loading...
Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah 5 Nutrisi Penting untuk Menjaga Kesehatan Kehamilan

Kategori Dunia: Kehamilan, Kesehatan

5 Nutrisi Penting untuk Menjaga Kesehatan Kehamilan. Mengonsumsi makanan sehat sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh Anda terutama jika Anda sedang berencana untuk hamil atau sedang hamil.

Semua nutrisi dan mineral yang ada di dalam sayur, buah, biji-bijian, daging tanpa lemak, dan produk susu bermanfaat untuk menjaga kesehatan Anda dan bayi yang sedang Anda kandung. Dilansir dari laman Merdeka, berikut adalah nutrisi utama yang penting untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Asam folat

Asam folat membantu mencegah cacat janin yang berdampak buruk pada otak dan sumsum tulang belakang. Asam folat juga dapat menurunkan risiko cacat lahir lainnya seperti bibir sumbing dan cacat jantung. Jika Anda sedang merencanakan kehamilan, maka Anda disarankan untuk mengonsumsi 400 mcg asam folat setiap hari yang bisa didapatkan dari sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, dan serealia.

Kalsium
Kalsium sangat penting untuk menjaga kesehatan saat hamil. Sebab kalsium penting untuk menguatkan tulang ibu hamil serta meningkatkan pertumbuhan tulang janin.

Yodium
Kekurangan yodium saat hamil berdampak buruk pada gangguan kesehatan mental yang serius, pertumbuhan fisik yang terhambat, serta tuli.

Zat besi
Zat besi sangat dibutuhkan baik oleh ibu hamil maupun janin sebab mampu membawa oksigen ke dalam tubuh. Pasokan zat besi yang tidak memadai saat hamil mampu menyebabkan anemia dan bayi lahir prematur.

Vitamin D
Kekurangan vitamin D akan menempatkan bayi pada risiko rakhitis, menghambat pertumbuhan fisik, dan pertumbuhan tulang yang tidak normal. Kekurangan vitamin D juga menempatkan risiko yang lebih tinggi untuk terkena preeklamsia yang membuat Anda melahirkan secara caesar.

Itulah jenis nutrisi yang wajib untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Anda bisa mendapatkannya dengan cara mengonsumsi makanan segar dan utuh.

loading...

Bacaan Terkait: