Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah 5 Tanda Menstruasi Tidak Normal

Kategori Dunia: Menstruasi

Powered by: id.neuvoo.com

Tanda-tanda Menstruasi Tidak Normal. Periode menstruasi dikatakan tidak normal jika telah mengganggu kehidupan Anda sehari-hari. Jika rasa sakit pada perut sangat parah, tubuh lemah, dan terjadi pendarahan yang berlebihan hingga mengganggu keseharian Anda di sekolah atau di tempat kerja, segera periksakan ke dokter.

Memang sangat wajar bagi wanita yang mengalami ketidaknyamanan pada perut ketika sedang datang bulan, seperti kembung atau kram. Akan tetapi, beberapa wanita dapat mengalami periode menstruasi yang lebih berat dari yang lain, normalkah hal tersebut?

Sebuah survei yang dilakukan terhadap 1.200 wanita di Amerika menemukan bahwa 1 dari 10 wanita mengalami menstruasi yang sangat berat.

Tetapi sekitar 32 persen dari peserta survei yang mengaku mengalami periode menstruasi yang berat setiap bulannya, tidak memeriksakan diri ke dokter dengan alasan malu atau menganggap hal ini bukan masalah besar.

Periode berat menstruasi tersebut dapat membuat wanita kehilangan produktivitasnya baik di tempat kerja maupun di rumah, karena sakit perut yang luar biasa dan tubuh yang lemah. Survei juga menunjukkan bahwa periode berat menstruasi dapat mempengaruhi kondisi emosional wanita.

Sekitar 93 persen wanita dengan periode menstruasi yang berat mengatakan bahwa dirinya kurang bersemangat dalam menjalani hari-hari ketika sedang datang bulan. Sedangkan sekitar 65 persen melaporkan bahwa dirinya merasa kurang percaya diri dan hanya ingin tinggal di tempat tidur sepanjang hari selama datang bulan.

“Selain malu, wanita seringkali tidak menyadari bahwa periode menstruasinya tidak biasa, sehingga dirinya tidak memeriksakan diri ke dokter,” kata Diana Ramos, MD, ahli Obstetri dan Ginekologi di Keck USC School of Medicine yang memimpin survei tersebut.

Seperti Dunia Baca dot Com lansir dari laman detikHealth, Waspadai tanda-tanda periode berat menstruasi dan segera temui dokter jika Anda mengalami salah satu dari kelima tanda berikut ini:

1. Darah menstruasi terlalu banyak keluar hingga membuat Anda harus mengganti pembalut setiap satu hingga 2 jam berturut-turut
2. Anda perlu menggunakan pembalut ganda agar tidak tembus
3. Anda perlu bangun tidur di malam hari untuk mengganti pembalut yang telah penuh
4. Terdapat gumpalan darah beku yang cukup besar dengan aliran darah menstruasi Anda
5. Harus tinggal di tempat tidur karena Anda terlalu lelah

loading...

Bacaan Terkait: