Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah 5 Kendala dalam Membuka KTA dan Cara Mengatasinya

Kategori Dunia: Karir Pekerjaan, Tahukah Anda?

Tips Cara Membuat KTA dan Cara Mengatasi Kendala dalam Membuka KTA. Adanya Kredit Tanpa Agunan atau yang sering disebut dengan KTA, memang menjadi solusi paling jitu bagi yang menginginkan pinjaman dana yang dibutuhkan untuk modal usaha, keperluan pribadi ataupun untuk melunasi hutang tanpa menggunakan agunan atau pinjaman.

Dalam pengajuannya, KTA terbilang sangat mudah dan syaratnya pun tidak terlalu rumit. Namun, hal tersebut tidak menghilangkan kemungkinan bahwa dalam pengajuan KTA tidak ada kesulitannya. Biasanya, para calon peminjam dana kurang memperhatikan hal-hal yang bersifat fatal yang dapat memicu ditolaknya pengajuan KTA.

Berikut ini adalah hal-hal yang paling umum sebagai penghalang dalam membuka KTA, namun kurang diperhatikan oleh calon peminjam dana.

--
  1. Fraud dan Dokumen
    Hal ini merupakan hal yang paling berpengaruh besar terjadinya penolakan saat membuka KTA. Terkadang banyak calon peminjam dana kurang memperhatikan dan menganggap kecil mengenai hal ini. Hal-hal yang termasuk dalam fraud adalah pemalsuan data dan informasi dari calon peminjam dana serta dokumen yang dikumpulkan sebagai syarat dari calon peminjam dana. Sedangkan dalam hal dokumen yang seringkali membuat pinjaman ditolak adalah kurang jelasnya dokumen sebagai syarat awal untuk meminjam. Dokumen-dokumen fotokopi yang dilampirkan harap lebih diperhatikan agar dapat dibaca dengan baik dan jelas. Contohnya fotokopi dari kartu identitas yang kurang terlihat jelas foto atau nomor identitas serta alamat di kartu identitas. Sebelum Anda mengajukan KTA, harap diperhatikan hal-hal ini sebagai awal dimudahkannya permohonan pinjaman Anda.
  2. Bad Credit
    Penunggakan pembayaran cicilan kredit juga menjadi penghalang bagi Anda yang ingin mengajukan KTA. Jika Anda selama 2 bulan berturut-turut menunggak dalam pembayaran kredit tersebut, maka Anda sudah menjadikan history kredit Anda sendiri buruk. Ditambah lagi jika anda pernah bermasalah dengan salah satu bank dalam masalah pembayaran dan menjadikan Anda tercatat dalam blacklist. Membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengubah status bad credit Anda, meskipun masalah tersebut telah selesai.
  3. Kegagalan saat verifikasi data
    Kegagalan verifikasi yang dimaksud adalah saat pihak bank tidak bisa mendapatkan informasi sesuai yang tertera di dalam form aplikasi yang Anda ajukan. Informasi tersebut yang dimaksud meliputi: data pribadi, pendapatan, dan data kerabat dekat. Hal ini mungkin terjadi saat Anda dihubungi oleh pihak bank, Anda tidak menjawab panggilan telefon. Masalah pendapatan juga penting dalam hal pengajuan KTA.

    Bank akan menghubungi bagian keuangan atau HRD dari kantor Anda untuk dimintai konfirmasi mengenai status dan pendapatan Anda di perusahaan tempat Anda bekerja. Namun, jika pihak bank sulit mendapatkan informasi tersebut, kemungkinan pinjaman Anda akan ditolak. Begitu pula saat bank sulit untuk menghubungi kerabat dekat Anda. Maka dari itu, disarankan untuk mencantumkan lebih dari satu nomor telefon kerabat Anda.

  4. Pemakaian Kartu Kredit
    Jika penggunaan kartu kredit Anda diatas 70% dari jumlah limit kartu Anda, hal ini akan menjadi salah satu kesulitan saat Anda mengajukan KTA. Terlebih jika kartu kredit Anda over limit. Kemungkinan pinjaman Anda tetap disetujui, namun, jumlah yang akan diberikan tidak akan sesuai dengan jumlah yang Anda ajukan. Pembayaran kartu kredit setiap bulan menjadi perhatian credit analyst. Pembayaran kartu kredit yang terlambat setiap bulannya dan minimum payment, dapat juga mempengaruhi penilaian kredit Anda.
  5. Jumlah Pinjaman
    Kurangnya pengetahuan dari calon peminjam akan system dan tata cara pengajuan jumlah pinjaman dan seringkali mengajukan pinjaman yang sesuai kebutuhannya yang terkadang dengan jumlah yang sangat besar. Hal tersebut tidak dilarang oleh pihak bank. Namun, pengajuan jumlah pinjaman diluar aturan bank dan juga terlalu berlebih, akan menjadi hal fatal yang menyebabkan pinjaman Anda ditolak.

    Sebaiknya, Anda terlebih dahulu mencari tahu dan konsultasikan akan jumlah serta kebutuhan pinjaman yang sesuai agar pinjaman Anda disetujui. Anda juga harus memperhatikan hal-hal yang berpengaruh akan besarnya pinjaman yang akan diberikan bank, yaitu: limit kartu kredit, pendapatan perbulan, pengeluaran kartu kredit, jumlah pengeluaran serta tanggungan jika ada, pengeluaran cicilan pinjaman lain, dan lain sebagainya.

Ada beberapa tips yang dapat memudahkan Anda untuk melewati “penghalang” saat Anda mengajukan KTA. Berikut adalah tipsnya:

  • Cermati setiap dokumen yang akan dilampirkan dan pastikan semuanya sesuai dengan data diri Anda.
  • Cek limit dari kartu kredit Anda dan rutin membayar tagihan sesuai waktunya.
  • Bersikaplah jujur, cermat dan bijaksana saat mengisi form aplikasi.
  • Konsultasikan dengan yang lebih paham mengenai KTA terlebih dahulu sebelum Anda memilih bank mana yang akan Anda pilih untuk pengajuan dan jumlah yang lebih baik Anda ajukan sesuai kebutuhan Anda.
  • Persiapkan diri Anda jika sewaktu-waktu Anda dihubungi pihak bank, agar proses pinjaman tidak lama atau bahkan ditolak.

Jangan jadikan hal yang akan Anda ajukan untuk pinjaman, menjadi hal yang menyulitkan Anda bahkan menghilangkan kesempatan Anda untuk mendapatkan bantuan pinjaman dana. Jangan segan untuk mencari tahu dan bertanya kepada pihak bank atau yang Anda ketahui mengerti akan perihal KTA tersebut.

“Artikel ini adalah hasil kerjsama Antara: Dunia Baca dot Com dan www.halomoney.co.id. Bandingkan KTA dan Kartu Kredit terbaik sekarang!”

loading...

Bacaan Terkait: