loading...
Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah 5 Kasus Kematian Tragis Akibat Keselek Makanan

Kategori Dunia: International

5 Kasus Kematian Tragis Akibat Keselek Makanan. Pernahkah Anda tersedak atau keselek saat tengah asyik makan? Tersedak bisa terjadi di antaranya karena kita langsung melahap bulat-bulat makanan yang sedang disantap. Kejadian tersedak pasti membuat panik karena orang yang keselek tidak bisa bernafas dalam waktu sesaat. Hal itu bisa diperparah bila makanan yang menyangkut tidak kunjung tertelan atau termuntahkan.

Dalam beberapa kasus yang terjadi tersedak bisa membuat nyawa langsung melayang. Itu karena tidak masuknya oksigen ke sistem pernafasan akibat terhalang makanan yang menyumbat di tenggorokkan.

Berikut, lima kematian paling tragis akibat tersedak makanan dari berbagai belahan dunia, seperti dilansir dari Merdeka.

Pria paruh baya meninggal saat ikut kontes makan hotdog

Sebuah kontes makan hotdog massal di Dakota Selatan, Amerika Serikat, berubah menjadi peristiwa tragis, saat seorang peserta tersedak hingga meninggal.

Walter Eagle Tail (47), meninggal di rumah sakit akibat tersedak hotdog, ucap Sherif Rick Wheeler kepada Journal Rapid City.

“Ketika kami tiba sudah ada penanganan pertama untuk menolongnya, kemungkinan dia meninggal karena hotdog itu bersarang di tenggorokannya dan dia kesulitan bernafas seperti tercekik,” ucap Sherif, seperti dikutip the Guardian, July 2014.

“Semua terjadi begitu cepat, hanya hitungan menit saja,” lanjut Sherif.

Diketahui, pihak penyelenggara kontes makan itu, The Custer, meminta maaf ataas kejadian yang tidak diinginkan tersebut.

George Shea, Ketua kompetisi tersebut mengatakan telah melakukan semua cara semaksimal mungkin, namun kejadian itu benar di luar kendali.

Pria tua tewas tak tertolong saat mengikuti kontes makan sosis berjamaah

Seorang pria asal Rumania dilaporkan tewas akibat tersedak ketika mengikuti kompetisi makan sosis berjamaah.

Pria tua berusia 60 tahun yang tidak diketahui namanya ini diketahui berpartisipasi dalam acara bertajuk “Fomil? Plescoi” pada 5 Oktober 2013.

Nahas bagi pria tua itu, saat kejadian tidak ada pihak medis yang segera datang menolongnya. Hanya bantuan kerumunan warga sekitar yang membantunya mengeluarkan sosis yang membuatnya tersedak, seperti dikutip dari Huffington Post, 15 Oktober 2013.

Kontes tahunan ini adalah sebuah ajang tahunan dalam memperingati dongeng seorang tokoh yang selalu kelaparan.

Keselek kue, mahasiswa ini meninggal

Seorang mahasiswa tewas akibat tersedak saat merayakan festival kue peri. Tindakan tersebut dilakukan saat dia hendak melakukan sebuah lelucon.

Adam Deeley (34) dan teman-temannya dilaporkan menghadiri sebuah malam pembukaan pameran fotografi. Acara jamuan kue peri yang disuguhkan mengharuskan mereka memasukkan tiga kue sekaligus ke dalam mulut Adam.

Karena tidak mau kalah dengan teman lain, akhirnya Adam nekat memasukkan lima kue sekaligus. Akibat perbuatannya itu, Adam tersedak hingga tersungkur ke lantai.

“Kue yang disuguhkan dalam meja prasmanan mengharuskan kami melakukan lelucon itu, hingga Adam melakukan itu dan terjadilah hal nahas tersebut,” ucap seorang teman, Steven Jenkis, seperti dikutip koran the Daily Mail.

“Adam berlari menuju kamar kecil, saya kira dia hendak meludah, namun ternyata Adam tersedak,” lanjutnya.

Kejadian ini berlokasi di sebuah Monkey Cafe di Sweansea, Wales Selatan, di mana Adam bekerja paruh waktu untuk menmbiayai kuliahnya di jurusan Desain Grafis.

Gara-gara kue mochi, sembilan manula jepang tewas tersedak

Kue mochi, kue yang kecil dan kenyal ini ternyata bisa mematikan jika sampai tersedak saat memakannya.

Di Jepang, sembilan korban tewas akibat kue ini. Kejadian yang terjadi di Tokyo ini membuat 18 orang dilarikan ke rumah sakit akibat tersedak.

Menurut surat kabar Yomiuri Shimbum, korban tewas dapat dipastikan berjumlah sembilan orang dengan sisanya dalam keadaan kritis.

Menurut pemberitaan TV Asahi, korban berkisar pada usia 50 hinga 90 tahun. Dua korban tewas paling parah terjadi pada usia 84 tahun di Kokubunju dan 76 tahun di Koto Ward.

Seperti dikutip International Businesss Times, 4 Januari 2015, mochi adalah makanan yang paling sering membuat orang yang mengkonsumsinya tersedak. Laporan pada 2010 menyebutkan korban tersedak akibat memakan mochi sekitar 80 persen pada manusia berusia di atas 65 tahun.

Tragis, pria ini meninggal karena keselek dodol

Pria asal Malaysia bernama K. Sanmugam, 67 tahun, keselek alias tersedak dodol di rumahnya di Taman Merbok, Bukit Baru, hingga meninggal pada Jumat lalu.

Saat itu dia mengalami sulit bernapas setelah sekeping dodol tersangkut di tenggorokannya sehingga membuat dia tersedak. Sanmugam ketika itu sedang makan dodol dengan istrinya, S. Santhaletchmy, 66 tahun, sekitar pukul 10 pagi, seperti dilansir the Star, Kamis (22/7).

Istri Sanmugam mengatakan ketika suaminya sedang sulit bernapas seperti tercekik itu dia menepuk-nepuk punggung suaminya beberapa kali dan berusaha mengeluarkan dodol itu dengan jarinya.

“Saya membeli dodol itu sekitar seminggu lalu dan memotongnya kecil-kecil. Saya sudah bilang jangan makan dodol tapi dia tidak mau mendengar,” kata Santhaletchmy kepada wartawan kemarin.

Dia menuturkan suaminya kemudian pingsan dan dilarikan ke Rumah Sakit Pantai. Namun dokter mengatakan kondisi suaminya sudah sangat kritis dan dia meninggal beberapa menit kemudian.

Santaletchmy mengatakan suaminya yang malang itu menderita stroke sejak 15 tahun lalu.

loading...

Bacaan Terkait: