Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah 10 Tren Dekorasi Rumah 2013

Kategori Dunia: Dunia Rumah Minimalist

Tren Dekorasi Rumah Minimalis 2013. Perlu inspirasi untuk mengubah dekorasi ruangan agar rumah tampil lebih segar di tahun baru? Maka Anda perlu menilik tren apa saja yang diprediksi akan booming pada 2013.

Seperti Dunia Baca dot Com lansir dari laman Wolipop, Vice President & General Manager Boston Design Center Julie Rogowski mengungkapkan motif, gaya penataan rumah dan warna apa saja yang menjadi favorit.

Ada pula bocoran dari Pantone Inc. serta desainer dan pakar dekorasi Vicki Payne asal Amerika, yang dirangkum wolipop dari berbagai sumber.

10. Easy Living
Kemewahan kini tidak lagi menjadi fokus dalam desain dan penataan rumah. Pemilik rumah dengan penghasilan yang cukup tinggi lebih memilih mengeluarkan biaya banyak untuk sesuatu yang bisa digunakan dalam jangka panjang dan membuatnya nyaman di rumah. Perabotan atau furnitur yang fungsional pun jadi pilihan. Dekorasi rumah bukan lagi untuk hiasan, tapi juga kenyamanan dan cerminan kepribadian.

9. Tribal
Motif tribal menghadirkan suasana bohemian pada ruangan. Desain yang terinspirasi dari gaya ini menekankan pada print yang mudah digunakan dan bisa ditransisi ke dalam dekorasi ruangan. Di dalam negeri sendiri, tren ini sudah mulai diterapkan. Desainer interior Roland Adam memperkenalkan motif Tenun Wakatobi Sulawesi Tenggara untuk wallpaper. Sementara Cita Tenun Indonesia memberikan inspirasi mendekorasi rumah dengan tenun dalam sebuah buku.

8. Metropolitan
Gaya ini sudah mulai banyak diterapkan pada resto serta butik yang buka di 2012. Metropolitan ditandai dengan desain yang clean, unfinished, sangat urban serta industrial.

7. Femme Fatale

Gaya desain dan penataan yang feminin, tapi jauh dari kesan girly. Terinspirasi dari era tahun 40-an di Hollywood yang didominasi garis berlekuk, dengan percikan warna solid seperti pink dan ungu terang.

6. Conoisseur
Pantone Inc. menetapkan palet dengan tone basic dan sejuk yang dikombinasikan dengan warna hangat akan menjadi tren warna interior 2013. Kelompok warna yang dinamai Connoisseur ini terdiri dari ungu, orchid, violet, hijau kusam, mahogany tua, putih dan beige. Bisa diterapkan pada dinding, sebagai aksen atau warna furnitur.

5. Kuning

Warna yang memberi mood enerjik dan ceria ini akan hadir dengan tone yang lebih lembut. Bukan kuning terang yang menyilaukan, tapi lebih ke kuning pucat yang digunakan untuk ‘menetralkan’ warna gelap atau mencolok pada dekorasi rumah.

4. Biru
Untuk tren warna, tidak jauh berbeda dari 2012 ke 2013. Tahun ini, tren warna untuk dekorasi rumah didominasi warna hijau. Pada 2013 mendatang, warna masih ‘dikuasai’ kerabat dekat hijau, yaitu biru. Warna yang banyak disukai kalangan pria maupun wanita ini akan menjadi salah satu warna netral di samping hitam dan putih. Salah satu contohnya adalah biru gelap atau navy.

3. Stripes

Motif garis-garis menjadi salah satu kunci tren yang banyak tampil di pekan mode dunia 2012/2013. Hal ini rupanya juga memengaruhi tren di bidang home decor tahun depan. Motif garis memberikan kesan lebih dinamis pada ruangan.

2. Floral

Motif bunga akan selalu muncul sebagai tren di setiap tahun. Namun di 2013, bunga akan tampil lebih modern dan artistik. Seperti motif karangan bunga bergaya Skandinavia yang berkarakter simple dan minimalis.

1. Animal Prints
Bukan motif kulit binatang seperti zebra atau leopard, tapi motif berbentuk binatang untuk dijadikan wall paper, gorden, karpet atau bantal hias. Misalnya saja gambar gajah, kuda, anjing atau kucing yang memberikan nuansa retro dinamis. Kesan yang ditimbulkan bisa elegan, fancy atau ceria tergantung dari pemakaian warna.

loading...

Bacaan Terkait: