Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah 7 Kelebihan Orang yang Selalu Sarapan Pagi

Kategori Dunia: Kesehatan

7 Kelebihan Orang yang Selalu Sarapan Pagi. Para ahli kesehatan selalu menyarankan agar kita tidak melewatkan sarapan (Baca: Alasan Kenapa Tidak Boleh Menunda Sarapan Pagi). Sebab jika sarapan dilewatkan, metabolisme tubuh akan menurun, pembakaran kalori menjadi lebih lambat, dan tubuh pun berisiko mengalami peningkatan berat badan.

Namun selain terbebas dari ancaman kegemukan, sarapan ternyata juga memiliki berbagai kelebihan (Baca: 8 Makanan Terbaik untuk Sarapan Pagi).

Lantas, Apa manfaat selalu sarapan pagi? Simak ulasannya “manfaat atau kelebihan orang yang selalu sarapan” seperti yang dilansir dari Huffington Post berikut ini.

Sarapan sehat
Jika sudah terbiasa sarapan, seseorang juga akan berusaha untuk menikmati makanan sehat di pagi hari. Misalnya oatmeal, telur, atau roti gandum.

Secara umum, sarapan adalah langkah paling awal untuk membiasakan diri menjalani pola makan dan gaya hidup sehat. Sehingga banyak kelebihan lain bagi kesehatan yang bisa dirasakan.

Makanan bergizi
Jika membiasakan diri untuk selalu sarapan, secara otomatis tubuh akan mengikuti pola makan yang lebih menyehatkan.

Entah itu saat makan siang atau malam, sarapan mampu membantu seseorang untuk lebih banyak menikmati kalsium, kalium, serat, dan nutrisi penting lainnya.

Memori
Makanan bergizi yang dikonsumsi saat sarapan bukan cuma baik bagi kesehatan tubuh, tetapi juga otak.

Penelitian pernah membuktikan bahwa sarapan mampu meningkatkan kekuatan memori jangka pendek dan memperbaiki konsentrasi seseorang.

Kolesterol
Penelitian dalam American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa kebiasaan sarapan juga mampu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.

Secara keseluruhan, dalam sehari seseorang yang selalu sarapan justru menikmati 100 kalori lebih sedikit. Sehingga konsumsi makanan yang tidak sehat mampu dikurangi dan menjaga keseimbangan kolesterol.

Berenergi
Sarapan yang kaya serat dan protein mampu menjaga perut kenyang dalam waktu yang lama. Sehingga tubuh akan tetap berenergi sampai makan siang tiba.

Karbohidrat saat sarapan tidak perlu dikonsumsi dalam jumlah banyak. Sebab porsi sarapan sehat sebenarnya terdiri dari serat dan protein tinggi serta rendah lemak.

Diabetes
Penelitian lain juga membuktikan bahwa kadar gula darah seseorang akan meningkat tajam jika kebiasaan sarapan selalu dilewatkan. Seperti yang diketahui, kadar gula darah tinggi dikaitkan dengan risiko diabetes.

Berbeda dengan orang yang selalu sarapan. Mereka pun memiliki risiko rendah terkena diabetes tipe 2.

Ramping
Sebuah penelitian pada tahun 2003 lalu menyebutkan bahwa orang yang suka melewatkan sarapan berisiko 4,5 lipat terkena obesitas.

Namun jika Anda sarapan, tubuh akan menjadi lebih ramping dan Anda pun terhindar dari risiko obesitas tersebut.

loading...

Bacaan Terkait: