loading...
Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah 5 Hal tentang Selaput Dara Wanita Perlu Anda Tahu

Kategori Dunia: Tahukah Anda?, Wanita

Lowongan Kerja Terbaru


Powered by: id.neuvoo.com

5 Hal tentang Selaput Dara Wanita Perlu Anda Tahu. Lapisan tipis yang menutupi sebagian dari jaringan vagina terkadang identik dengan ‘apakah seorang wanita masih perawan atau tidak’. Padahal, sebenarnya tidak ada yang bisa disimpulkan dari kondisi selaput dara karena setiap wanita memilki kondisi selaput dara yang berbeda-beda.
(Baca juga: Berbagai Variasi Selaput Dara Wanita)

Mitosnya, saat pertama kali seorang wanita berhubungan badan akan terjadi kondisi berupa robeknya selaput dara yang menyebabkan keluarnya darah dari vagina wanita. Namun sebenarnya kondisi robek pada selaput dara berasal dari berbagai aktivitas, seperti berolahraga, cedera, pemeriksaan vagina, masturbasi, atau penetrasi seksual, dan beberapa akibat lainnya.

(Baca juga: Menguak Selaput Dara Keperawanan seorang Wanita)
Berikut 5 hal yang wanita perlu tahu tentang selaput daranya:

  1. Hymen atau selaput dara tidak benar-benar menutupi bagian vagina wanita. Fahimeh Sasan, M.D., seorang dokter obgyn di The Mount Sinai Hospital New York mengatakan selaput dara yang dimiliki wanita tidak sama semua atau memiliki bentuk yang beragam (normal dan abnormal).
  2. Selaput dara yang abnormal adalah kondisi di mana terdapat dua lubang pada jaringan vagina. Hal ini membutuhkan pembedahan atau operasi kecil untuk memisahkan selaput dara yang memang berlubang (normal) dan tidak. Pada wanita muda keadaan tersebut akan menyebabkan rasa keram yang berlebih di saat menstruasi.
  3. Mitos bahwa selaput dara dapat dijadikan suatu ukuran keperawanan seorang wanita tidak dibenarkan oleh Sasan. Ia mengatakan bahwa, “Ada penyebab lain yang membuat robeknya selaput dara pada wanita bukan hanya karena berhubungan seks, melainkan latihan fisik yang ekstra, seperti senam, berkuda, bersepeda, atau menggunakan tampon saat menstruasi,” ujarnya pada Women’s Health yang dilansir pada Selasa (29/12/2015).
  4. Saat melakukan aktivitas fisik seperti senam atau berkuda, terkadang para wanita pun tidak menyadari hal tersebut. Hal itu dikarenakan rasa sakit saat selaput dara robek akibat aktivitas fisik tidak sama dengan rasa saat melakukan hubungan seks pertama kali. “Kebanyakan wanita berpikir bahwa bercak darah setelah melakukan aktivitas fisik berasal dari masa menstruasinya”, ujar Sasan.
  5. Beberapa orang yang masih erat akan budaya menganggap selaput dara pada wanita perawan perlu dilakukan uji keperawanan sebelum menikah. Dokter Sasan mengatakan bahkan para dokter di Amerika Serikat dapat menciptakan selaput dara baru untuk membuktikan keperawanan seorang wanita kepada calon suami mereka.

loading...

Bacaan Terkait: