Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah 5 Penyebab Pendarahan Berlebih saat Menstruasi

Kategori Dunia: Menstruasi

Powered by: id.neuvoo.com

5 Penyebab Pendarahan Berlebih saat Menstruasi. Terkadang, wanita mengalami pendarahan berlebih saat menstruasi. Hal itu pun membuat wanita semakin lemas karena kekurangan banyak darah.

Namun apa penyebabnya? Coba simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Mag for Women berikut ini.

Hormon tidak seimbang
Dinding rahim yang mengalami pendarahan (menstruasi) disebabkan oleh kinerja hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh wanita. Jika jumlah hormon tidak seimbang, darah yang meluruh dari dinding rahim biasanya akan lebih hebat dari biasanya dan membuat pendarahan semakin banyak.

Polip
Penyebab lain kenapa wanita mengalami pendarahan berlebih saat menstruasi adalah karena adanya polip di dinding rahim. Polip ini biasanya berbentuk kecil dan tidak berbahaya.

Spiral
Alat kontrasepsi berupa spiral adalah penyebab lain dari pendarahan berlebih saat menstruasi. Hal ini dikarenakan bahan dari spiral meningkatkan pendarahan dari dinding rahim. Jika tidak nyaman, spiral sebaiknya diangkat dan dihentikan pemakaiannya.

Gangguan rahim
Jika ada gangguan dalam rahim, pendarahan juga bisa meningkat ketika menstruasi. Contoh dari gangguan tersebut adalah jika wanita tidak mengalami siklus ovulasi, sehingga hormon progesteron tidak mampu diproduksi. Ketiadaan hormon progesteron akhirnya memicu pendarahan berlebih saat menstruasi.

Adenomyosis

Adenomyosis adalah penyebab lain dari pendarahan berlebih saat menstruasi. Hal ini terjadi jika endometrium diimplan pada otot rahim. Untuk menghindari kondisi yang semakin parah, segera hubungi dokter terdekat.

Demi menjaga kebugaran meski terjadi pendarahan berlebih saat menstruasi, seorang wanita perlu mengonsumsi makanan bergizi dan rajin berolahraga setiap hari.

loading...

Bacaan Terkait: