loading...
Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah 10 Tips Agar Vagina Tetap Sehat dan Bersih

Kategori Dunia: Kesehatan, Wanita

Lowongan Kerja Terbaru


Powered by: id.neuvoo.com

10 Tips Agar Vagina Tetap Sehat dan Bersih. Vagina yang sehat merupakan sebuah keharusan bagi wanita. Sebab vagina sendiri merupakan area intim yang rentan akan lembab dan timbulnya bakteri. Sebuah vagina yang sehat ditandai dengan keseimbangan asam di dalamnya. Jika terlalu rendah atau terlalu tinggi maka rentan akan infeksi.

Dilansir dari healthmeup.com, berikut adalah cara alami untuk menjaga kesehatan vagina.
1. Hindarilah sembelit. Usahakan untuk mengatasinya dengan mengonsumsi banyak air putih.
2. Hindari menggunakan sabun berbahan kimia keras untuk membersihkan vagina, terutama yang beraroma wangi.

3. Gunakan celana dalam berbahan katun yang lembut. Hindari menggunakan celana dalam ketat berbahan spandex yang dapat menyebabkan iritasi dan infeksi karena kulit tidak bisa bernapas.

4 Jangan pernah menyemprot vagina Anda dengan cairan wangi apapun sebab hal ini mampu merusak tingkat pH vagina sehingga menyebabkan iritasi dan masalah organ intim lainnya. Jika vagina Anda berbau tidak sedap, cobalah untuk mengobatinya dengan cairan antiseptik yang disarankan oleh dokter.
5. Mencukur rambut kemaluan memang penting untuk menjaga kebersihan vagina. Namun jangan memotongnya hingga habis sebab mampu membuat infeksi sehingga menciptakan jalan masuk bagi bakteri dan kuman ke dalam vagina.
6. Selalu usahakan untuk mandi minimal 2 kali sehari atau setidaknya 1 kali sehari.
7. Jangan pernah merendam vagina dalam cairan wangi. Sebab hal ini dapat mengubah keseimbangan pH vagina dan konsentrasi mikroba di vagina. Perubahan ini sendiri mampu membuat vagina rentan terkena bakteri.
8. Jika Anda sedang menstruasi, gunakan pembalut yang baik. Selain itu selalu jaga kebersihan vagina selama menstruasi, jangan gunakan pembalut terlalu lama sebab dapat menyebabkan ruam, iritasi, dan mengembangkan pertumbuhan bakteri.
9. Selalu bersihkan vagina Anda setelah berhubungan badan. Hal ini bertujuan untuk menjaga kebersihan vagina.
10. Jika Anda merasa bahwa vagina Anda berbau aneh, gatal, atau cairan keputihan yang keluar berwarna aneh maka segeralah berkonsultasi pada dokter.

Menjaga kebersihan dan kesehatan vagina sangatlah penting bagi perempuan sebab vagina merupakan salah satu aset perempuan. Terapkan cara di atas agar vagina Anda selalu sehat dan bersih.

loading...

Bacaan Terkait: