Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Hebohhh…!! Buku Agama Anak SD Berisi Banci Bisa Jadi Imam Shalat

Kategori Dunia: Nasional, Pendidikan

Banci Bisa Jadi Imam Shalat dalam Buku Agama Anak SD Berisi bikin Heboh. Buku teks pelajaran agama Islam untuk Sekolah Dasar ini bikin heboh. Sebabnya, buku tersebut memuat tulisan waria dianggap memenuhi syarat untuk menjadi mengimami salat.

Secara umum, buku tersebut menulis syarat untuk menjadi imam salat adalah seorang laki-laki dan fasih membaca Alquran. Namun, paragraf berikutnya menulis tiga jenis orang yang bisa menjadi imam dan memimpin salat jika seluruh makmumnya terdiri atas perempuan. Salah satunya, banci sah menjadi imam bagi wanita.

Namun dalam buku itu tertulis, banci tak boleh menjadi imam jika seluruh makmumnya terdiri dari laki-laki atau sesama banci. Jadi hanya boleh menjadi imam saat semua makmumnya perempuan.

Alhasil, buku pelajaran tersebut menuai protes dari sejumlah netizen. Ada beberapa yang menilai pemuatan banci dalam buyku pelajaran agama dengan pandangan negatif, namun tak sedikit pula yang memberikan komentar positif.

“Ini yang buat buku orang banci. Orang banci punya gangguan psikologis dan gangguan jin. Maka jangan diikuti kalau perlu laporkan pada pihak yang berwajib supaya di proses hukum,” tulis Yopi Kurnia.

“Siap-siap anak-anak ini memaklumkan banci, dan bisa jadi di pikirannya terekam. Banci itu enggak apa-apa, wong diterima aja tuh, innalillahi,” tulis Nurul Najhan Boutiq.

“Waktu saya di Madrasah dulu sekitar hampir 20 tahun yang lalu, ada kok buku karangan Moh Rifai yang menjelaskan hal ini, menggunakan istilah banci tetang salat berjamaah dengan banci. Buku ini terbit jauh sebelum LGBT menggeliat di republik ini. So, jangan buru-buru menghakimi. Ini masalah penggunaan bahasa saja, kalau ada yang ingat ini masalah ameliorasi dan peyorasi,” bela akun Ofisricardo Ofisiumnobile.

“Jangan apa-apa dianggap datangnya dari liberal pak. Dalam fiqih memang dikenal banci,” tulis Yusuf Caesar.

Dari sejumlah pro dan kontra yang dilontarkan publik, bagaimana sebenarnya keberadaan banci sebagai imam dalam salat. Berdasarkan penuturan Ustaz Ammi Nur Bait yang merupakan Dewan Pembina Konsultasi Syariah membolehkan banci sebagai imam.

“Banci yang diakui dalam syariat adalah orang yang memiliki dua alat kelamin sekaligus. Nah, orang semacam ini memang boleh jadi imam salat dengan syarat semua makmumnya adalah wanita,” tegas Ammi Nur Bait seperti dikutip dari situs konsultasisyariah.com.

loading...

Bacaan Terkait: