Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Hasil Pertandingan Brasil VS Chile Babak 16 Besar Piala Dunia 2014

Kategori Dunia: Piala Dunia 2014

Skor Brasil VS Chilli Imbang 1-1 – 16 Besar Piala Dunia 2014. Hasil pertandingan Babak 16 Besar Piala Dunia 2014 antara Brazil vs Chile hingga babak pertama berakhir ada dalam skor 1-1.

Adalah David Luiz dan Alexis Sanchez yang memaksa hasil skor sementara Brazil Vs Chili imbang. Akankah skor Brazil vs Chili ini berubah di babak kedua nanti dan mementukan siapa yang keluar ke perempat final?.

Masih ketatnya hasil pertandingan Brazil vs Chile tidak terlepas dari kejelian taktik dua pelatih. Pasukan Luiz Felipe Scolari memamerkan skema 4-2-3-1 sedangkan La Roja memakai pola 3-5-2. Strategi Brazil terlihat lebih paten, tapi Cile lebih efektif mengamankan hasil Piala Dunia 2014.

Pertarungan terbuka antara kedua tim berlangsung panas sejak awal. Sempat ada polemik di menit 10. Hulk yang melakukan umpan satu-dua dengan Neymar terlihat jatuh di depan Mauricio Isla. Wasit Howard Webb tak mau menggubris aksi diving ini.

Namun serangan bertubi-tubi Selecao akhirnya berbuah gol juga. Sebuah sepak pojok dari sis kanan pertahaan Chile oleh Neymar diteruskan oleh Fred. Lalu David Luiz yang maju tinggal mendorong bola masuk dari jarak yang demikian dekat. Masuk, Brazil memimpin lebih dahulu.

Kecepatan Neymar menjadi sesuatu paling menakutkan bagi Chili sepanjang babak pertama. Tapi Alexis Sanchez malah berhasil menyamakan kedudukan. Mendapatkan bola di sisi kiri kotak penalti lawan, penyerang Barcelona ini mengirim tembakan silang yang tidak bisa dibendung Julio Cesar. 1-1.

Neymar berpeluang membuat Brazil unggul kembali, namun tandukannya mentah oleh bek Cili. Sementara aksi Fred yang sudah sendirian d i depan gawang Claudio Bravo masih saja gagal. Tembakan jarak jauh Dani Alves yang bisa ditepis rekan sesama pemain Barca menutup laga babak pertama yang berakhir 1-1.

Gol: David Luiz ’19/ Alexis Sanchez ’32

Brazil (4-2-3-1): Julio Cesar; Alves, Luiz, Thiago Silva, Marcelo; Luiz Gustavo, Fernandinho; Neymar, Oscar, Hulk; Fred.

Chile (3-5-2): Bravo; Jara, Medel, Silva; Isla, Diaz, Vidal, Aranguiz, Mena; Vargas, Sanchez.

Brazil akhirnya lolos ke perempat final Piala Dunia 2014 setelah menaklukkan Chile dalam drama adu penalti 4-3 (1-1, 3-2). Sebelumnya kedua tim bermain imbang 1-1 sepanjang 120 menit berkat gol David Luiz (’18) dan Alexis Sanchez (’32). Tuan rumah mengulang kejadian empat tahun silam kala menyingkirkan Chile di babak yang sama.

Brazil tampil lebih trengginas di awal babak pertama. Kecepatan para pemain mereka, terutama sang kunci Neymar tak bisa diimbangi oleh Chile. Wajar jika gol seolah tinggal menunggu waktu. Maka 18 menit setelah kick-off, Neymar melepaskan sepak pojok yang diteruskan oleh Thiago Silva ke arah David Luiz. Dari jarak dekat, sang bek tengah membuat timnya memimpin.

Chile tidak terlalu impresif, tapi sangat efektif. Laga berlangsung setengah jam, dari serangan yang lumrah, Eduardo Vargas mengirim umpan kepada Alexis Sanchez. Penyerang Barcelona ini menghukum Julio Cesar dengan tembakan ke sudut jauh yang mutlak. Brazil seperti mendapatkan tekanan besar sejak saat itu.

Kesempatan yang didapatkan pun berhamburan. Neymar harus menyaksikan upayanya dihalau bek lawan. Fred lebih mengerikan dengan tembakan tidak terarah meski gawang sudah kosong. Dani Alves melengkapi derita Selecao di babak pertama dengan tendangan dari luar kotak penalti yang sigap diantisipasi Claudio Bravo.

Brazil sebenarnya berhasil memimpin kembali di menit 54. Ketika itu Hulk mengontrol bola sebelum melepaskan tembakan ke sudut gawang Claudio Bravo dengan cantik. Namun Howard Webb membatalkan gol tersebut karena sang penyerang Brazil dianggap menyentuh bola dengan tangan. Chile selamat dengan perbedaan seujung urat leher.

Namun Chile juga punya peluang. Dari sudut tidak terduga, Charles Aranguiz melepaskan tembakan yang dihalau dengan gemilang oleh Julio Cesar. Selanjutnya, Brazil berusaha untuk terus melakukan dominasi. Serangan mereka juga semakin gencar. Tetapi, Chili berhasil mempertahankan skor berkat Bravo yang menepis tembakan Hulk.

Skor 1-1 yang bertahan hingga 90 menit memaksa laga dilanjutkan dengan babak perpanjangan waktu. Brazil terus berusaha mengirimkan tekanan pada Cili yang dipaksa bermain bertahan. Namun, pada akhirnya adu penalti harus dimulai.

David Luiz sukses sebagai penendang pertama. Namun tidak dengan Mauricio Pinilla. Willian gagal, sedangkan penendang penalti kedua Chili, Alexis Sanchez tak bisa melawan Julio Cesar. Skor masih 1-0 untuk Brazil.

Marcelo berhasil menaklukkan Claudio Bravo sebagai eksekutor ketiga. Charles Aranguiz menjaga momentum. Hulk malah menyaksikan kaki Bravo mementahkan aksinya. Marcelo Diaz menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Neymar sebagai penendang kelima mulus-mulus saja. Dan Chili mesti tumbang setelah tembakan Gonzalo Jara meleset.

Tuan rumah berangkat ke babak berikut, dan kejutan Chile berhenti.

loading...

Bacaan Terkait: