loading...
loading...
Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Heboh…!!! Terompet Tahun Baru dari Sampul Al-Qur’an

Kategori Dunia: Nasional
Loading...

Terompet Tahun Baru dari Al-Qur’an Beredar di Kendal dan Pekalongan. Warga Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, membenarkan penjualan terompet berbahan dasar Alquran di wilayahnya. Menurut warga, terompet tersebut bahkan sudah dijual di salah satu mini market di wilayah Kendal sejak dua minggu lalu.

Arif, warga Kebondalem, Kendal, mengaku sempat mendapati langsung adanya temuan terompet tersebut di sebuah mini market di wilayah Kebondalem, Kota Kendal.

“Iya, saya sempat pegang-pegang terompet di salah satu mini market itu. Tepatnya dua minggu sebelum disita polisi. Waktu itu saya tidak ‘ngeh’ (tak paham) kalau itu dari kertas Alquran,” kata Arif kepada VIVA.co.id, Senin, 28 Desember 2015.

Menurutnya, bentuk fisik terompet tersebut memang terlihat biasa, karena terbungkus plastik hias. Namun masih terngiang betul diingatannya terompet itu berwarna hijau muda samar-samar dengan motif seperti kaligrafi Arab.

“Saya baru sadar kalau itu huruf Alquran. Apalagi itu dijelaskan oleh salah satu kiai pondok di dekat tempat kerja saya yang melaporkan ke polisi,” ujar Arif.

Arif menjelaskan, ihwal terompet berbahan kertas Alquran itu diketahui oleh Kiai Kresno Abrory, seorang Tokoh Nahdlatul Ulama dari Kebondalem, Kota Kendal.

Dalam laporannya, Minggu, 27 Desember 2015, Kiai Kresno menyatakan bahwa Mini Market Alfamart Kebondalem menjual terompet yang terbuat dari sampul Alquran. Sampul itu berwana hijau bertuliskan Kementerian Agama RI tahun 2013 dan kaligrafi Arab bertuliskan lafaz Alquranulkarim.

Kapolres Kendal, Akbp Widi Atmoko, enggan memberi komentar terhadap tindaklanjut kasus tersebut. Saat dikonfirmasi melalui sam bungan telepon, yang bersangkutan masih enggan menjawab.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah, membenarkan adanya kasus itu. Namun, pihaknya mengaku masih akan mendalami dan menangani kasus yang sangat rentan ini secara lebih menyeluruh.

“Sedang kami dalami. Mudah-mudahan cepat selesai,” kata Nur Ali saat dikonfirmasi terpisah.

Tak cuma di Kendal, Terompet Sampul Alquran Ternyata Dijual di Pekalongan

Ratusan terompet yang terbuat dari sampul Alquran berhasil diamankan petugas Satreskrim Polres Pekalongan Kota, Senin (28/12/2015) sore. Sedianya ratusan terompet ini telah beredar di sejumlah minimarket di Pekalongan dan Batang. Namun karena adanya laporan dari berbagai wilayah terkait terompet yang berbahan baku sampul Alquran, petugas Satreskrim Polres Pekalongan, langsung melakukan penyisiran di seluruh Alfamart di Kota Pekalongan.

“Setelah kami sisir di semua minimarket di Pekalongan, memang benar adanya,” kata Kasatreskrim Polres Pekalongan Kota AKP Dimas Supadi.

Saat melakukan penyisiran di Alfamart yang berada di Jalan Veteran, Keraton Kota Pekalongan, petugas menemukan supplier yang juga tengah melakukan penarikan terompet bermasalah tersebut.

“Dari supplier tersebut, kami dapati ratusan terompet yang sudah ditarik, baik di minimarket di Batang maupun Kota Pekalongan,” jelas Dimas.

Kini terompet sebanyak 317 telah diamankan di Satreskrim Polres Kota Pekalongan. Hingga Senin sore, petugas masih memeriksa saksi terkait penyebaran terompet bermasalah tersebut.

Dari sisi fisik, terompet tersebut tidak berbeda dengan terompet lainnya. Penuh dengan hiasan kertas kerlap-kerlip. Namun, saat dibuka kertas pembungkusnya , akan ditemukan sebuah cover sampul Alquran yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama RI Tahun 2013.

Sementara itu, heboh terompet Al Quran ini,diketahui sudah beredar sejak beberapa hari belakangan ini. Tidak hanya di Pekalongan, terompet ini juga beredar di seluruh minimarket di Jawa Tengah.

Coorporation Communication PT Alfamart Wilayah Jawa Tengah Eko Mujianto, saat dihubungi melalui pesawat telponnya, mengatakan, beredarnya terompet Alquran tersebut memang kesalahan dari supplier.

“Kami langsung menarik semua terompet bermasalah tersebut. Namun sebagian lagi memang sudah laku,” jelasnya.

loading...

Loading...

Bacaan Terkait: