Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah 5 Efek Buruk Rokok yang Tak Terduga

Kategori Dunia: Penyakit

Powered by: id.neuvoo.com

5 Efek Buruk Rokok yang Tak Terduga. Sangat jarang sekali manfaat yang didapatkan dari merokok, bahkan mungkin tidak ada manfaatnya. Tapi yang jelas, banyak sekali penyakit yang diderita akibat merokok (Baca: Berbagai Penyakit Akibat Merokok)

Meskipun demikian, para perokok samakin hari semakin bertambah saja, mulai dari orang tua, dewasa dan bahkan anak-anak kecil. Mayoritas mereka yang sudah kecanduan rokok, akan kesulitan untuk berhenti merokok (Baca : Cara Ampuh Berhenti Merokok).

Seharusnya kita sadari, bahwa yang sudah pasti, rokok dapat menyebabkan kanker, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke dan penyakit-penyakit serius lainnya. Namun tanpa diduga, ada pula efek-efek buruk rokok yang mungkin disepelekan. Efek dari merokok jauh lebih luas daripada kanker atau asma. Nikotin dapat meracuni setiap inci tubuh Anda, hingga banyak dampak buruk yang seakan terabaikan. Maka sangat wajah, dewasa ini kematian akibat merokok semakin meningkat.

Dibawah ini adalah 5 efek buruk rokok yang tak terduga sebelumnya, seperti Dunia Baca dot Com kutip dari laman detikHealth.

  1. Rambut rontok
    Rambut rontok memang banyak penyebabnya. Mulai dari stres hingga nutrisi yang kurang baik. Namun bila Anda perokok, maka waspada bahwa nikotinlah penyebabnya. Merokok berlebihan dapat menyebabkan kerontokan dan kebotakan prematur. Hal ini terutama banyak terjadi pada laki-laki.
  2. Merusak sistem pencernaan
    Efek dari merokok pada lambung dan usus tidak dapat diubah. Racun yang keras dari rokok mengikis lapisan perut dan tidak memungkinkan enzim pencernaan berfungsi dengan baik. Itulah sebabnya, perokok berat mengalami kesulitan dalam mencerna makanan.
  3. Merusak indra perasa
    Jika Anda seorang perokok, maka ada risiko lidah Anda mati dengan cepat. Itulah sebabnya, perokok bisa makan makanan pedas tanpa masalah. Karena indra pengecap pada lidahnya mati, perokok kebanyakan tidak bisa peka merasakan rempah-rempah dan cita rasa pedas lainnya.
  4. Dehidrasi
    Perokok harus minum setidaknya 2 liter air lebih banyak dari orang normal. Hal ini karena efek dari merokok pada keseimbangan cairan tubuh. Rokok dapat mengeringkan tubuh dari dalam, menyebabkan bibir kering, kulit kering dan berbagai infeksi saluran kencing.
  5. Mengurangi tingkat energi
    Sebagian besar perokok memberikan alasan bahwa rokok memberinya energi untuk melakukan shift malam atau mengatasi jam kerja malam di tempat kerja. Tapi ini hanyalah alasan sementara, karena rokok ternyata malah mengurangi kekuatan paru-paru. Dan ketika paru-paru tidak dapat memompa udara, bagaimana Anda merasa energik?

Bagaimana pembaca, apakah Anda masih tetep akan terus merokok? Jika demikian, silakan Anda baca dan pelajari: Makanan wajib untuk para perokok dan/atau kenali Manfaat tidak merokok . Semoga bermanfaat

loading...

Bacaan Terkait: