Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah 10 Negara Terbaik untuk Melahirkan

Kategori Dunia: Persalinan

10 Negara Terbaik untuk Melahirkan “Indonesia Urutan ke 71”. Menurut survei dari Economist Intelligence Unit, tahun 2013, bayi yang lahir di Singapura menjadi bayi paling beruntung di Asia.

Survei ini mengukur setiap negara sesuai dengan peluang yang memberikan penduduknya hidup sehat dan sejahtera.

Seperti Dunia Baca dot Com kutip dari laman liputan6, yang dilansir dari Wallstreetjournal, ada daftar enam negara terbaik di dunia yang memiliki tempat melahirkan terbaik seperti Swiss, Australia, Norwegia, Swedia, Denmark dan Singapura.

Berikut adalah 10 negara terbaik untuk melahirkan versi survei Economist Intelligence Unit

  1. Swiss
  2. Australia
  3. Norwegia
  4. Swedia
  5. Denmark
  6. Sinagpura
  7. New Zealand
  8. Belanda
  9. Kanada
  10. Hongkong

Survei yang dilakukan oleh Economist Intelligence Unit ini, pernah dilakukan tahun 1988. Ketika itu, Amerika menjadi peringkat utama tempat terbaik untuk melahirkan. Singapura hanya peringkat 36 diikuti dengan Jerman Timur. Dan negara tetangga Malaysia menempati urutan 38.

Saat ini Malaysia naik peringkat menjadi urutan 36 dan Thailand di urutan 50, disusul Filipina di urutan 63.

Pertumbuhan ekonomi justru mengejutkan Indonesia yang hanya ada di peringkat ke 71 dari survei yang diadakan di 80 negara. Tiga peringkat di bawah Vietnam yang berada di urutan 68. Padahal di negara tersebut tindak kekerasan, perbedaan pendapat dan hutang yang menumpuk terjadi di tahun 2012.

Survei ini menganggap stabilitas penting negara dan menganggap Singapura layak menjadi negara terbaik di Asia untuk melahirkan.

Penilaian diukur selain materi kesejahteraan yang diukur dengan GDP per kapita, harapan hidup saat lahir, kebebasan politik, keamanan kerja, kesetaraan gender dan keamanan juga dinilai.

Keadaan ekonomi di negara-negara kecil seperti Skandinavia, justru lebih baik dibandingkan negara Jerman, Prancis dan Inggris. Sementara Brazil, India, Rusia dan China masih dianggap berisiko untuk melahirkan meskipun dinamika ekonomi mereka baik.

Meskipun kebahagiaan pengukuran dan kapasitas emosional menjadi ukuran dalam survei ini, Gallup survei merilis Desember lalu mengatakan Singapura adalah yang paling emosional dan juga negara yang paling serius, dengan jumlah sedikit orang dewasa mengekspresikan emosi positif.
Survei ini menunjukan kalau Singapura setara dengan Irak dan Armenia.

Tapi bulan Desember yang lalu juga Singapura menjadi negara terbaik dalam survei tentang kualitas hidup terbaik di Asia dan infrastruktur terbaik di dunia. (FIT/IGW)

loading...

Bacaan Terkait: