Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah 7 Tanda Interview Kerja akan Berjalan Buruk

Kategori Dunia: Karir Pekerjaan

7 Tanda Wawancara Kerja akan Berjalan Buruk. Perusahaan terkadang sudah memutuskan akan menerima pegawai bahkan sebelum wawancara kerja selesai.

Jika Anda juga akan melakukan wawancara kerja, kenali tanda apakah semuanya akan berjalan buruk seperti yang dilansir dari US News berikut ini.

Tidak mengikuti instruksi
Anda menerima email atau SMS pemberitahuan bahwa ada wawancara kerja pada waktu tertentu. Apakah Anda membalasnya? Sebaiknya iya. Jika tidak, perusahaan biasanya menganggap Anda tidak bisa hadir dan dianggap tidak lolos menjadi pegawai.

--

Respon lambat
Ketika Anda mencantumkan alamat email pada surat lamaran kerja, perusahaan menganggapnya sebagai cara terbaik dan tercepat untuk menghubungi Anda. Namun ternyata saat perusahaan mengirim email yang membutuhkan balasan, Anda malah mengabaikannya atau merespon dengan lambat gara-gara jarang mengecek email.

Tidak fleksibel
Saat perusahaan menghubungi Anda dan memberitahu bahwa Anda lolos ke tahap wawancara kerja, segera katakan bisa kapan pun waktunya. Sebab jika Anda bilang ada acara lain, Anda dianggap tidak fleksibel dan sulit diajak bekerja sama saat sudah diterima nanti.

Waktu menerima telepon
Meskipun demikian, ada beberapa waktu di mana Anda sebaiknya tidak menerima telepon meskipun sebenarnya itu berasal dari perusahaan yang memberi tahu Anda lolos wawancara kerja. Misalnya ketika Anda berada di tempat umum yang sangat berisik.

Banyak bicara
Memang rasanya membahagiakan ketika perusahaan memberi kabar bahwa Anda lolos wawancara kerja. Tetapi Anda tidak perlu mengungkapkan kebahagiaan terlalu berlebihan dan banyak bicara tentang hal yang tidak penting. Tetaplah bersikap profesional dan jangan tanyakan hal yang tidak ada hubungannya dengan wawancara kerja.

Metode wawancara kerja
Perkembangan teknologi memungkinkan Anda tidak harus wawancara dengan bertatap muka secara langsung. Jadi pastikan apakah Anda bisa melakukan wawancara melalui video chatting. Opsi tersebut sebaiknya ditanyakan terutama jika Anda tinggal di daerah yang cukup jauh dari perusahaan. Memaksakan diri untuk datang dari jauh jelas mempengaruhi performa saat wawancara kerja.

Jadwal bekerja
Jika Anda masih bekerja di perusahaan yang lama, pastikan Anda bisa izin dan dan bisa mengikuti wawancara kerja di tempat yang baru. Jangan bahayakan posisi pekerjaan yang sekarang hanya karena ingin segera mendapatkan profesi yang baru.

Itulah beberapa tanda wawancara kerja kemungkinan akan berjalan buruk jika Anda tidak berhati-hati. Semoga berhasil!

loading...

Bacaan Terkait: