Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Gunung Kelud Meletus “Dahsyat”

Kategori Dunia: Nasional

Powered by: id.neuvoo.com

Gunung Kelud Meletus Dahsyat. Gunung Kelud mulai mengeluarkan letusannya pertamanya sejak ditetapkan menjadi status siaga awal Februari lalu. Kejadian itu mulai menimbulkan kepanikan warga yang tinggal di sekitar lereng gunung.

Seperti dilansir dari laman Merdeka, hujan kerikil mulai terasa di sekitar lereng gunung kelud. Warga yang berada di sekitar lokasi bertambah panik dan memilih bertahan di lokasi-lokasi pengungsian.

“Banyak pengungsi yang berenti di jalan karena hujan pasir begitu banyak,” kata Dandim Kediri, Letkol Inf Heriyadi di Metro TV. Saat ini, sejumlah warga kini sudah berada di lokasi pengungsian. Pengungsi terbanyak berada di salah satu gereja dekat lereng gunung kelud.

Dengan letusan ini, PVMBG Bandung yang berada di Pos Pantau Gunung Kelud Desa Sugihwaras Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri meminta warga dalam radius 10 kilometer untuk menjauh.

Efek letusan gunung kelud ini terasa sampai Kota Malang. Selain terdengar dentuman-dentuman terdengar samar, pemandangan di langit tampak kontras. Letusan gunung kelud juga dirasakan hingga ke kota Solo, Jawa Tengah. Akibat erupsi tersebut, warga kota Solo merasa seperti ada gempa

“Nampak di langit, lingkaran abu-abu di tengah gelapnya langit malam nampak disertai dengan kilatan petir yang terus menyambar,” kata Andi, seorang warga Malang kepada merdeka.com, Kamis (14/2) tengah malam.

Andi menuturkan getaran tak terasa. Namun langit berbeda malam ini. Sejumlah warga Malang sengaja keluar rumah untuk melihat situasi.

“Langit malam ini nggak ada bintang. Hitam pekat dan ada di tengah-tengah garis tipis berbentuk busur dan kembali hitam lagi kemudian baru seluruhnya full abu-abu ke arah Gunung Kelud,” tutur Andi.

Gunung Kelud meletus sekitar pukul 23.00 WIB, Kamis (14/2). Hujan abu turun di Kediri dan sekitarnya.

loading...

Bacaan Terkait: