loading...
loading...
Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Earth Hour 2011

Kategori Dunia: Dunia Tekno
Loading...

Earth Hour adalah sebuah kegiatan global yang diadakan oleh WWF (World Wide Fund for Nature, juga dikenal sebagai World Wildlife Fund) dan diadakan pada Sabtu terakhir bulan Maret setiap tahunnya yang meminta rumah-rumah dan perkantoran untuk memadamkan lampu dan peralatan listrik yang tidak perlu selama satu jam untuk meningkatkan kesadaran atas perlunya tindakan terhadap perubahan iklim. Earth Hour dicetuskan oleh WWF dan The Sydney Morning Herald tahun 2007 ketika 2,2 juta penduduk Sydney berpartisipasi dengan memadamkan semua lampu yang tidak perlu. Setelah Sydney, banyak kota-kota lain di seluruh dunia ikut berpartisipasi pada tahun 2008. Earth Hour 2011 akan dilaksanakan hari ini 26 Maret 2011 pukul 20.30 sampai 21.30 waktu setempat.

WWF bekerja sama dengan Pemda DKI Jakarta mengadakan Ceremony penghematan energi atau save energy yang di adakan di Balai Kota Jakarta, bertemakan “Setelah 1 Jam, Jadikan Gaya Hidup dan 60+ Earth Hour Indonesia”. “Ya, ini hanya Ceremony saja, penghematan energi atau save energi di beberapa titik Jakarta,” ujar Media Relations Divisi Marketing & Communication WWF Shintya Kurniawan di Jakarta, Sabtu (26/3/2011).

Untuk wilayah Monumen Nasional (Monas), pihak WWF dan Pemprov sudah mensosialisasikan terkait pemadaman listrik 1 jam terhitung dari pukul 20.30 WIB s/d pukul 21.30 WIB. “Kami dan Pemda sudah mengkonfirmasi sebelumnya tentang ini ke beberapa lokasi, karena sangat berharga mematikan listrik dalam 1 jam untuk Earth Hour dan kontribusi pada upaya penanggulangan perubahan iklim,” ucap Shintya

Rencana acara EARTH HOUR 60+ akan dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, pejabat setempat dan beberapa publik figur. “Bang Foke yang mimpin langsung acara ini, beberapa pejabat setempat. Bang Foke sebagai Duta Earth Hour Indonesia,” imbuhnya.

Beberapa titik ikon kota yang dimatikan adalah Balai Kota, Monas, Patung Arjuna, Bundaran HI, Patung Pemuda dan Gedung-gedung di Segitiga Emas (Sudirman-Thamrin-Kuningan-Semanggi).Tidak hanya di Jakarta, tetapi di beberapa kota besar di Indonesia seperti Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya juga melakukan hal yang sama.

loading...

Loading...

Bacaan Terkait: