Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah 5 Kota di Indonesia dengan Tradisi Perayaan Imlek Paling Seru

Kategori Dunia: Nasional, Pariwisata

5 Kota di Indonesia dengan Tradisi Perayaan Imlek Paling Seru. Imlek telah tiba saatnya memanfaatkan libur Imlek dengan mengunjungi kota-kota di Indonesia yang memiliki tradisi merayakan tahun baru masyarakat Tionghoa ini. Berwisata ke kota-kota tersebut dan membaur dengan perayaan Imlek akan membuatmu merasa seperti sedang berada di Cina! (Baca juga: Asal Usul Sejarah Tahun Baru Imlek)

Tahun Baru Cina begitu identik dengan pesta perayaan yang meriah. Adanya atraksi barongsai menambah suasana imlek menjadi makin meriah. Berikut daftar 5 kota di Indonesia yang memiliki perayaan Imlek paling meriah. (Baca juga: 5 Perayaan Imlek Paling Meriah di Dunia

Perayaan Imlek di Solo

Perayaan Imlek di Solo makin meriah tahun ini sebab bertepatan dengan hari jadi kota Solo. Rangkaian acara bahkan sudah dimulai jauh-jauh hari. (Baca juga: Sejarah Imlek dan Kesamaan Budaya Imlek dengan Islam)

--

Diintip dari situs resmi kota Solo, dalam rangkaian itu akan ada banyak acara seperti karnaval budaya, umbul mantram, wisata perahu nias, hingga pesta kembang api, semua rangkaian acara tersebut disatukan dalam balutan kegiatan bernama Grebeg Sudiro.

Acara yang sudah dimulai sejak tanggal 15 Februari itu merupakan sebuah perpaduan dua budaya yang terlihat elegan, yakni paduan antara budaya Jawa dan Tionghoa. Nanti di acara puncak akan ada kirab budaya, di sana akan ada pameran kuliner khas balon, gunungan kue keranjang dan tak ketinggalan ada atraksi barongsai.

Perayaan Tahun Baru Imlek di Semarang

Kawasan pecinan Semarang akan menjadi pusat perayaan Imlek tahun ini di Semarang. Di sana Anda akan menemukan banyak sekali kegiatan menarik saat Tahun Baru Cina ini. Di kawasan yang banyak terdapat kelenteng tersebut akan ada Pasar Imlek Semawis. (Baca juga: Tradisi-tradisi Imlek Paling Unik di Dunia)

Di pasar yang ada di kawasan Pecinan Semarang ini akan mengadakan berbagai kegiatan seni dan budaya peranakan Tionghoa. Rangkaian acara sudah dimulai tanggal 14 Februari dan akan berlangsung hingga malam puncak Imlek dan buka pada malam di hari Jumat hingga Minggu. Di pasar ini pula traveler dapat dipuaskan dengan berbagai suguhan kuliner lezat seperti pisang plenet, nasi ayam, es puter hingga kue serabi.

Perayaan Imlek di Singkawang

Singkawang merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki perayaan Imlek kelas dunia. Di sana ada sebuah kota yang memiliki suasana mirip sekali di Cina dan dinamakan Chinatown. Setiap tahunnya kota yang ada di Pontianak ini selalu ramai dikunjungi wisatawan saat perayaan Imlek.

Perayaan imlek ini akan berlanjut hingga perayaan Cap Go Meh yang dilaksanakan 15 hari setelah imlek. Pada saat itu akan ada atraksi sejenis debus dan juga parade keliling kota. Traveling ke Singkawang saat imlek akan memberikan pengalaman yang berbeda, kota ini akan dihiasi dengan lampion dan pernak-pernik lain yang makin mempercantik suasana kota. Tak ketinggalan pula atraksi barongsai akan di tampilkan di sana.

Perayaan Imlek di Medan

Tahun ini perayaan imlek di Medan sangat meriah dan menjadi acara imlek terbesar di Sumatera Utara. Dalam perayaan Imlek kali ini diselenggarakan Imlek Fair yang diselenggarakan di CBD Polonia, Medan dan berlangsung mulai 30 Januari hingga 18 Februari 2015.

Dalam acara tersebut akan ada pameran kuliner China, barongsai, serta ragam penampilan seni dari seniman Indonesia dan Malaysia. Untuk traveler yang penasaran ingin mengunjungi festival ini bisa datang pada malam hari mulai pukul 19.00 WIB.

Perayaan Imlek di Palembang

Kota terakhir yang bisa dikunjungi untuk merayakan Imlek di Indoensia adalah di Palembang. Di kota ini Anda bisa puas menikmati berbagai acara Imlek sebab acaranya baru akan dimulai pada tanggal 28 Februari sampai 4 Maret 2015.

Pusat acara akan berlangsung di area Chinatown Dempo, Palembang. Dalam acara ini akan banyak dipenuhi dengan pertunjukan seni serta kuliner hingga bazar yang akan dibanjiri dengan pernak-pernik Imlek yang menarik.

loading...

Bacaan Terkait: