Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah 10 Fakta Menarik Bulan Oktober

Kategori Dunia: Tahukah Anda?

10 Rahasia Di Balik Bulan Oktober 10 Fakta Menarik Bulan Oktober. Tidak terasa kita sudah hampir sampai di penghujung tahun. Kemarin baru saja bulan Januari, sekarang tiba-tiba saja sudah bulan Oktober. Ya, waktu memang berlalu begitu cepat.

Mungkin tiap-tiap dari Anda menanti bulan-bulan tertentu sebagai bulan favorit atau bulan lahir Anda. Kalau ternyata Anda lahir di bulan Oktober, tahukah Anda ternyata ada 10 fakta di balik bulan ke-10 ini yang belum Anda ketahui.

Seperti yang Dunia Baca dot Com kutip dari laman Vemale yang dilansir dari express.co.uk, berikut adalah 10 fakta menarik tentang bulan Oktober..

  1. Orang-orang Anglo Saxon Menyebut Oktober Sebagai Winterfyllet Atau Winterfilth
    Orang Anglo Saxon adalah penduduk Inggris yang sebagian berasal dari suku-suku Jerman. Mereka bermigrasi dari benua Eropa dan menetap di Selatan dan Timur Inggris pada abad ke-5. Orang-orang ini menyebut Oktober sebagai Winterfyllet yang artinya kesempurnaan musim dingin.
  2. Orang Welsh Menyebut Oktober Sebagai Hydref
    Orang Welsh adalah sejumlah orang yang tinggal di daerah perbatasan Inggris. Hydref sendiri adalah sebuah kata yang berarti bunyi ternak. Mungkin di bulan Oktober ternak mereka sedang berkembang biak.
  3. Oktober Hanya 21 Hari Pada Tahun 1582
    Tahukah Anda Ladies, ternyata menurut orang Eropa yang menganut agama Katolik pada tahun 1582, bulan Oktober hanya memiliki 21 hari. Mereka menghilangkan tanggal 5-14 Oktober. Tapi ternyata banyak negara yang tidak setuju dengan sistem penanggalan ini Ladies. Akhirnya menurut kesepakatan para Dewan Katolik pada masanya, mereka sepakat menggunakan kalender masehi sampai sekarang.
  4. The Hunt For Red October
    The Hunt For Red October adalah satu-satunya film dengan judul mengandung kata ‘Oktober’ yang memenangkan Oscar. Red October di sini adalah nama sebuah kapal selam nuklir balistik milik Rusia yang dilengkapi oleh mesin ulat. Mesin ini membuat kapal selam tersebut tidak terdeteksi oleh radar kapal selam lain. Jika hobi Anda adalah membuat film, boleh saja Anda menyisipkan kata ‘Oktober’ di judul film Anda. Siapa tahu menjadi film setenar The Hunt For Red October.
  5. Shakespeare Tidak Pernah Menyebutkan Bulan Oktober
    Siapakah sebenarnya William Shakespeare? Ya, beliau adalah sastrawan kenamaan dari Inggris. Salah satu karya fenomenalnya adalah Romeo and Juliet. Berawal dari sebuah drama sampai terkenal dengan berbagai versi film. Tapi tahukah Anda Ladies, dari sekian banyak karya William Shakespeare, ternyata ia sama sekali tidak pernah menyebutkan bulan Oktober. Mungkin bagi dia bulan sesudah September itu November.
  6. Seorang Bajak Laut Memberi Nama Putra Pertamanya Thursday October Christian
    Seorang bajak laut kenamaan bernama Fletcher Christian memberi nama Putra pertamanya Thursday October Christian. Ia memberi nama seperti itu karena si putra lahir pada hari Kamis di bulan Oktober pada tahun 1790. Bisa Anda jadikan referensi nih Ladies, daripada susah-susah mencari nama untuk anak Anda. Beri saja nama hari dan bulan kelahirannya.
  7. Salah Nama
    Tetapi, bertahun-tahun kemudian Fletcher Christian menyadari, ternyata putranya lahir di hari Jumat. Karena sudah terlanjur menjadi nama si anak, akhirnya Fletcher membiarkan nama anaknya salah. Seharusnya Friday October Christian ya Ladies. Sungguh ayah yang tidak teliti.
  8. Oktober Adalah Bulan Terbaik Untuk Melahirkan Bayi Laki-Laki
    Menurut sebuah penelitian di Italia, bulan Oktober adalah waktu yang sangat tepat untuk melahirkan bayi laki-laki. Tidak disebutkan apa alasan dari pertanyaan ini Ladies. Tapi apa saja harinya pasti Anda yakin itu hari terbaik untuk melahirkan buah hati Anda.
  9. “Saya sangat senang hidup di dunia di mana ada bulan Oktober”
    Sebuah quote yang terdapat dalam novel berjudul Anne of Green Gables karangan Lucy Maud Montgomery. Novel yang sudah menjadi best-seller ini menceritakan bahwa salah satu karakternya senang hidup di bulan Oktober.
  10. The October Country
    Lagi-lagi kata ‘Oktober” menjadi nama sebuah judul. Jika tadi disebutkan sebagai judul film. Kali ini kata ‘Oktober’ menjadi judul sebuah cerita pendek karya Ray Bradbury.

loading...

Bacaan Terkait: