Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah 10 Alat Kontrasepsi yang Aman untuk Menunda Kehamilan

Kategori Dunia: Kehamilan

Tips Menunda Kehamilan yang Aman. Hamil merupakan anugerah yang diinginkan oleh kebanyakan pasangan yang sudah menikah. Sehingga para pasangan tersebut pun akan mempersiapkan saat dan keadaan yang terbaik dalam menyambut kehamilan tersebut.

Demi mempersiapkan kehamilan tersebut, Anda pun berkeputusan untuk menunda kehamilan sejenak. Berikut adalah beberapa alat kontrasepsi yang bisa digunakan untuk menunda kehamilan seperti yang dilansir dari laman Merdeka.

Cara Menunda Kehamilan dengan Birth control patch

Alat kontrasepsi ini berbentuk lembaran seperti plester atau koyo yang dapat menempel di kulit. Birth control patch berukuran tipis, berwarna coklat, dan juga mudah menempel di kulit.

Plester ini bekerja dengan cara melepaskan suatu hormon tertentu melalui kulit yang kemudian akan masuk melalui aliran darah. Kemudian hormon tersebut dapat mencegah kehamilan di dalam tubuh wanita.

Tips Menunda Kehamilan dengan Vasektomi

Bentuk kontrasepsi ini dilakukan pada pria dengan cara sterilisasi. Vasektomi akan ‘menutup’ saluran sperma pria melalui operasi.

Selama ini muncul ketakutan yang mengatakan bahwa pria tidak dapat membuahi lagi setelah menjalani vasektomi. Namun beberapa ahli kesehatan mengatakan bahwa pria masih dapat membuahi dengan cara ‘membuka’ kembali saluran tersebut.

Cara Menunda Kehamilan dengan Pil KB

Jenis kontrasepsi ini merupakan kontrasepsi yang paling populer untuk dilakukan. Pil ini dapat mencegah kehamilan namun tetap dapat mempertahankan gairah seksual wanita.

Cara Aman Tunda Kehamilan dengan IUD

IUD merupakan alat kontrasepsi kedua yang populer setelah pil KB. IUD terbuat dari plastik fleksibel berbentuk T. Kemudian IUD akan disisipkan ke dalam rahim wanita. Para ginekolog mengatakan bahwa IUD ini akan efektif bertahan selama 5-12 tahun.

Diafragma Cara Aman Tunda Kehamilan

Alat yang terbuat dari silikon ini ditempatkan ke dalam vagina. Diafragma mampu mencegah bertemunya sperma dengan sel telur yang dapat menyebabkan kehamilan. Tentu saja untuk pemasangannya, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Vasalgel Cara Menunda Kehamilan yang Aman

Alat kontrasepsi ini khusus diciptakan untuk pria. Vaselgel yang berbentuk gel ini disuntikkan ke dalam vas deverens atau tabung yang membawa sperma. Beberapa pria dapat mengalami alergi gel, oleh karena itu pasangan Anda pun harus berkonsultasi dengan dokter untuk memakainya.

Cara Aman Tunda Kehamilan dengan Kondom wanita

Sama seperti pria, wanita pun juga memiliki jenis kondom khusus. Kondom ini berbentuk mirip dengan kondom laki-laki namun lebih panjang. Untuk memakainya, Anda harus memasangnya 8 jam sebelum berhubungan seksual. Kondom untuk wanita ini mudah digunakan dan juga mudah dilepas.

Tips Tunda Kehamilan dengan Suntikan kontrasepsi

Suntikan kontrasepsi ini merupakan kombinasi dari testosteron dan progesteron yang dapat menghentikan produksi sperma. Pria dapat menggunakan metode ini apabila mereka keberatan dengan proses vasektomi.

Birth control spons

Spons ini terbuat dari busa plastik yang lembut sehingga mudah dimasukkan ke dalam vagina. Birth control spons berisi spermisida yang mampu menghentikan laju sperma. Anda harus memasangnya sebelum berhubungan seksual.

Birth control ring

Salah satu alat kontrasepsi untuk wanita ini berbentuk seperti cincin yang kecil dan lentur. Cincin tersebut dimasukkan ke dalam vagina dan berfungsi untuk mencegah kehamilan. Namun untuk pemakaiannya, Anda harus menggantinya sebulan sekali.

Kehamilan adalah hal yang sangat berharga. Sehingga Anda pun mempersiapkan yang terbaik untuk menyambutnya. Beberapa alat kontrasepsi di atas mampu membantu Anda untuk menunda kehamilan. Tertarik untuk mencobanya?

loading...

Bacaan Terkait: