Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah 5 Faktor yang Bikin Anda Diterima Kerja

Kategori Dunia: Karir Pekerjaan

Powered by: id.neuvoo.com

Tips Melamar Kerja – 5 Faktor yang Bikin Anda Diterima Kerja. IPK saja ternyata tak menjamin Anda langsung diterima kerja lho, ladies. Banyak faktor yang ternyata menentukan Anda bisa diterima kerja dengan gaji cukup dan fasilitas memadai.

Belakangan ini, banyak yang mengeluh bahwa mencari kerja itu sulit. Tetapi, kami akan memberikan tips yang mempermudah langkahmu mendapatkan pekerjaan impian.

Berikut adalah beberapa hal utama dan penting, yang membuatmu diterima kerja.

Faktor 1: Penampilan
Mau tidak mau, Anda harus mengakui bahwa penampilan adalah hal utama yang membuat pewawancara tertarik pada Anda. Bukan mau menjudge fisik ya, tetapi sederhana saja. Penampilan adalah hal pertama yang bisa dilihat dan dinilai, jadi wajar saja apabila memang selalu menjadi poin pertama Anda memperoleh panggilan kerja.

Dalam mengirim CV, usahakan untuk membuat foto diri menarik. Sedikit tersenyum bolehlah, karena Anda tak perlu mengirimkan foto tegang yang membuat Anda jadi tersingkir.

Setelah mendapat panggilan interview, sesuaikan penampilan dengan posisi pekerjaan yang diapply, dan pastikan Anda berdandan rapi. Tidak perlu berlebihan, namun apabila saat bercermin Anda merasa percaya diri dan enak dilihat, Anda sudah mengantongi satu kesempatan lagi untuk diterima kerja.

Nah, kalau soal penampilan sudah. Sekarang merambah ke kemampuan dan manner Anda.

Faktor 2: Respon cepat
Selalu pasang mata dan telinga, amati perubahan atau pesan apa yang dikirimkan dan wajib Anda tahu. Hal ini juga berlaku apabila si pewawancara melempar pertanyaan pada Anda. Lebih baik jangan menjawab terlalu lama, dan berusahalah mencari jawaban smart.

Sekalipun mungkin jawaban Anda benar, namun apabila terlalu lama hal ini akan mengurangi poin Anda. Anda dianggap seorang pekerja yang lamban responnya, dan mudah tersingkir oleh peserta interview lainnya.

Faktor 3: Kontak mata
Sama pentingnya seperti penampilan, selalu jaga kontak mata dengan si pewawancara. Apabila memang Anda adalah tipe pemalu, usahakan sesekali saja membuang pandangan dari penginterview.

Faktor 4: Kepercayaan diri
Kepercayaan diri juga salah satu faktor yang menentukan Anda bisa diterima bekerja. Mereka yang kurang percaya diri, terutama pada kemampuannya, justru langsung dicoret dari daftar penginterview. Apalagi apabila Anda melamar di posisi front office, wah, percaya diri adalah bekal penting yang mendapat poin tinggi.

Faktor 5: Menjawab smart
Berhubungan erat dengan respon cepat, Anda terlebih dahulu harus mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang perusahaan yang Anda tuju serta posisi yang Anda apply. Informasi ini akan sangat membantu Anda dalam menjawab setiap pertanyaan yang diajukan.

loading...

Bacaan Terkait: