Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah 3 Fakta Unik Bibir Vagina Wanita yang Patut Diketahui

Kategori Dunia: Tahukah Anda?, Wanita

3 Fakta Unik Bibir Vagina Cewek. Vagina wanita merupakan alat reproduksi yang memiliki beragam macam bagian di dalamnya yang terkadang membingungkan. Pengetahuan yang memadai tentang vagina pun bisa dibilang sedikit karena masih dianggap sebagai pembahasan yang tabu. Padahal wanita membutuhkan informasi tersebut untuk meningkatkan kesadaran akan kesehatan reproduksi mereka.

Selain klitoris yang selama ini Anda kenal, wanita pun memiliki labia atau ‘bibir’ vagina yang terbagi dalam labia mayor dan labia minor. Sementara untuk saat ini, kita akan membahas lebih dahulu tentang labia mayor.

Labia mayor merupakan bagian terluar dari vagina yang bisa Anda lihat secara kasat mata. Labia mayor juga menjadi tempat dari bertumbuhnya dari rambut kemaluan yang memiliki fungsi untuk melindungi vagina dari serangan bakteri dari luar. Dr. Barbara Levy dari American College of Obstetricians and Gynecologists juga menerangkan beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang labia mayor vagina.

Ukuran Bibir Vagina

Seperti dijelaskan sebelumnya, vagina seringkali disebut sebagai ‘bibir’ vagina karena bentuknya yang menyerupai bibir. Dalam vaginanya, wanita memiliki 2 labia yaitu labia mayor dan labia minor. Keduanya bermanfaat untuk melindungi vagina baik dalam keadaan normal atau saat Anda berhubungan seks.

Sebuah penelitian di tahun 2005 mengatakan bahwa panjang dari labia mayor bervariasi sekitar 7-12 sentimeter. Dalam beberapa kasus, saking besarnya vagina, beberapa wanita bisa mengalami ketidaknyamanan sehingga dibutuhkan operasi labiaplasty atau merekonstruksi vagina agar ukurannya menjadi sedikit lebih normal.

Bentuk dan Warna Bibir Vagina

Jika Anda iseng melihat labia Anda, bisa jadi Anda menemukan bahwa kedua bentuk vagina yang mengapit vagina Anda memiliki bentuk yang asimetris. Jangan khawatir, sebab hal ini merupakan sesuatu yang normal, sama seperti payudara yang juga asimetris. Selain itu, mungkin Anda juga akan menemukan bahwa kemungkinan labia minor Anda lebih panjang dari labia mayor sehingga membuat labia minor terlihat seperti menyembul keluar. Lagi-lagi, Anda jangan khawatir dan jangan tersesat dengan mitos yang menyebutkan bahwa itu jadi indikasi seringnya wanita berhubungan seksual. Sebab memang ada bentuk labia minor yang lebih panjang dari labia mayor.

Berbicara tentang warna, ada beberapa macam warna dari labia mayor mulai dari ungu, merah muda, dan mungkin kecoklatan. Sekali lagi, beragam warna tersebut adalah hal yang normal.

Tekstur Bibir Vagina

Labia mayor yang memiliki sisi luar tempat tumbuhnya rambut pada dasarnya memiliki tekstur yang hampir sama dengan kulit di seluruh tubuh Anda. Namun di sisi dalamnya, vagina memiliki tekstur yang licin karena kondisi vagina yang lembab. Selain itu labia juga akan nampak seperti bagian areola puting yang memiliki tektur titik-titik kecil seperti jerawat kecil di dalam kulit.

loading...

Bacaan Terkait: