loading...
loading...
Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah 10 Perubahan Payudara Wanita saat Hamil

Kategori Dunia: Kehamilan

10 Perubahan Payudara Wanita saat Hamil. Kehamilan adalah fase dalam kehidupan seorang wanita. Tak hanya perubahan emosi yang fluktuatif, seorang wanita hamil juga mengalami perubahan fisik pada payudara.

Seperti dilansir dari laman Liputan6, perubahan payudara normal terjadi. Untuk mengurangi ketidaknyamanan perubahan ini, disarankan menggunakan bra katun yang nyaman.

Lebih jelasnya, berikut 10 perubahan payudara selama kehamilan yang mungkin Anda alami:

Payudara Rasa sakit
Nyeri payudara selama kehamilan memang kerap terjadi. Tenang, Anda tidak sendiri sebab hampir 90 persen wanita hamil mengeluhkan masalah yang sama. Rasa sakit bisa terjadi karena perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh.

Payudara Membesar
Pembesaran payudara, biasanya akan terlihat sekitar minggu ke-6 kehamilan. Perubahan ini biasanya disertai dengan rasa gatal dan peregangan kulit.

Puting Payudara lebih besar
Puting dan Areola (daerah gelap di sekitar puting payudara) juga akan membesar pada fase kehamilan.

Perubahan warna Payudara
Daerah sekitar puting susu dan areola cenderung gelap karena pigmentasi kulit yang disebabkan karena hormon. Ini juga perubahan payudara yang paling umum selama kehamilan.

Payudara Kesemutan
Kesemutan payudara sangat umum terjadi selama kehamilan.

Benjolan Payudara
Banyak wanita khawatir saat melihat benjolan selama kehamilan. Bisa jadi ada kista, jaringan serat dan galactoceles. Biasanya benjolan ini akan hilang saat menyusui. Namun bila benjolan semakin tumbuh, segera periksakan pada medis.

Payudara Bocor
Pada minggu ke 16, sejumlah wanita mengalami kebocoran kolostrum.

Tuberkel Montgomery
Tuberkel Montgomery adalah kelenjar sebaseus dari areola yang membesar oleh kelenjar susu selama kehamilan akhir dan menyusui. Ini adalah salah satu perubahan payudara yang paling menyakitkan selama kehamilan. Pada fase ini, pastikan untuk membersihkan perlahan dengan air hangat dan gunakan baby oil agar tidak menyebabkan infeksi.

Payudara Nyeri
Salah satu perubahan payudara terbesar dalam kehamilan adalah pembentukan dan pengumpulan susu dalam payudara terutama menjelang akhir kehamilan.

loading...

Bacaan Terkait: