loading...
loading...
Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah 7 Tanda Kehamilan yang Sehat

Kategori Dunia: Kehamilan
Loading...

7 Tanda Kehamilan yang Sehat. Saat hamil calon ibu tidak hanya memikirkan dirinya sendiri, tapi juga bayi yang sedang dikandungnya. Lalu seperti apa tanda-tanda kehamilan yang sehat?

Kehamilan membutuhkan perempuan yang sehat dalam arti memiliki segala sesuatu yang berkaitan dengan berat badan normal dan sehat, diet seimbang dan bergizi serta olahraga secara teratur.

Jika seseorang memiliki kehamilan yang sehat maka bisa menghindarinya dari penyakit kronis dan gangguan kehamilan. Berikut ini 7 tanda-tanda perempuan memiliki kehamilan yang sehat, seperti Dunia Baca dot Com kutip dari laman detik health.

  1. Tekanan darah dan kadar gula darah normal
    Indikator utama dari kehamilan sehat adalah tekanan darah dan kadar gula darah dipantau pada trimester kehamilan yang berbeda. Tekanan darah dan kadar gula memang mengalami fluktuasi selama kehamilan dan sedikit lebih tinggi, tapi tidak terjadi lonjakan yang intens.
  2. Kondisi rahim dan plasenta
    Untuk menjaga janin dalam rahim, maka kondisi rahim dan plasenta harus tetap sehat sampai melahirkan. Plasenta harus melekat dengan baik pada dinding rahim karena jika tidak bisa menyebabkan kelahiran prematur atau keguguran.
  3. Pertumbuhan janin
    Pertumbuhan janin menentukan kondisi bayi nantinya. Hal ini dapat diketahui dengan memeriksakan berat perempuan selama hamil atau melalui USG. Jika pertumbuhan janin kurang bisa menjadi tanda kekurangan oksigen di dalam rahim serta mengakibatkan gangguan fungsi plasenta.
  4. Berat badan
    Dokter umumnya merekomendasikan peningkatan 13-15 kilogram selama kehamilan, terutama jika sebelum hamil sudah memiliki berat badan sehat. Tapi jika sudah kelebihan berat badan maka kenaikannya disarankan dikurangi.
  5. Kadar hormon
    Perempuan hamil bisa menghasilkan progesteron lebih dari 400 mg dibanding yang tidak hamil. Hormon progesteron dan estrogen mengatur endometrium untuk implantasi (penempelan janin di rahim) dan menjaga rahim dari kontraksi selama kehamilan. Estrogen sendiri membantu membangun jaringan, dan memungkinkan rahim lebih kuat.
  6. Pertumbuhan perut
    Dokter idealnya akan melakukan pengukuran perut ibu hamil secara rutin untuk memastikan pertumbuhan dan perkembangan bayi berada pada tingkat yang sehat.
  7. Gerakan janin
    Dokter akan menyarankan untuk menghitung gerakan janin selama kehamilan sebagai cara untuk melacak seberapa sehat kehamilan yang terjadi. Ibu cenderung mulai merasakan gerakan janin antara usia kehamilan 6-10 minggu. Gerakan janin ini memastikan bahwa bayi menerima cukup oksigen dan berada dalam kondisi baik-baik saja.

Semoga ketujuh tanda-tanda wanita hamil yang sehat diatas dapat bermanfaat bagi para pembaca semua dan menjadi pedoman untuk ibu hamil agar selalu menjaga kesehatan kehamilannya agar supaya janin sehat wal afiat. Amien

loading...

Loading...

Bacaan Terkait: