Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah 5 Fakta Mengejutkan tentang Nyamuk

Kategori Dunia: Tahukah Anda?

Powered by: id.neuvoo.com

5 Fakta Mengejutkan tentang Nyamuk. Kemarin, baru saja kita memperingati Hari Malaria Sedunia yang jatuh tepat tanggal 25 April 2013. Meski saat ini angka kasus malaria turun secara stabil, namun di beberapa negara tropis, malaria masih menjadi ancaman besar.

Berdasarkan situs WHO, tema Hari Malaria Sedunia tahun ini adalah “Invest in the future, Defeat Malaria.”

Malaria merupakan penyakit berbahaya yang ditularkan lewat nyamuk. ika tak segera didiagnosis dan dirawat, akibatnya bisa sangat fatal. Berikut ini adalah beberapa fakta mengenai nyamuk, seperti dilansir oleh Daily Bhaskar.

  1. Nyamuk betina hidup lebih lama
    Nyamuk betina bisa hidup dua kali lebih lama dibandingkan dengan nyamuk jantan. Bila nyamuk jantan hidup maksimal dua minggu, nyamuk betina bisa hidup lebih dari satu bulan.
  2. Hanya nyamuk betina yang menggigit
    Hanya nyamuk betina yang menggigit dan mengisap darah untuk memberi makan telur-telurnya.
  3. Nyamuk tertarik pada bau
    Nyamuk tertarik dan melakukan perburuannya berdasarkan bau. Bau yang membuat nyamuk sangat tertarik adalah bau keringat serta karbon dioksida.
  4. Jumlah spesies nyamuk
    Meski hanya beberapa nyamuk yang diketahui bisa menyebabkan penyakit berbahaya, namun sebenarnya di dunia terdapat banyak spesies nyamuk. Di seluruh dunia setidaknya terdapat lebih dari 3.000 spesies nyamuk.
  5. Nyamuk tumbuh dengan cepat
    Karena hanya bisa bertahan hidup dalam waktu dua minggu sampai satu bulan, nyamuk memiliki pertumbuhan yang sangat cepat. Nyamuk sudah bisa mencari makan sendiri setelah berusia hanya empat hari. Setelah itu mereka juga sudah bisa bertelur dan berkembang biak.

Pembaca, itulah beberapa fakta mengenai nyamuk yang kemungkinan belum Anda ketahui. Fakta di atas bisa Anda gunakan untuk melindungi diri dari serangan nyamuk di sekitar Anda. Semoga bermanfaat.

loading...

Bacaan Terkait: