.

Zakat wajib pada empat harta: Hasil bumi berupa buah-buahan dan bijibijian, hewan ternak, emas dan perak dan harta perniagaan.

Setiap jenis harta tersebut memilki nisob tertentu yang tidak wajib zakat jika kurang darinya.

Nisob biji-bijian dan buah-buahan adalah: lima wasaq, satu wasaq sama dengan: enam puluh sho’, berdasarkan ukuran sho’ Nabi saw, maka jumlah nisob berdasarkan ukuran sho’ Nabi saw untuk kurma, anggur kering, biji gandum, beras dan jewawut dan yang sejenisnya adalah: Tiga ratus sho’ berdasarkan ukuran sho’ Nabi saw, yaitu: empat cedokan menggunakan sepenuh kedua tangan orang laki-laki sedang.

Dan kadar yang wajib dikeluarkan adalah: sepersepuluh jika pohon kurma dan tanamannya disiram dengan tanpa biaya, seperti dengan hujan, sungai, mata air, dsb. Adapun jika pengairanya membutuhkan biaya, seperti kincir dan mesin pengangkat air dsb, maka kadar yang wajib dikeluarkan adalah seperdua puluh.

Download Now : Makalah Zakat Lengkap

Posted by         0 Responses
   

Tidak ingin ketinggalan Informasi?

Setiap ada artikel baru, langsung di informasikan ke emal. Daftarkan E-mail Anda sekarang juga. GRATIS...!!!

*Agar tidak masuk spam, tambahkan e-mail eternyata [et] gmail [dot] com di address book email Anda.

 

No Comment to “Download Makalah Tentang Zakat”

  1. No Comment yet. Be the first to comment...
NOTE:
* Komentar yang menyertakan NOMOR HP, akan dihapus oleh Admin.

Jul
25
2011
 
Kategori Bacaan